Tip(s) Mencuci Piring Mudah Setelah Memasak

Hai semua, berdasarkan pengamatan dan cerita yang beredar di media sosial. Jadi, banyak ya yang hobi masak. Gimana? Masak menyenangkan bukan?

Tapi, ada beberapa keluhan yang saya baca seiring dengan hobi yang meningkat ini, yang paling sering adalah malas/cape cuci piring habis masak. Atau malas bebenah dapurnya. Di bawah ini ada tips ala saya, supaya cuci piring beserta perabot masak tidak terlalu melelahkan.

1. Find a helper. Ini pasti sangat membantu ya 🀭 Bisa itu pasangan, anak, adik, kakak. Siapa aja! Dijamin masak semakin mudah.

2. Dicicil. Bukan cuma rumah atau mobil, tapi cuci peralatan masak dan makan juga bisa dicicil. Caranya adalah, cuci sedikit demi sedikit. Jangan nunggu semua numpuk. Sebagai contoh, ketika saya masak telur dadar. Setelah bawang, cabe, dan telur dikocok, sambil menunggu minyak panas, saya cuci talenan dan pisau. Begitu minyak panas dan kita tuang telurnya ke penggorengan, kita bisa cuci mangkuk bekas kocok telur. Selesai cuci mangkuk, telur bisa dibalik.

3. Be efisien dalam menggunakan peralatan masak. Misal hari ini kamu mau masak 3 jenis masakan, coba pikirin ada berapa peralatan yang bisa dipakai secara bersamaan? Kalo mau blender/uleg bumbu, bisa ga dibikin sekalian, atau ulegnya gantian. Mana duluan yang bisa diuleg dan ga mempengaruhi bau bumbu masakan lainnya, misal. Bisa juga pakai wajan yang sama. Saya hari ini masak telur dadar, tumis brokoli tofu, dan balado kentang, dan penggunaan penggorengan persis seperti urutan di atas.

4. Kalo bikin kue (panggang), peralatan baking bisa dicuci sambil menunggu oven panggang kuenya. Bikin waktu menunggu tidak terasa lama, dan cucian ga numpuk. πŸ˜‰

Yang bikin males cuci peralatan makan dan masak itu biasanya karena cuciannya udah menggunung. Jadi, ngeliatnya aja udah males terus bayangin cucinya πŸ˜‚

Kurang lebih begitu tip dari saya, saran diatas bisa diterapkan untuk masakan 1-5 porsi, bukan buat catering ya πŸ™ˆ

Selamat jadi home chef ya.πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘¨πŸ»β€πŸ³

Yang Terjadi selama WFH

Kerja, kerja dan kerja 😬 selain masak tentu saja. Kalo urusan beberes rumah, alhamdulillah suami selalu bantu. Pokonya yang dia ga bisa itu cuma nyetrika dan masak. Sisa pekerjaan rumah lainnya ku serahkan padanya.

Terus, WFH ini berkahnya buat saya adalah saya berada di rumah full dalam jangka waktu yang sangattt lama. Biasanya cuma weekend bisa full day di rumah. Ini lama banget total udah hampir 3 minggu saya di rumah aja. Sejujurnyaa ini buat saya makin sedih ninggalin rumah ini, karena jika tidak ada halangan, bulan depan kami pindah rumah. Insya Allah. WFH ini mungkin salah satu jalan dari yang Kuasa supaya saya bisa kangen2an tinggal yang lama di rumah ini. Hiks.

Berdasarkan info terbaru, DKI Jakarta sudah menerapkan pembatasan ruang gerak sampai 18 April 2020. Kemungkinan saya akan WFH juga sampe tanggal segitu.

Ga pernah nyangka akan WFH di kala hamil, bareng dengan waktu pindah dari rumah ini yang semakin dekat. Berat juga rasanya setelah 8 taun tinggal di sini. Lalu, dalam rangka menikmati rumah dan dapur secara maksimal, saya masak terussss tiap hari. Plus supaya sehat juga saya dan suami di musim yang penuh virus ini.

Sekian dulu ceritanya. Semoga kita semua sehat selalu. Amin YRA.

Rencana karena Corona

Udah banyak banget ya pasti informasi yang beredar soal Corona. Banyak kepanikan, kecemasan, ketakutan, yang terjadi di sekeliling kita. Saya tentu saja waspada, dan berusaha menjaga diri sebaik mungkin.

Ada rencana atau bahkan banyak rencana yang tertunda karena corona. Saya rencana pergi bersama si baby yang masih di dalam perut. Bulan depan atau dua bulan lagi, sudah ideal usia kehamilan saya untuk pergi, tapi emang mungkin Tuhan berharap saya istirahat saja dulu di rumah hingga baby lahir ke dunia sehat selamat.

Semoga situasi semakin cepat membaik, semua bisa kondusif seperti sedia kala. Alhamdulillah stok sembako Insya Allah aman sampai seminggu ke depan. Saya stock secukupnya aja, seperti biasa saya belanja mingguan, ga dilebihkan. Setuju dengan beberapa orang yang bilang, supaya semua orang kebagian. Ga serakah.

Sekian dulu.

Yosemite National Park

Suami so excited, mau ke Yosemite National Park. Every time he explained about Yosemite to me, I just can only said “ooo, ooo, or hah heh, hmm”

Ini penjelasan yang saya ambil dari wikipedia mengenai Yosemite National Park

Yosemite National Park is in California’s Sierra Nevada mountains. It’s famed for its giant, ancient sequoia trees, and for Tunnel View, the iconic vista of towering Bridalveil Fall and the granite cliffs of El Capitan and Half Dome. In Yosemite Village are shops, restaurants, lodging, the Yosemite Museum and the Ansel Adams Gallery, with prints of the photographer’s renowned black-and-white landscapes of the area.

Aslinya lebih bagus lagi daripada foto dong dong ya. Kami sampai sini masih agak pagi, sekitar jam 9, jadi masih cepat dapat parkir, ga lama kemudian, mobil berdatangan, pengunjung semakin banyak. Tapi tetep keliatan lowong sih saking gedenya ini National Park, cuma keliatan padet pas di restaurant dan di tempat parkir.

Sehabis parkir mobil, saya dan suami jalan kaki mengikuti jalan setapak. Udaranya sejuk, bersih banget, super bersih. Hirup udara dalem – dalem rasanya sejuk dan seger masuk ke paru – paru. Biasa deh, kalo ke tempat kaya gini, pasti langsung mikir, seandaiiinyaaa di Indonesia, ada National Park yang dikelola secara baik seperti ini hehe.

Oh ya, di semua National Park yang saya datengin, selalu ada informasi bahwa tidak boleh menerbangkan drone tanpa izin. Bagus ya peraturannya ketat, jadi ga polusi udara.

Cantiknya πŸ™‚ Keliatannya sepi ya, padahal kanan kiri saya rame yang lagi ambil foto juga πŸ™‚

What a beautiful moment!

Update Pindahan Rumah

Mulai minggu depan, kita nyicil bawa barang dari rumah Sawangan ke sana. Mungkin yang gampang diangkut mobil kita, semacam baju-baju, dan buku, lalu lanjut peralatan dapur, panci dan kawan-kawannya.

Kemaren tukang bangunan yang bikin dapur, udah selesai kerja. Udah siap buat ditinggalin. Kemaren saya udah lihat-lihat gordyn. πŸ€— Beli AC untuk di kamar, untuk ruangan lain menyusul yaa.

Suami juga udah hubungin tukang tanaman, untuk pasang rumput dan beli beberapa tanaman, untuk di halaman depan dan belakang rumah.

Ini kedua kalinya saya pindah rumah, pertama dari rumah mama ke rumah sawangan setelah menikah. Sekarang, dari rumah sawangan ke rumah baru. Sedih pasti, tiap weekend aja rasanya ga mau kemana-mana saking pengennya lama-lama di rumah Sawangan.

Semoga proses perpindahan ini lancar. Ga ada drama apa-apa. Amiiinnn

Pengen ke Sini

Tiba-tiba hari ini kepikiran, kenapa saya udah beberapa kali ke Medan, tapi belom pernah ke danau toba?

Jawabannya apa, saya juga ga tau. Mungkin karena pas di Medan lagi agak sibuk kayanya, jadi ga kepikiran bisa pergi agak jauh.

Selain ingin jalan-jalan ke Danau Toba, suatu hari saya pengen juga liburan di Pulai Kei, Pulo Cinta dan Raja Ampat.

Semoga suatu hari Tuhan mengabulkan doa ini. Amin?😊

Melepaskan sedikit stress

Buat saya, melepaskan sedikit stress itu caranya dengan baca, nulis, dan juga masak pastinya πŸ˜€

Rencananya, nanti malem mau masak spaghetti Bolognese buat bekel besok pagi, supaya besok pagi ga terlalu grasak grusuk :D. Udah beli dagingnya, dari Tokopedia, dianter pake grab dong. Padahal, bisa aja sih beli di mall sebelah kantor. Cuma, lagi males jalan ke sana. Oh yaaaa, satu lagi hal yang bisa buat saya hilang penat adalah keliling jalan – jalan di supermarket. Liat – liat bumbu, bacain bumbu, liatin keju, liat tahu, cari sayur baru, cari buah baru. Senangnya.

Tadi pagi, senangnya bisa sempat masak untuk bekal makan siang, masak salmon fetucinni aglio e olio, ditemani dengan selingan makan pisang, dan alpukat, plus satu slice pizza. Sarapan jam 8 makan bubur kacang hijau + ketan hitam, dua jam kemudian madu dan yoghurt.

Semoga, seiring berjalannya waktu, bisa makin sering nulis. Pengen nulis lagi soal jalan – jalan waktu di US, dan beberapa jalan – jalan lainnya, yang belum sempat terdokumentasikan dengan baik di blog ini. Sebagai pengingat dan pengenang aja gitu πŸ˜€

Segitu dulu tulisan kali ini, sampai ketemu lagi.

My Two Weeks Waiting

Sambil menunggu two weeks waiting, sebenernya oleh dokter dan suster, saya dianjurkan untuk istirahat, jangan cape, dan boleh aktivitas seperti biasa, asal jangan olah raga aja. Bye bye sementara ke body combat, body pump, dan lari. Intinya jangan kecapean dan banyak pikiran. Suster bilang, boleh masak ko bu, aktivitas kaya biasa. Asal jangan keliling mall dari buka sampai mall tutup. Hehe

Akhirnya, saya memutuskan untuk istirahat 2 hari di rumah, abis itu tetep pergi kerja ke kantor. Karena, saya pikir saya bisa sangat stress malahan kalo menunggu aja selama dua minggu di rumah, ga ngapa – ngapain. Yang ada mungkin bisa nangis, kesel, bingung, ngambek.

Untungnya di kantor, saya bisa memanage stress dengan baik. Waktu berjalan cukup cepat berlalu karena saya beraktivitas seperti biasa, walau setiap pagi, saya berhitung ini hari ke sekian. Lagi apa di dalem, masih nempel ga ya. Apa rencana Tuhan buat saya?

Oh ya, saya sebelumnya juga sudah tanya ke suster, apa saja yang boleh saya makan. Suster bilang, yang ga boleh hanya yang mentah saja, dan kurangi yang asin, seperti telur asin dan ikan asin. Sisanya makan yang sehat.

Jadi, ada beberapa hari saya minta mama masakin makanan, di weekend saya masak sendiri. Suami makin rajin bantu beberes rumah, sebelumnya juga udah rajin, tapi ini jadi sangat rajin. Haha. Yeay.

Dua minggu, kalo jalan – jalan terasa enak, kalo nunggu terasa menegangkan.

Nanti, dilanjut lagi ya ceritanya.

Tahu

Posting ini akan ngobrol soal tahu. Makanan tahu, yang biasanya dibandingkan dengan tempe itu loh πŸ˜€

Jadi, weekend kemaren, saya nonton acara yang bahas soal tahu yang sudah di produksi sejak lama sekali dan juga restaurant yang menyajikan menu khusus tahu, lokasinya ada yang di China, ada yang di Jepang. Berhubung saya suka tahu, jadi saya nonton deh acara sambil selesai, dan ngebayangin sambil bergumam “Uuuu pasti enak. Waaa itu di mana aku mau coba”, dan sebagainya.

Restaurant tahu di Jepang contohnya, menyajikan semua menu tahu, masakan tahu yang disajikan, cuma dikasih sama sedikit bumbu. Pasti enak banget tuuuuhhh.

Kalo restaurant tahu di China, kebanyakan disajikan dalam bentuk masakan sarat bumbu, bukan cuma sapo tahu atau mun tahu doang, tapi banyaaaaaakkk banget menu tahu lainnya yang disajikan.

Setelah nonton acara itu, saya google penjual tahu terenak di Jakarta, tahu terenak di Tangerang. Tapi rata – rata yang keluar, hampir sebagian besar restaurant atau tempat makan pinggir jalan yang ada menu tahu di hidangannya. Misal, sapo tahu, tahu tek, tahu gimbal, tahu goreng krispi, dsb. Beda kalo cari referensi tempat tempe yang enak, rata – rata keluar di daerah Malang, atau daerah Jawa lainnya.

Padahal, yang saya butuhkan itu referensi tahu seperti, tahu mang amin yang berlokasi di Tangerang ini enak banget, semacam itu, semacam yang saya tonton di tv. Tapi sayang, saya ga nemu referensi yang saya mau.

Karena anaknya banyak maunya, jadilah siang itu saya bikin capcay pake tofu jepang. Enak banget.

Tahu yang saya paling suka, tahu semacam tahu susu, tahu bandung, tofu, atau tahu yunyi alias tahu yang padat. Kalo tahu sumedang yang kopong tengahnya, sebenernya saya kurang suka, tapi kalo ada ya makan juga sih hahahahaa….

Makanya, saya doyan ketoprak, gado – gado, tahu telur, pepes tahu, karena ada tahunya. Tahu is the highlight. Bahkan, kalo mama saya bikin bumbu pecel, saya dengan senang hati makan nasi, tahu putih dan bumbu pecel aja. Enak.

Sekian dulu ngalor ngidul tentang tahu.

Teman – teman ada rekomendasi pedagang tahu yang enak?

Review Ruth Chris Steakhouse – Jakarta

Dalam rangka melaksanakan perayaan ulang tahun saya, pada 26 November lalu. Saya dan suami, mencoba restaurant steak yang lokasinya deket banget sama kantor saya. Cuma jalan kaki. Namany Ruth Chris Steakhouse – Jakarta.

Sebelum dateng ke tempatnya, saya udah booking dulu melalui Zomato. (Bukan iklan) Gampang ternyata booking lewat Zomato, 1 hari sebelum tanggal reservasi, pihak restaurant telp saya, untuk menanyakan konfirmasi reservasinya.

Kami sampai tempat makan sekitar pukul 18.30

Langsung pesen makanannya. Supaya ga bingung, kita pesen menu paketnya aja ya. Sebelum datang ke sini, saya udah wanti – wanti suami. Ini steak a la new york, jadi jangan heboh minta sauce, karena kita bakalan nikmatin dagingnya, bukan sauce nya. Awas juga jangan minta chili sauce. hahaha….

Di bawah ini review makanannya ya.

Ruth’s Carpaccio, irisannya pas, dingin daging juga pas.
Crab and Corn Chowder. Masih enakan Clam Chowder di SF πŸ˜€
Kami pesan, US Prime Ribeye dan US Prime New York. Punya saya medium well, punya suami medium. Tapi dia lebih suka rasa yang medium well, saya lebih suka rasa daging yang medium. Jadi, kami iris – irisan, saling kasih daging hehe.. Hati – hati, piringnya juga panas.
Two sides: pan-roasted wild mushroom dan creamed spinach. Suka dua – duanya. Spinachnya kayanya dimasak pake cooking cream gitu, tapi ga bikin enek.
Sebenernya di dalam paketnya, udah terdapat dessert juga. Cumaaa berhubung kami makan dalam rangka saya ulang tahun, saya minta suami untuk ngomong ke pelayan baik hati kita, kalo saya ulang tahun. Jadilah dapet kue dan ada tulisan happy birthday.
Muka bahagia dan kekenyangan.

Apakah semua makanan tersebut habis? Tentu saja tidak dong, karena porsinya super banyak. Sampe si bapak pelayan kita bilang, “Ga habis ya?” Saya jawab “Iya pak, banyak banget porsinya.” Bapaknya ngomong “Gapapa, memang porsinya porsi US. Rata – rata orang Indonesia ga bisa habisin.”

Suasana makan di sini sangat cozy, lampu temaram, terus ga terlalu crowded. Nyaman banget. Suami ternyata doyan makan di sini, udah berkali – kali ajak makan sini lagi. πŸ™‚

Sampai ketemu lagi di review makan – makan selanjutnya.