Sop Buntut Hotel Borobudur

Hari ini saya mau review tentang Sop Buntut yang konon legendaris di ibukota Indonesia! Ya, sop buntut Bogor Cafe, Hotel Borobudur. Kebetulan buka cabang di PIM, jadinya saya makan disitu aja.

Pilihan menu sungguh beragam, sop buntut rebus, sop buntut goreng, sop buntut bakar. Nasi goreng buntut, tahu pong, martabak buntut, dll.

Kami akhirnya pesan 1 sop buntut rebus dan satu lagi sop buntut bakar. Tadinya saya mau pesan sop buntut goreng, kata Mba pelayannya enakan yang bakar. Ya udah jadinya pesen yang bakar #mudahterpengaruh

Oh iya, fyi. Andalan mereka sop buntut rebus seperti foto dibawah ini.


Rasa kuahnya itu very smooth, ga meninggalkan jejak minyak, after taste yang tersisa hanya rasa dagingnya. Ga ada sisa lemak tertinggal. Dagingnya juga empuk (banget) gampang di ambil meskipun pake sendok garpu.

Kuahnya ya seperti yang saya tulis diatas, kuahnya bersih dari lemak. Rasa kaldu daging berasa di kuah ini kuahnya pun ga terlalu asin, jadi memang yang di highlight keempukan dan rasa orisinil daging buntut tersebut. 

Sop Buntut Bakar

Kalo untuk sop buntut bakar, rasa dagingnya manis dan gurih. Kalo kuahnya rasanya sama.

Saya si suka aja sama sop buntut ini. Tapi suami kurang suka, karena dia lebih suka sop buntut versi berlemak. (Tapi tetep jatah daging saya dihabisin juga 😛). 

Kalo kamu memang suka sop buntut yang setelah makan ga meninggalkan jejak lemak di mulut. Sop buntut ini wajib dicoba.

Untuk harga memang cukup mahal si, ya wajar juga karena harga buntut aja mahal udah gitu proses masaknya pasti butuh waktu lama plus mesti inget kuahnya diganti berapa kalo tuh sampe rasa minyaknya hilang.

Secara keseluruhan, kalo suami ngasih nilai 6, menurut dia Sop Buntut Dahapati di Bandung masih lebih dia sukai.

Saya kasih nilai 7, karena perpaduan rasa kuah dan dagingnya cukup sempurna.

Selamat mencoba! 

Saran: Kalo pas ke sini jangan weekend dan jam makan (siang atau malam) dijamin waiting list 🙂

37 respons untuk ‘Sop Buntut Hotel Borobudur

  1. nengsyera Juni 22, 2016 / 9:36 pm

    Sop buntut aja pake WL? Wewww…
    Jadi pengen cobaa,
    Eniwei di tebet juga ktanya ada sop buntut bakar yg enak tp aq lupa namanya apaan. Yang warungnya warna ijo2 gitu lah.
    Klo aq pribadi suka sop buntut yg kya gini juga, tanpa lemak dg kuah bening ‘enteng’ jdi after taste ga bikin puyeng sama nggak bikin nafas bau daging kalo bersendawa hehehe

  2. zilko Juni 22, 2016 / 11:48 pm

    Jadi penasaraan, hehehe. Kalau untukku sih aku suka yang sedikit ada lemaknya karena lemaknya nambah rasa. Tapi kalo kebanyakan ogah juga sih, serem makannya dan jadi eneg, hahaha 😆

    • Puji Juni 23, 2016 / 7:54 am

      Ayo cobain nanti kalo ke Jakarta 😊

  3. Lorraine Juni 22, 2016 / 11:56 pm

    Wah, ini Sop Buntut memang terkenal banget Ji jaman aku muda. Biasanya setelah pulang ngedisko (ha..ha.., tua bener istilahnya) di sebelah, aku makan sini.

    Thanks infonya udah ada cabang di PIM sekarang. Penasaran pingin coba.

    • Arman Juni 23, 2016 / 1:23 am

      anak musro ya? hahaha 😛

      • Puji Juni 23, 2016 / 7:54 am

        Lol

      • ohdearria Juni 23, 2016 / 7:22 pm

        Yeeah betul Man, MUSRO, omg jadul banget!

    • Puji Juni 23, 2016 / 7:54 am

      Musro sekarang udah ga sehits dulu Mba Yoyen hihi

      • Arman Juni 23, 2016 / 11:40 pm

        masih ada ya musro? di borobudur dulu ada 2 club ya. musro sama grand mahattan. gak tau sekarang masih ada gak. hahaha.

      • Puji Juni 24, 2016 / 7:15 pm

        Masih ada tapi ga hits 😂

    • ohdearria Juni 23, 2016 / 7:22 pm

      Sama dwooonk kita Lo!! Gw jg suka makan disitu abis bge-disco hahaaaa…anak disco kita yaks😜😜👌🏻👌🏻

      • Lorraine Juni 23, 2016 / 8:03 pm

        Jangan-jangan dulu kita pernah papasan Ri 😀

      • ohdearria Juni 23, 2016 / 9:14 pm

        Ahahaaaa dancing sebelahan gitu di Musro💃🏼💃🏼

  4. liandamarta.com Juni 23, 2016 / 12:29 am

    Duh, jadi pengen makan sop buntut bakarnya deh mba. Ada di PIM ya? Kapan-kapan kalo main ke PIM mau ah cobain. 🙂

    • Puji Juni 23, 2016 / 7:54 am

      Iya ada di PIM. Selamat mencoba

  5. Arman Juni 23, 2016 / 1:22 am

    sop buntut bakar nya hotel borobudur is the best kalo buat gua. nilai 9! 😀

    • Puji Juni 23, 2016 / 7:54 am

      Favorit ya Ko

  6. NisadanChicco Juni 23, 2016 / 7:51 am

    gue suka banget nih Ji..di PP juga ada kan ..kalau bokap ultah pasti ngajakin makan ini ahahahah…jadi pengen buat sop buntut ;/

    • Puji Juni 23, 2016 / 7:55 am

      Iya di PP juga ada. Ayo ayo bikin sop buntut ☺️

      • NisadanChicco Juni 23, 2016 / 7:56 am

        males ngangkat SC nya Ji beraatttt..maunya tinggal makan hap hap ahahahah

      • Puji Juni 23, 2016 / 7:57 am

        😂😂😂 seandainya ada gojek ya

  7. Christa Juni 23, 2016 / 8:03 am

    duhhh jadi pengen, udh lama nggak kesitu Ji. Btw entah kenapa (mungkin sugesti), aku tetep merasa yg di hotel borobudur nya lebih enak hehehe.. tapi tetep seneng sih ada di PIM,deket 😀

    • Puji Juni 23, 2016 / 8:06 am

      Ooo yang si hotel lebih enak ya. Biasanya si rasa masakan di pusat emang the best hehe

  8. restu dewi Juni 23, 2016 / 8:42 am

    aku belum pernah loh makan sup buntut hotel borobudur ini.. (pdh di jkt udah belasan tahun).. selama ini kok ama sup buntut yaaa.. so so semua.. di pim ada ya? di mananya emang Ji?

    • Puji Juni 23, 2016 / 8:43 am

      Di street gallery Mba

    • Puji Juni 23, 2016 / 8:43 am

      Depan playground

      • restu dewi Juni 23, 2016 / 8:48 am

        oooo.. oke oke thank u.. coba aku cari, menjelajah pim perasaan gak nemu (bilang aja udah luamaak bgt gak ngepim)

      • Puji Juni 23, 2016 / 8:50 am

        Hahahaa

  9. santi Juni 23, 2016 / 11:03 am

    Gleeek, baca ini siang2 pas puasa. Derajat ngilernya 2 kali lipat. Sekian 😂😂

  10. neng fey Juni 23, 2016 / 1:09 pm

    aku juga demennya yang ada lemak2nya hihihi

  11. nyonyasepatu Juni 23, 2016 / 2:30 pm

    Terkenal bgt yaa sop buntut ini, penasaran

    • massamsul Juni 27, 2016 / 11:23 pm

      Di mana mana ada suup buntut tapi maaf lum pernah nyobain.hahahahA

  12. febridwicahya Juni 26, 2016 / 11:36 pm

    Mbak Pujiii 😀 aku belum pernah makan sop buntut loh ._. suwer. Lebih suka sop ayam sih karena bisa makannya. Kalau sop buntut, aku nggak tau gimana metode cara makannya 😦

  13. Nadia Stephanie Juni 28, 2016 / 9:32 pm

    Iiihh ini enaaaakkk… aku dan suamiku doyan banget. Cuman iya mahalnya wew.. ga bisa makan sering2.

    • Puji Juni 29, 2016 / 8:57 am

      Mahalnya sesuatu ya 😂

Tinggalkan komentar