Emang Kenapa Kalo Cina?

Silakan baca isinya dulu, atau kalo males boleh dilewatkan 😀

Saya kepikiran nulis ini karena tergelitik sesuatu.

Lupa pernah nulis tentang hal ini atau belum, gapapalah ya nulis lagi. Dulu pernah ada temen saya yang ga mau pilih Ahok waktu pemilihan gubernur DKI Jakarta, dengan alasan ga mau dipimpin sama orang cina. Saya cuma bisa melongo denger jawabannya, karena apa? Karena dia juga kerja di perusahaan yang pemimpin atau bosnya juga orang Cina! Dalam hati “Eh lo gila ya, yang ngasih gaji lo tiap bulan juga orang Cina kali.” Zzzzzzzzz….

Saya suka napsu pengen ngoceh kalo ada orang yang ngomong bawa – bawa Cina, emang ada apa dengan Cina si? Ada yang bilang “Orang Cina pelit” ga usah orang cina kali sis, emang dasarnya pelit ya pelit aja ahahaha… Atau sirik sama kesuksesan orang cina, terus ngomong “Enak jadi Cina mah gampang, pasti bisa sukses kalo usaha apalagi dagang.” Ampun deh, kalo emang ulet, giat, pantang menyerah usaha apapun pasti bisa sukses.

Sungguh saya merasa beruntung dari kecil tinggal satu lingkungan sama kaum – kaum yang sering dibilang minoritas ini. Tetangga sebelah rumah (mama) si Engko orang cina, tukang warung orang cina, tukang gado – gado orang cina, tukang nasi uduk orang cina, tukang martabak juga orang cina, tukang benerin AC juga orang cina, banyak banget. Persentase orang non cina sama orang cina 50% kayanya. Bahkan ada si Engko Warung, waktu ayah saya meninggal dia dateng ngelayat terus dia sambil sedih bilang “Ga ada lagi yang teme ngobrol.” Pas pengajian untuk ayah saya, si engko warung kasih kerupuk Bangka seplastik gede banget, dia bilang untuk orang  – orang abis pengajian. Pernah juga pas ibu saya mau bayar belanjaan sempet dikasih gratis. (Oh iya, si engko ini juga meninggal beberapa tahun setelah ayah saya meninggal) Tuh mana? Siapa bilang orang cina itu pelit! Selain itu, tiap lebaran kita pasti bagi – bagi ketupat ke tetangga non-muslim termasuk tetangga Cina dan mereka pun setiap natalan atau imlek pasti kasih kita dodol atau kue atau sirop atau apapun. Baik banget kan orang cina?

Dengan tinggal di lingkungan yang beda gitu, otomatis temen – temen saya dari kecil banyak banget orang Cina dan saya jadi biasa aja pas harus nyampur sama orang Cina. Lagian mereka juga hargain banget, tau kalo saya ga makan babi ya ga akan ngasih babi atau kasih tau kalo makanan apa yang ada babinya supaya saya ga makan. Di sekitar lingkungan saya juga ga semua orang cina tajir melintir, ada yang biasa aja, ada yang emang tajir juga si. 😀 Oh iya, bahkan ada loh orang cina yang kirim kambing kalo lagi kurban ke masjid di komplek rumah mama dan sama pengurus kurban itu diterima dengan baik dan disembelihin juga terus dagingnya kita kasih sedikit ke si enci yang kasih kambing sisanya dibagiin kaya biasa ke orang – orang yang butuh.

Toleransi tuh penting banget, kalo ga mau sama orang yang tidak seiman atau sebangsa sama kita tinggal aja di goa sana. Haha.

EF #15 Children Games Now and Then

When I was a kid, I played so many games with my friend. I play hide and seek (who doesn’t?), I play congklak, monopoli, tap benteng, galasin, karet and even almost every day I climb the tree with my friends :D. Besides that, I love using roller skate (eh ini bener ga bahasa inggrisnya sepatu roda?), or ride on my bicycle. What a very nice outdoor activity.

And, what is my opinion about children games nowadays? I don’t have kids (yet), but I see my niece. She loves to play games from gadget (smartphone, tab). I thought it was happen because she is mirroring her mother. Her mother (my sister) is very attached to her phone and she gave my niece a game on the tablet too! Maybe, this is not the rare things again when a toddler is very advance using a smartphone or tab. Who teach them? Who do you think??

Even though, my niece sometimes used bicycle around her house but she prefer plays gadget rather than outdoor activity.

Maybe some parents ought to have more thoughts for this. I mean, yes, it is cool to have a 5 years old kid even toddler to be an advance in tech but as a kid it’s important for them to have an outdoor activity, it’s important to run, walk, climb, feel the wind, sleep on to the green grass, etc. I have a great memory based on those things.

If God give me a chance to have kids, I will ask them to climb the tree, to play with sand, to swim at the beach and any other activities. I want them as close as possible to the nature. Any comment?