Hal Paling Nyebelin Saat Traveling

Mendapat ide dari Mba Eva soal hal paling nyebelin saat traveling. Ini daftarnya menurut saya

  1. Makanan ga sesuai selera. Waktu ke Eropa, saya udah pasrah untuk lebih sering ketemu roti atau pasta. Terus, waktu di Jerman kita dipesenin makan sama temen, kol dingin dan daging. Ga doyan πŸ˜€ Pastanya juga, ga doyan. Haha
  2. Mesti bangun pagi. Beberapa waktu pas lagi travelling, ada saatnya saya harus bangun pagi di kota tersebut. Misal demi ke museum biar ga terlalu rame atau mesti ke suatu tempat yang agak jauh jadi mesti berangkat pagi, dsb.
  3. Toilet kering. Di Eropa dan Amrik hampir sebagian besar toiletnya kering. Saya tersiksaaaa hihi… Bawa tisu basah deh banyak – banyak. Toilet Jepang dan Korea dong, surgaa πŸ™‚
  4. Kaki sakit karena kebanyakan jalan. Ini saya sering banget ngalamin ini, kaki sakit karena kebanyakan jalan kaki. Tiap malem pake koyo di kaki, dan minyak gosok. Tapi, terus besoknya ga kapok. Gitu lagi πŸ˜€
  5. Udara yang terlalu dingin karena bikin kuping sakit. Terus males setiap mau keluar hotel harus pake baju berlapis – lapis dulu. Makanya begitu mau balik ke hotel, udah dipastikan perut kenyang (perut melulu urusannya hahaha) dan semua barang yang dibutuhkan udah dibeli di supermarket.
  6. Ketemu orang lokal yang nyeremin atau nyebelin. Waktu di Italy, saya ke money changer mau tuker uang Swiss Franc ke Euro. Mba kasir yang pertama masih baik, terus saya (bodohnya) ga langsung nuker saat itu, karena mau jalan – jalan dulu. Pas besoknya balik lagi orangnya ganti, saya tanya baik – baik terus dia marah – marah ga jelas kenapa, terus ngomongnya pake bahasa italy. Kesel banget udah bilang saya ga bisa bahasa Italy dia masih nyerocos. Kita tinggal pergi aja dan ga jadi tuker duit.
  7. Kalo yang ini bukan pas saat traveling sih, tapi setelah traveling. Bebersih rumah setelah traveling itu lelah. Kalo baju pulang traveling biasa laundry semua. Tapi bebersih rumah saya dan suami yang bersihin rumah. Setelah itu pijit. Amboooooiii nikmatnya.

Kalo temen Β – temen, biasanya hal paling nyebelin saat traveling itu apa?

 

SSL25867
Dari Singapore mau ke KL naik bus πŸ™‚

 

 

Iklan

Makanan di Jepang

Berdasarkan komen Mba Yoyen di blog saya yang waktu itu lagi galau. πŸ˜€ Ini saya share makanan di Jepang. FYI, makanan di Jepang itu enak – enak. Sukaaa banget. FYI aja nih ya, rasa masakan Jepang di Indonesia itu lebih gurih (mungkin karena kebanyakan pake MSG? :)), di Jepang lebih terasa light. But, I still love it.

Untuk yang tidak makan babi dan makan makanan yang mengandung alkohol memang cukup tricky, tapi tanya aja ke penjualnya. Mereka jujur ko, kalo makanan itu mengandung babi atau alkohol, pasti bilang.

So, check it out!

DSC_1971
Tempura + Nasi + Miso soup dan tahu. Sebenernya tempat makan ini jualnya Tempura Soba, tapi kita pilihnya malah nasi, karena takut kalo makan Soba ga bikin kenyang hahahah…. Pas makan di sini kita tnya ke yang punya, pake pork ga? Dia bilang, “Engga, semua seafood.” Makan ini di daerah Danau Kawaguchi.
DSC_1968
Itu, Gunung Fuji yang kelihatan dari tempat saya duduk πŸ˜€

 

Sushi di Jepang itu ga amis, beda sama di Sushi Tei deh. Ga bisa dibandingin. hahahaha… Kangen.

 

Siap – siapin perut buat cemilan yang enak – enak di Jepang. Ini mochi yang isinya custard (ada pilhan isi red bean atau matcha) dengan topping strawberry. Asli enak banget. Manisnya pas. Gila, nagih.

DSC_2111
Dibakar gini doang, enak banget.
DSC_2145
Spicy miso ramen, maap deh ya kalo gelap. πŸ˜€

 

Cobain jajan nasi bento untuk kami makan di Shinkansen, mungkin salah pilih 😦 rasanya biasa aja. Atau bisa jadi ekspektasi saya yang ketinggian πŸ˜€

 

 

Tempura dan rumput laut. Saya baru pertama kali makan rumput laut yang model begitu. Si buletan kecil pecah di mulut, rasanya asin. Tapi enak πŸ™‚ Tempura udang dan juga tulang ayam lunak. Ide bagus tuh, tulang ayam lunak dijadiin tempura!

DSC_2384
Fluffy Takoyaki. Yum yum.
DSC_2422
Tiram bakar, pake perasan lemon. Seger!

 

Ayam bakar tusuk sate ini sebenernya, rasanya gurih dan sedikit manis.

DSC_2500
Dorayaki isi custard atau kacang merah. Saya suka, suami juga suka, tapi dia bilang “Mirip martabak rasa adonannya.” zzzzz
DSC_2502
Yang tidak bisa saya cobain 😦 karena pake bacon pas masak. huhu…
DSC_2503
Pake bacon juga ini, bisa dilihat di toppingnya.
DSC_2504
Karena penasaran, kami belilah ayam goreng ini. Taunya, rasanya kaya ayam goreng. hahaha
DSC_2588
Salah satu makanan yang sering kami makan di sana. Beef bowl πŸ™‚ Kadang campur ikan, kadan beef bowl nya doang.

 

 

Selain itu semua, saya juga beberapa kali makan steak. Menurut saya, Ikinari steak ini sangat worth it. Harga steak dihitung per gram, dengan harga yang sedikit lebih murah dari Holy*ow steak tapi dengan kualitas sangat – sangat jauh lebih baik. πŸ™‚

Tempat makannya seperti di bawah ini. Kalo saya makan, pasti cari yang duduk hehe

 

source

 

 

source

 

Kenapa ga ada foto steak versi saya sendiri, ga kepikir foto steak haha… Kalo ada yang pernah liat instastory saya, saya satu kali pernah update di instastory. Selain itu, langsung makan. Nyam Nyam….

Biaya makan di Jepang sebenernya relatif mirip sama kita makan di mall di Jakarta. Sekitar Rp 50.000 – 70.000, kalo steak 120.000 – 150.000.

Tapi, yang bikin agak bengkak itu jajannya sebenernya. Mochi sekitar 30ribuan, tiram sekitar 50ribuan. πŸ˜€

Saya yang pada dasarnya doyan makanan Jepang, sampe ga mau makan masakan Jepang di Indonesia dari dua minggu sebelum berangkat. Hahahah.. Norak? Biarin, weeeeek :p

Kalo kamu, makanan Jepang kesukaannya apa?

 

Flowers

Mendapat ide dariΒ Mba NelaΒ untukΒ posting soal bunga – bungaan, secara ybs kan rajin banget gardening. Ini saya share beberapa foto bunga yang saya punya. Sebenernya, saya pecinta bunga juga πŸ˜€ Namun, malas untuk berkebun. Hihihi… Selamat menikmati

Saya tulis beberapa caption untuk cerita asal foto tersebut ya.

DSC_0124
Waktu ke Belanda kemaren, banyak bunga Tulip yang belum mekar. Tandanya mesti balik lagi πŸ˜€
DSC_0127
Cocok jadi tukang bunga ga? πŸ˜€
DSC_0417
Foto diambil di Mirabel Garden, Salzburg.

DSC_0665

DSC_0915

SSL25901
Pertama kali liat Tulip, waktu di Garden by The Bay. Dalam hati bilang semoga someday bisa liat tulip beneran di Belanda. And I did it πŸ™‚
SSL25909
Bunganya kaya bohongan, tapi ini asli ko πŸ˜€

Di bawah ini deretan bunga anggrek dari Garden by The Bay juga kurang lebih setahun lalu.

Cerita Singkat dari Jepang

Cerita singkat dulu gapapa ya. πŸ˜€

Sekitar hampir dua minggu, saya dan suami jalan-jalan ke Jepang.

Berikut beberapa hal yang menurut saya menarik yang bisa saya share.

1. Banyak banget minimarket. Meskipun di kota besar di Indonesia semakin menjamur mart-mart-mart. Di Jepang mart lebih banyak banget bertebaran. Paling sering liat sih FamilyMart ya. Selain itu ada Lawson, 711, dan lain sebagainya. Hampir sebagian besar juga mereka 24 jam bukanya. Barang yang ditawarin juga lengkap banget di mart itu. Mulai dari makanan, peralatan kantor, stocking, payung, sampai dengan majalah dewasa πŸ€—

2. Menjual majalah dewasa bukan hal yang tabu. Di setiap rak majalah di Jepang pasti ada majalah dengan cover perempuan berbikini. Ya saya ga buka isinya, ngapain juga. Tapi, udah bisa diduga lah ya isinya 😏

3. Vending machine bertebaran, sampe ke gang perumahan. Ya saya kan sama suami, cari jalan kecil masuk komplek orang. Tetep ada loh vending machine di area perumahan. Ga cuma di stasiun atau halte. Suami bilang, “mungkin karena ga ada warung di Jepang.” Yeah, right! πŸ˜‚ hahaha

4. Susah cari makanan halal. Ya ini bener sih, selama di sana siasatinnya beli onigiri salmon. (Ga tiap hari juga kalo saya). Makan eskrim, makan seafood, makan steak (yang menurut saya cukup murah jika dibandingkan harga steak di holy___ di Indonesia). Jadi, kemaren pilihan makan kami, ramen (kebetulan deket hotel di Tokyo dan Kyoto ada yang halal!), Tempura, Steak dan Yoshinoya. Makan sushi juga sih, yang mana sushinya enak banget ☺️ Plus cemilan lainnya. Saran saya, buat kalian yang ngerasa khawatir soal kehalalan makanan di Jepang, silakan bawa bekel kering sendiri. Misal abon, rendang kering, dendeng, dsb. Nasi instant bisa dibeli di supermarket. Fyi, nasi Jepang enak mampus πŸ˜†

5. Jepang itu bersih banget, I wanna cry. Terharu. Ko ada sih kota bersih kaya gitu, padahal mereka ga tau pepatah “Kebersihan sebagian dari iman” hahh hahh? πŸ˜‚ Mungkin mereka ga butuh tau pepatah, tapi cukup menjalani haha… anyway saya dan suami (kalo lagi inget) berusaha liat-liat ke bawah untuk cari sampah di pinggir jalan. Kegiatan yang aneh hahaha… Hampir ga nemu, sampai satu kali kami di stasiun kereta liat satu sampah plastik di lantai (ga tau bekas siapa) dan ga lama kemudian ada anak muda yang pungut itu plastik lalu buang ke tempat sampah. πŸ‘πŸ»

6. Ga kepo. Ada bapak-bapak cukup tua yang kayanya mendadak kumat di stasiun. Kami cuma lihat itu bapak udah tiduran (pake alas tidur) ditemani satu petugas kesehatan dan satu satpam. Tapi, ga dirubung manusia macam di Indonesia πŸ˜… Yang ada di situ hanya yang berkepentingan saja.

7. Orang Jepang baik banget. Bener deh tuh kalo kita nanya jalan dia bisa jalan kaki nemenin kita ke tempat yang kita maksud. Terus, petugas di supermarket juga bener-bener bacain ingridients mie instan yang kita beli karena dia khawatir mie itu mengandung buta (daging babi).

8. Ga bisa bahasa inggris. πŸ˜† Menurut temen saya, sebenernya mereka belajar bahasa inggris dari SD. Tapi ga banyak kesempatan untuk praktek bahasa inggris di sekolah terutama di lingkungan rumah. Jadi, kemungkinan orang Jepang itu punya English writing skill yang bagus tapi ga biasa ngomong. Tapi, ga perlu khawatir kalo jalan ke sana, karena di semua stasiun ada penjelasan bahasa inggris plus ada pengumuman pake bahasa inggris (kadang ada pengumuman pake bahasa China dan Korea).

9. Ada jam buka untuk restaurant. Restaurant punya jam buka makan siang dan makan malam. Makan siang 11.30-2.30 pm dan makan malam 6.30-9.30pm. Jadi, jangan sampai ngarep makan sore, taunya restaurant tutup!

Segitu dulu ya, tungguin aja cerita selengkapnya. πŸ˜‚

Perhatikan baik-baik segitiga hitam agak di bawah sayap. Itu Gn.Fuji.

Foto di atas pas kami baru pertama sampai ke Jepang. Saya iseng foto suami. My mochi.

Bawa receh aja di Eropa

Jadi, waktu saya ke Eropa itu sebenernya udah cukup bawel nanya ini itu ke Mba Yoyen dan Mba Deny. Tapi, entah kenapa saya ga kepikir nanya soal uang ke mereka.

Jadilah kami ke Eropa dengan bawa uang pecahan besar. Pokonya uang pecahan kecilnya dikit banget. (Uang pecahan besar juga ga banyak πŸ˜‚πŸ˜‚).

Gara-gara pecahan besar, jadi kan lembarannya ga banyak juga tuh. Saya sempet deg-degan. Jangan-jangan kurang duitnya pas di sana. Maklum ya, karena kebiasaan pake nominal besar di Jakarta 😫

Terus, pas mau naik bis. Kami dengan polosnya keluarin uang pecahan besar dengan impian bisa dapet receh macam di Jakarta sini. Eh tapiiii, sang kondektur tanya ada uang kecil ga? Soalnya doi ga ada kembalian. Untungnya saat itu masih ada uang kecil.

Setelah itu langsung agak khawatir, jangan-jangan hampir di semua tempat begitu 😱 Ternyata iya!

Uang pecahan besar itu susah diterima sama minimarket atau ticketing bus. Paling mungkin uang dipecahin harus beli barang yang nilainya ga jauh dari itu. Ya mana mungkin hari awal-awal di Belanda langsung hedon!

Terus, kami tanya ke satu mba penjaga toko di station. Gimana caranya kami mau pecahin duit? Sang Mba saranin untuk tuker di Money Changer. Oalaahhh ternyata kesitu toh (Dalam hati). Danke Mba

Langsunglah saya menuju ke Money Changer yang dimaksud. Tapiiihhhh ternyata, kalo tuker duit pecahan walau sesama Euro kena dipotong sekian persen kawannnn πŸ˜…

Potongannya pun progresif. Makin banyak nukernya, makin gede potongannya. Ya sudah kami pasrah! Mau gimana lagi, daripada susah nantinya.

Well, ya itulah. Kalo mau pergi kemana-mana lebih baik cek semua dari mulai cuaca sampe penggunaan mata uang.

So, guys kalo mau ke Eropa banyakin bawa 5Euro aja. Banyaknya bawa sekoper πŸ˜ŒπŸ˜›

Ada yang punya pengalaman serupa?

Bebek Tepi Sawah – Living World

Rumah makan Bebek Tepi Sawah, Living World, Alam Sutera, Tangerang merupakan salah satu tempat makan favorit saya dan suami.

Satu porsi Crispy Duck berisikan Nasi Putih, tiga jenis sambal (sambal matah, sambal bawang, sambal terasi), 1/4 ekor bebek dan sayur kacang panjang. Saran saya, kalo Anda ciwi-ciwi yang makannya imut lebih baik satu porsi berdua saja. Daging bebeknya super banyak, makan berdua pun dijamin tetap kenyang. Kulit bebeknya garing mantap, daging bebeknya ga basah berminyak tapi tetap empuk, garing, ga alot. Pas empuknya.

Harga seporsi bebek Rp.109.000,- (belum termasuk pajak+service)

Tempat makan ini, seringnya rame kalo weekend. Kalo males antri, bisa datang pas weekdays ya.

Pelayanan cepat dan ramah. Lalu, kalo mau minta nambah sambal juga gratis.

Agak berbeda dari rumah makan yang di Bali, rumah makan di sini tidak menyediakan menu pork.

Kadang, saya pesan sate lilit juga. The best sate lilitnya juga. πŸ˜€

Oke, sekian dulu reviewnya. Siapa suka bebek goreng?

Jogja

Jalan-jalan ke Jogja sama suami, cuma mau makan dan foto di KaliBiru 😎

Sebenernya ini udah sekitar 3 bulanan πŸ€— Pergi jumat malem, pulang kantor. Naik mobil berduaan.

Gimana menurut temen-temen, aku udah cocok ikutan ANTM belom? 🀣

Selain foto di Kalibiru, pastinya makan – makan dong ya di Jogja.

Saya penasaran makan ayam goreng Mbah Cemplung.

Ayam goreng kampung Mbah Cemplung, sambelnya mirip sambal korek. Harga ayam tergantung dari seberapa besar potongannya. Range harga 25.000 – 45.000 untuk potongan paha atau dada.

Saya tanya, ko bisa bu dibedain harganya? Ibunya bilang, soalnya ukuran ayam yang mereka terima beda-beda, jadi supaya adil ke penggemar. Eh maksudnya konsumen πŸ˜„

Daging ayamnya sendiri untuk ukuran ayam goreng kampung cukup mudah untuk dimakan.

Enak, tapi buat saya pribadi ga bikin terkenang.

Warung Kopi Klotok

Foto depan pintu masuk Warung Kopi Klotok

Selanjutnyaaa kami makan di Warung Kopi Klotok, atas rekomendasi dari sepupu suami saya yang lagi jadi pelajar di kota pelajar tersebut.

Warung kopi klotok ini jual aneka masakan rumahan khas Jogja, seperti sayur lodeh (lodeh sawi, lodeh labu, etc), ikan goreng, sambel, dan yang paling saya suka adalah telur dadarnya. Enak bangettttt!!!!!

Model rumahnya juga, rumah Joglo gitu. Bagian belakang rumah menghadap ke sawah. Sungguh mewah (mepet sawah).

Ke sini mesti sebelum jam 12 siang yaa, karena kalo jam 12 bisa penuh bangetttt ga dapet tempat duduk dan bisa mesti nunggu telur dadar dulu, saking banyaknya yang doyan πŸ˜“

Harganya juga ga terlalu mahal, satu porsi sekitar Rp 20.000, udah termasuk es teh manis.

Foto Lainnya

Perjalanan pulang kami makan malem di warung sate (lupaaa ga catet) hahahaah…..

Enak-enak…

Setelah kenyang saya sepanjang jalan turu ae lah, suami dengerin The Beatles dan Queen sendirian sampe enek kayanya 🀣

Share dong pengalaman temen-temen yang udah pernah ke Kalibiru atau makan di tempat yang saya sebutin di post ini πŸ˜„

Pindang Palembang

Pindang Palembang, kebanyakan ikan yang digunakan sebagai protein.

Walaupun ada juga penggunaan iga atau udang Sungai Musi.

Saya sih sebenernya suka semua πŸ˜€

Namun, berhubung lagi di Palembang, saya makan Pindang Ikan Baung dan juga pindang udang Sungai Musi

Β 

Duh, jadi kangen rasanya. Seger, asem gurih. Ikan baung itu konon kabarnya cuma ada di Sungai Musi, dagingnya halus, lembut dan ga terlalu banyak duri. Agak mirip ikan lele mukanya. Mukaaaa πŸ˜‚

Udang Sungai Musi, rasanya sama seperti udang pada umumnya. Namun, penampakan badannya gede aja. Isinya dagingnya menurut saya, tetep aja sedikit meskipun makan 2 ekor kaya foto di atas itu πŸ˜‚

Ada yang pernah cobain dua makanan ini? Suka ga?

Mudik 2017-Part Two

Entah kenapa ya, setiap jalan-jalan, ada aja kejadian unik yang terjadi. Baru – baru ini, saya juga ngalamin. Lebih tepatnya pas mudik lebaran lalu ke Palembang. (Masih bisa disebut baru ga? :D)

Saya dan suami, udah niat jalan-jalan ke Pulau Kemaro.

Naik kapal berdua doang menuju Pulau Kemaro. FYI, biaya nyebrang ke pulau Kemaro itu 300ribu (pulang pergi) untuk satu kapal. Satu kapal biasanya bisa muat 6 orang. Tapi, kita kemaren berdua doang. Bukannya sok gaya – gayaan, tapi males nunggu penuh hehehe….

Naik kapal dari bawah jembatan Ampera, tepatnya depan Benteng Kuto Besak. Begitu naik kapal belum ada yang aneh, masih sibuk foto – foto bawah Jembatan Ampera.

Asik memandangi kapal – kapal tanker yang parkir di sungai,liat lalu lalang kapal lainnya, kapal tiba-tiba mati. PANIK! Terus, abangnya coba nyalain ulang mesin kapal, dan sungguh beruntung langsung nyala mesinnya. Lega.

Penampakan kapal yang bocor

Satu kapal sama Mba ini, anaknya dan adeknya. Numpang ya Mba.

Pagoda yang ada di Pulau Kemaro mulai keliatan, dalam hati saya udah senang. Artinya sebentar lagi sampai eeehhhhhh kapalnya mati lagi dong. Kali ini bikin makin tegang, karena si abang udah coba nyalain mesin berkali – kali tetep ga nyala. Akhirnya, abang kapal bilang kalo kita mesti pindah kapal 😕 karena kapalnya kita bocor hahaha…. (Waktu itu ga mikir ketawa sih, malahan kesel dan agak takut, karena, saya kan ga bisa berenang)

Karena kan sungai musi sangat hidup ya lalu lintasnya, ga lama kemudian ada kapal yang lewat, setelah itu kami pindah ke kapal itu. Eh tapi kok, kapal itu arahnya berlawanan sama kita. Saya tadinya udah bingung, jangan – jangan rencana ke Pulau Kemaro gagal lalu saya dibalikin lagi ke tempat pertama. Ternyata fungsi kapal itu evakuasi sementara, karena pas ada kapal lain yang arahnya ke Pulau Kemaro saya pindah kapal lagi.

Kapal baru ini terdiri dari 3 orang wanita dewasa dan satu anak kecil.

 

Semua indah, di Pulau Kemaro juga baik – baik saja, sampai akhirnya! Mesin kapal mati lagi di jalan pulang 😦 Nasiiib nasiiib. Dalam hati saya, ini kenapa bisa mati lagi sih! Lalu, berkali – kali dicoba akhirnya kapal nyala lagi. Dan kita semua sampai dengan selamat di depan Kuto Besak.

Ayooo, siapa yang udah pernah nyebrang ke Pulau Kemaro juga? Ada adegan kapal mogok ga?

Sop Ikan Mak Beng – Bali

Halo,

Hari ini saya mau review tentang tempat makan yang hampir selalu saya kunjungi setiap kali datang ke Bali. Sop Ikan Mak Beng.

Sop Ikan Mak Beng berada di area Sanur, deket pintu masuk pantai Sanur lebih tepatnya. Lokasi jelasnya, tanya aja warga sekitar. Pasti tau 😁

Penampakan makanan seperti ini

Satu porsi terdiri dari sepiring nasi, satu potong ikan laut goreng dan satu mangkok sop ikan (jadi total ada 2 potong ikan). Tapi, tenang aja biarpun porsinya banyak saya yakin habis. Ga pernah ada yang terlalu kenyang dengan makan ikan terlalu banyak, bukan? 🤗

Emang rasanya kaya gimana sih?
Ikan goreng yang ga bau amis disajikan dengan sambal terasi.

Sop ikannya juga enak, setiap mangkok sop ikan pasti ada mentimun yang udah lembek didalamnya (I like it). Kuah sop agak mirip soto ayam kuning tapi lebih light lagi.

Menurut saya ini simple dish, rasanya sederhana tapi sukses bikin kangen. Oh ya, harga seporsi 45.000 Rupiah.

Untuk kamu pecinta ikan, sempetin makan di sini ya kalo ke Bali πŸ™‚ Thank me later

Untuk temen- temen yang udah pernah coba, gimana? Suka ga? Kasih tau dong. 😁