Resep Ayam Panggang Madu dan Peri-Peri Sauce

  
Sebagian ayam udah di comot haha..

Sekitar dua minggu lalu, saya malas masak tapi juga bosen jajan diluar. Akhirnya saya bersemedi haha, alias guling-guling di kasur sambil mikir mau masak apa yang simple dan gampang. Saya sebetulnya punya stock ayam dan daging giling di kulkas, cuma malaaassss banget masak yang rempong. Akhirnya saya ngarang masakan ini.

Ayam Panggang Madu dan Peri-Peri Sauce.

Setengah ekor ayam di cuci bersih, lumuri pake jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas lagi dengan air mengalir. Tiriskan.

10 buah kentang kecil. Cuci bersih.

1 buah wortel, cuci lalu kupas kulitnya dan potong sesuai selera.

1 siung bawang bombay. Potong sesuai selera.

Sauce:

1 siung bawang putih cincang halus.

1 sdm madu.

3 sdm peri-peri sauce (yes, saya ga punya peri-peri marinade sauce. Jadi pakenya yang sauce aja).
Cara membuat:

Masukkan ayam, lumuri dengan sauce. Diamkan 30 menit.

Nyalakan oven 170 dercel.

Siapkan pinggan tahan panas, tuang ayam ke dalamnya. Masukkan ke oven yang telah panas selama 20 menit.

Keluarkan oven, masukkan kentang, wortel dan bawang bombay. Panggang selama 10 menit.

Angkat dan sajikan bersama peri-peri sauce. 

Iklan

Resep Bihun Gorengย 

  

Bahan-bahan:

Bihun 1 keping (rebus di air hangat)

Telur 1 butir

Wortel 1 buah

Bawang putih 2siung

Cabe rawit merah 5 buah (atau sesuai selera)

Daun bawang 1 siung

Minyak wijen 1 sdm

Minyak goreng 1 sdm

Kecap manis 2 sdm

Kecap ikan 1 sdm

Saus tiram 1 sdm

Garam dan lada secukupnya

Cara Memasak:

Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih, cabe, daun bawang sampai wangi dan matang. (Siap-siap bersin kalo cabenya banyak hehe)

Masukkan wortel dan sedikit air (supaya wortelnya cepet lunak)

Masukkan telur, aduk-aduk. Kalo temen-temen ga mau si telur kecampur sama bawang-bawang atau cabe, saya sarankan di wajan terpisah orak – arik telurnya. Kalo saya berhubung pake wajan agak besar, jadi tetap bisa oseng-oseng telur tanpa kena bawang-bawangan ๐Ÿ˜€ 

Masukkan bihun

Masukkan kecap ikan,minyak wijen,saus tiram dan kecap manis. Aduk rata

Masukkan garam dan merica secukupnya.

Cicipi, dan sesuaikan semua bumbu sampai sesuai selera rasanya (asin,manis,dll)

Angkat, simpan di piring dan selamat makan ๐Ÿ™‚

Note:Bisa ditambahkan daging sapi atau ayam atau seafood, masukkan merekka setelah bumbu bawang matang.

Resep Daging Sapi Pedas Manis

  

Bahan-bahan:

200 gram daging sapi, utamakan pilih yang bagian dagingnya cepat empuk. 

50 gram tetelan sapi, boleh skip kalo tidak suka. 

5 buah cabe merah keriting di iris tipis

1 jari telunjuk lengkuas, ditumbuk kasar (kalo bahasa sunda sih di geprek)

1 jari telunjuk jahe (digeprek juga)

3 sdm kecap manis

garam secukupnya

250 ml air rebusan daging

2 sdm minyak untuk menumis

4 buah tomat hijau kecil, potong 4 bagian

Haluskan :

10 buah cabe rawit merah (bisa disesuaikan dengan selera)

4 butir bawang merah

1 siung bawang putih

2 sdt terasi

1 sdt gula merah


CARA MEMASAK:

Potong daging dan tetelan ukuran kotak atau sesuai selera, rebus bersama dengan jahe hingga empuk lalu tiriskan. 

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan lengkuas hingga harum. 

Masukkan air, daging sapi dan irisan cabe merah, aduk rata. Tambahkan air rebusan daging.

Beri kecap dan garam secukupnya.

Aduk rata lalu masukkan tomat sesaat sebelum kuah menyusut. 

Masak hingga kuah menyusut angkat dan sajikan.

Note: Daging sapi bisa diganti dengan ayam, tahu, tempe atau jamur. 

Bikin Mie Ayam Sendiri

Sesuai janji liburan kemaren untuk bikin Mie Ayam, akhirnya jadi juga hehehe… Well, secara rasa lumayan lah daripada lumanyun :p LOL.. Sebenernya bikin mie ayam sendiri itu gampang, tapi menjadi terlihat sulit karena beberapa step yang harus dibuat ๐Ÿ˜€ Misal bikin ayamnya, rebus ayam untuk kuah kaldu atau bikin pangsitnya. Kata Pak Suami “Mie ayam Bu Puji enak juga.” Jangan langsung percaya gitu aja ya, suami saya soalnya semua makanan dia suka. Lol :p

Ini Resepnya Mie Ayam Ala Bu Puji (Sudah dimodifikasi dari beberapa resep)

Bahan Ayam Tumis:
Daging ayam, 250gram (dipotong dadu atau di giling juga boleh, disesuaikan sama seleranya aja)
1 sdt minyak wijen
4ย butir bawang putih, 1sdt merica bubuk, 1 sdt ketumbar (dihaluskan), 1 ruas lengkuas di potong besar
2 sdm kecap asin (kemaren saya ga pake ini karena ga ada stocknya hehe)
1 sdm kecap manis (kalo sukanya ayam yang manis silakan ditambahkan takarannya :))
2 sdm saus tiram
2 sdm minyak sayur
1 sdt garam
Air 150ml

Cara Memasak:

Panaskan minyak, masukkan bumbu yang telah dihaluskan sampai matang dan harum. Masukkan ayam aduk sebentar supaya bumbu dan ayam rata, tambahkan air, masukkan minyak wijen, kecap manis, saus tiram. Aduk hingga semua tercampur rata, diamkan sampai ayam matang dan air menyusut.

Minyak ayam

Bahan โ€“ Bahan:

3 siung bawang putih (Cincang Halus)

100gram kulit ayam dihaluskan

200ml minyak goreng

Cara Memasak:

Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih tumis sampai harum, masukan kulit ayam. Aduk sebentar, lalu biarkan sampai matang dan lemak โ€“ lemak serta minyaknya semakin banyak ๐Ÿ˜€

Pangsit Rebus / Goreng

Bahan โ€“ Bahan:

1 siung bawang putih (cincang halus)

1 batang seledri dan daun bawang (cincang halus)

100gram daging sapi cincang

1 butir telur

1 sdt garam (bisa diganti kecap asin)

1 sdt merica

20 lembar kulit pangsit

Air 500 ml untuk merebut

Cara Memasak:

Didihkan air

Aduk bawang putih, seledri, daging sapi cincang, telur, garam dan merica lalu aduk rata. Masukkan adonan pangsit di kulit pangsit.

Setelah air mendidih, rebus sampai si pangsitnya mengapung sendiri keatas

Pangsit tersebut silakan kalo mau digoreng, kalo saya memang sengaja pilih direbus pangsitnya supaya ga ngerasa berdosa terlalu banyak makan minyak. Hehe.

Kuah Ayam

Bahan:

10 buah ceker ayam, kalo tidak suka bisa diganti sayap atau bagian ayam yang lain

1liter air

Cara Memasak:

Berhubung saya ga punya slow cooker, jadi saya pake rice cooker dan biarkan semalaman. Kira โ€“ kira 7 jam, hasilnya, cekernya jadi empuk dan kuahnya sangat enak. Silakan tambahkan garam atau merica sesuai selera J

Mie

Mie telor 1 bungkus. Kebetulan kemaren di Giant dan Pujasari lagi ga jual mie basah kaya abang โ€“ abang Mie Ayam biasa pake, jadi saya pake mie telor biasa.

Sayur

Silakan rebus sayur apa saja yang disuka, kemarin saya pake pokcoy dan juga cuciwis.

Cara penyajian:

Siapkan mangkok

Masukkan 1sdm minyak ayam,1sdt garam, dan 1/2sdt merica, lalu masukkan mie yang sudah direbus. Aduk rata. Tambahkan ayam masak dan juga sayur diatasnya.

Kuah ayam dan ceker serta pangsit bisa diletakkan dimangkok terpisah

Selamat Mencobaย ๐Ÿ™‚

Penampakan Masakanku
Penampakan Masakanku

photo (27)

Resep Brokoli cah Jamur

Well, weekend kemarin pas belanja di Pujasari (supermarket jadul depan komplek) ngeliat jamur. Dan aku putuskan untuk memasak jamur. Berikut resepnya

1. Jamur Tiram 250 gram

2. Brokoli 250 gram

3. Bawang Putih

4. Saus Tiram 2sdm

5. Garam, gula, dan merica secukupnya

6. Minyak goreng untuk menumis

Cara masak:

Panaskan wajan, masukkan minyak goreng, setelah minyak panas masukkan bawang putih masak hingga harum. Abis itu masukin jamur biarkan sampai layu, masukin brokoli (pake api besar) supaya brokoli mateng tapi tetep renyah :D. Aduk sebentar, kasih saus tiram, garam, gula dan merica. Aduk2. Jadi deh. Nyaaammm.

Pake Saus tiramย merk Lee Kum Kee, karena ini lebih enak dibandingkan dengan saus tiram cap panda. Dan kemarin pas nonton AFC, Chef Martin Yan juga pake saus tiram merk Lee Kum Kee.

 

Resep Sayur Tempe

Si pabeb yang orang Jawa plus Palembang itu suka banget sama sayur tempe ini.

Berikut resepnya:

  1. 2 siung bawang putih, iris tipis
  2. 3 siung bawang merah, iris tipis
  3. 1 ruas lengkuas kira2 5cm, iris tipis
  4. Cabe rawit merah sebanyak mungkin (kalo gw pake kira2 250gram) ๐Ÿ˜€ iris atau ulek biar maknyussss
  5. 1 kotak Santan Instan merk itu tuuuh K-A-R-*
  6. Garam, Gula Merah satu blok bulet
  7. Daun Melinjo 100 gram
  8. Ebi atau udang kecil2 200gram
  9. Terung Hijau kecil
  10. Tempe 250 gram
  11. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, tumis no.1,2,3 sampai haruuuumm.
  • Masukin tempe, oseng2 sebentar masukin ebi atau udang, daun melinjo, terung hijau, dan cabe rawit.
  • Trus masukin santen, aduk2 sebentar tambahkan garam, dan gula jawa. Aduk2. Tutup panci nya, tunggu sampai semua tercampur. Sajikan bersama nasi panas. ๐Ÿ™‚

 

 

Resep Risoles Sayuran

Resep Risoles Sayuran

Bahan – Bahan:

Kulit:

1. 500 gram tepung terigu

2. 1 Butir telur (kuningnya aja dipake, yang putihnya disimpen)

3. 200 cc air matang (airnya harus adem, ga boleh air yang masih panas, atau air dingin kulkas)

4. Susu bubuk 1 sachet

5. 200 gram mentega cair

6. Garam / Penyedap rasa

Isi:

1. 1 batang wortel ukuran besar

2. 2 butir kentang ukuran sedang

3. 1 bungkus bihun kira2 250 gram (pokonya yang ukurannya kecil deh) hehehe

4. 400 gram daging cincang

5. 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, merica dan garam secukupnya. (Haluskan)

6. 2 sdm mentega

7. 3 sdm kecap manis

8. 200 cc air matang

9. Garam & Gula

Tambahan : Tepung Panir

Cara membuat :

Kulit:

Pertama – tama ayak dulu tepung terigu, supaya kulitnya halus. Selesai di ayak, masukin air pelan2 aja. Kira2 merasa sudah pas kekentalannya (ga terlalu cair dan ga terlalu kental) masukin kuning telur, susu bubuk, garam, mentega cair. Diaduk sampai semua tercampur rata. Sisihkan.

Isi:

Panaskan mentega, masukan bumbu yang telah dihaluskan, aduk sampai bumbu matang. Setelah itu masukkan daging, tunggu sampai daging agak matang masukin wortel dan kentang plus 200cc air matang, tunggu sampai sayuran2 tersebut lembek a.k.a matang. masukin bihun, terakhir tambah kecap, garam dan gula. Tunggu sampai semua meresap.

Cara Membuat Kulit Risol:

Panaskan wajan ukuran kecil lalu oles pake mentega atau minyak zaitun (tujuannya supaya ga lengket adonan kulitnya), masukin adonan kulit sambil diputar wajannya supaya bulat merata tunggu kurang lebih 1 menit sampe mateng angkat. Kulit risol yang sudah matang diangkat (kalo aku biasanya langsung balik di piring datar) dan masukkan isi risol lalu lipat kulit risol (bisa bentuk segitiga atau segi panjang). Lakukan semua sampai kulit risol habis, biasanya sih isinya masih ada sisanya bisa simpen dikulkas.

Masukin risol yang udah jadi ke dalam putih telur yang udah dikocok, gulingkan di tepung panir terus goreng di minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Selamat Makaaan ๐Ÿ˜€