Resep Ayam Panggang Madu dan Peri-Peri Sauce

  
Sebagian ayam udah di comot haha..

Sekitar dua minggu lalu, saya malas masak tapi juga bosen jajan diluar. Akhirnya saya bersemedi haha, alias guling-guling di kasur sambil mikir mau masak apa yang simple dan gampang. Saya sebetulnya punya stock ayam dan daging giling di kulkas, cuma malaaassss banget masak yang rempong. Akhirnya saya ngarang masakan ini.

Ayam Panggang Madu dan Peri-Peri Sauce.

Setengah ekor ayam di cuci bersih, lumuri pake jeruk nipis dan sedikit garam. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas lagi dengan air mengalir. Tiriskan.

10 buah kentang kecil. Cuci bersih.

1 buah wortel, cuci lalu kupas kulitnya dan potong sesuai selera.

1 siung bawang bombay. Potong sesuai selera.

Sauce:

1 siung bawang putih cincang halus.

1 sdm madu.

3 sdm peri-peri sauce (yes, saya ga punya peri-peri marinade sauce. Jadi pakenya yang sauce aja).
Cara membuat:

Masukkan ayam, lumuri dengan sauce. Diamkan 30 menit.

Nyalakan oven 170 dercel.

Siapkan pinggan tahan panas, tuang ayam ke dalamnya. Masukkan ke oven yang telah panas selama 20 menit.

Keluarkan oven, masukkan kentang, wortel dan bawang bombay. Panggang selama 10 menit.

Angkat dan sajikan bersama peri-peri sauce. 

Iklan

Resep Bihun Goreng 

  

Bahan-bahan:

Bihun 1 keping (rebus di air hangat)

Telur 1 butir

Wortel 1 buah

Bawang putih 2siung

Cabe rawit merah 5 buah (atau sesuai selera)

Daun bawang 1 siung

Minyak wijen 1 sdm

Minyak goreng 1 sdm

Kecap manis 2 sdm

Kecap ikan 1 sdm

Saus tiram 1 sdm

Garam dan lada secukupnya

Cara Memasak:

Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih, cabe, daun bawang sampai wangi dan matang. (Siap-siap bersin kalo cabenya banyak hehe)

Masukkan wortel dan sedikit air (supaya wortelnya cepet lunak)

Masukkan telur, aduk-aduk. Kalo temen-temen ga mau si telur kecampur sama bawang-bawang atau cabe, saya sarankan di wajan terpisah orak – arik telurnya. Kalo saya berhubung pake wajan agak besar, jadi tetap bisa oseng-oseng telur tanpa kena bawang-bawangan 😀 

Masukkan bihun

Masukkan kecap ikan,minyak wijen,saus tiram dan kecap manis. Aduk rata

Masukkan garam dan merica secukupnya.

Cicipi, dan sesuaikan semua bumbu sampai sesuai selera rasanya (asin,manis,dll)

Angkat, simpan di piring dan selamat makan 🙂

Note:Bisa ditambahkan daging sapi atau ayam atau seafood, masukkan merekka setelah bumbu bawang matang.

Resep Daging Sapi Pedas Manis

  

Bahan-bahan:

200 gram daging sapi, utamakan pilih yang bagian dagingnya cepat empuk. 

50 gram tetelan sapi, boleh skip kalo tidak suka. 

5 buah cabe merah keriting di iris tipis

1 jari telunjuk lengkuas, ditumbuk kasar (kalo bahasa sunda sih di geprek)

1 jari telunjuk jahe (digeprek juga)

3 sdm kecap manis

garam secukupnya

250 ml air rebusan daging

2 sdm minyak untuk menumis

4 buah tomat hijau kecil, potong 4 bagian

Haluskan :

10 buah cabe rawit merah (bisa disesuaikan dengan selera)

4 butir bawang merah

1 siung bawang putih

2 sdt terasi

1 sdt gula merah


CARA MEMASAK:

Potong daging dan tetelan ukuran kotak atau sesuai selera, rebus bersama dengan jahe hingga empuk lalu tiriskan. 

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan lengkuas hingga harum. 

Masukkan air, daging sapi dan irisan cabe merah, aduk rata. Tambahkan air rebusan daging.

Beri kecap dan garam secukupnya.

Aduk rata lalu masukkan tomat sesaat sebelum kuah menyusut. 

Masak hingga kuah menyusut angkat dan sajikan.

Note: Daging sapi bisa diganti dengan ayam, tahu, tempe atau jamur. 

Resep Risoles Sayuran

Resep Risoles Sayuran

Bahan – Bahan:

Kulit:

1. 500 gram tepung terigu

2. 1 Butir telur (kuningnya aja dipake, yang putihnya disimpen)

3. 200 cc air matang (airnya harus adem, ga boleh air yang masih panas, atau air dingin kulkas)

4. Susu bubuk 1 sachet

5. 200 gram mentega cair

6. Garam / Penyedap rasa

Isi:

1. 1 batang wortel ukuran besar

2. 2 butir kentang ukuran sedang

3. 1 bungkus bihun kira2 250 gram (pokonya yang ukurannya kecil deh) hehehe

4. 400 gram daging cincang

5. 3 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, merica dan garam secukupnya. (Haluskan)

6. 2 sdm mentega

7. 3 sdm kecap manis

8. 200 cc air matang

9. Garam & Gula

Tambahan : Tepung Panir

Cara membuat :

Kulit:

Pertama – tama ayak dulu tepung terigu, supaya kulitnya halus. Selesai di ayak, masukin air pelan2 aja. Kira2 merasa sudah pas kekentalannya (ga terlalu cair dan ga terlalu kental) masukin kuning telur, susu bubuk, garam, mentega cair. Diaduk sampai semua tercampur rata. Sisihkan.

Isi:

Panaskan mentega, masukan bumbu yang telah dihaluskan, aduk sampai bumbu matang. Setelah itu masukkan daging, tunggu sampai daging agak matang masukin wortel dan kentang plus 200cc air matang, tunggu sampai sayuran2 tersebut lembek a.k.a matang. masukin bihun, terakhir tambah kecap, garam dan gula. Tunggu sampai semua meresap.

Cara Membuat Kulit Risol:

Panaskan wajan ukuran kecil lalu oles pake mentega atau minyak zaitun (tujuannya supaya ga lengket adonan kulitnya), masukin adonan kulit sambil diputar wajannya supaya bulat merata tunggu kurang lebih 1 menit sampe mateng angkat. Kulit risol yang sudah matang diangkat (kalo aku biasanya langsung balik di piring datar) dan masukkan isi risol lalu lipat kulit risol (bisa bentuk segitiga atau segi panjang). Lakukan semua sampai kulit risol habis, biasanya sih isinya masih ada sisanya bisa simpen dikulkas.

Masukin risol yang udah jadi ke dalam putih telur yang udah dikocok, gulingkan di tepung panir terus goreng di minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Selamat Makaaan 😀