Memilih – Milih Ketika Sedekah


download

Saya pernah baca satu postingan, lupa postingan dimana dan punya siapa. Kurang lebih isinya seperti ini “Kalo buat hura – hura (ngopi, nongkrong, makan) 500ribu dianggap sedikit. Coba kalo 500ribu untuk sedekah, pasti dianggap kebanyakan.” Postingan aslinya dalam bentuk bahasa inggris tapi saya lupa kalimat persisnya gimana. Banyakan lupanya :p

Lalu, tadi perjalanan menuju kantor saya, entah kenapa kepikiran sama postingan ini. Kalo dipikir – pikir bener juga si (at least buat saya). Meski malu tapi saya akuin kalo untuk sedekah yang bukan seribu dua ribu perak, saya mesti perhitungan (ini ga tau mesti kasih icon nyengir apa nangis). Kewajiban 2,5 persen untuk umat muslim, insya Allah selalu saya jalanin meskipun kadang suka mikir, lumayan juga setelah dipikir – pikir. Tapi abis itu istighfar mohon ampun karena punya pikiran kaya gitu 😦 Kalo untuk yang Nasrani kalo ga salah namanya persepuluh atau apa ya?

Nah itu, selain sedekah wajib itu, sedekah – sedekah lain saya masih suka perhitungan misalnya kasih pekerja rumah tangga, tukang rumput, satpam,dll. 😦 Masih suka pelit, ya Allah 😦

Oh ya, tiba – tiba inget juga sama tulisan di buku Yasin pemilik perusahaan tempat suami saya kerja. Jadi disitu anaknya cerita. Suatu hari, dia dan alm.bapaknya duduk di mobil, lalu ada pengemis dan si anak mau kasih. Terus sang bapak nanya “Kenapa?” anak jawab “Ini cari uang yang jelek.” Bapaknya nyautin lagi “Mau sedekah ko milih uang yang jelek. Sedekah ya sedekah aja, jangan cari uang jelek.”

Jleb banget buat saya si, karena kadang saya suka melakukan hal ini 😦 tapi semenjak baca postingan itu si sebisa mungkin kalo saya mau kasih uang sebagai sedekah saya kasih aja uang yang mana pun, tanpa liat jelek atau bagusnya tuh uang.

Pernah baca juga, uang yang kita punya kalo dipake sedekah gak akan habis dan ga bikin kita miskin atau kekurangan. Dan ini saya setuju.

Tulisan ini dibuat untuk refleksi diri, semoga saya bisa semakin ikhlas berbagi, tidak pilih – pilih dan tidak “pelit” dalam membagi materi lagi πŸ™‚

Have a good day teman πŸ™‚