Tip(s) Mencuci Piring Mudah Setelah Memasak

Hai semua, berdasarkan pengamatan dan cerita yang beredar di media sosial. Jadi, banyak ya yang hobi masak. Gimana? Masak menyenangkan bukan?

Tapi, ada beberapa keluhan yang saya baca seiring dengan hobi yang meningkat ini, yang paling sering adalah malas/cape cuci piring habis masak. Atau malas bebenah dapurnya. Di bawah ini ada tips ala saya, supaya cuci piring beserta perabot masak tidak terlalu melelahkan.

1. Find a helper. Ini pasti sangat membantu ya 🀭 Bisa itu pasangan, anak, adik, kakak. Siapa aja! Dijamin masak semakin mudah.

2. Dicicil. Bukan cuma rumah atau mobil, tapi cuci peralatan masak dan makan juga bisa dicicil. Caranya adalah, cuci sedikit demi sedikit. Jangan nunggu semua numpuk. Sebagai contoh, ketika saya masak telur dadar. Setelah bawang, cabe, dan telur dikocok, sambil menunggu minyak panas, saya cuci talenan dan pisau. Begitu minyak panas dan kita tuang telurnya ke penggorengan, kita bisa cuci mangkuk bekas kocok telur. Selesai cuci mangkuk, telur bisa dibalik.

3. Be efisien dalam menggunakan peralatan masak. Misal hari ini kamu mau masak 3 jenis masakan, coba pikirin ada berapa peralatan yang bisa dipakai secara bersamaan? Kalo mau blender/uleg bumbu, bisa ga dibikin sekalian, atau ulegnya gantian. Mana duluan yang bisa diuleg dan ga mempengaruhi bau bumbu masakan lainnya, misal. Bisa juga pakai wajan yang sama. Saya hari ini masak telur dadar, tumis brokoli tofu, dan balado kentang, dan penggunaan penggorengan persis seperti urutan di atas.

4. Kalo bikin kue (panggang), peralatan baking bisa dicuci sambil menunggu oven panggang kuenya. Bikin waktu menunggu tidak terasa lama, dan cucian ga numpuk. πŸ˜‰

Yang bikin males cuci peralatan makan dan masak itu biasanya karena cuciannya udah menggunung. Jadi, ngeliatnya aja udah males terus bayangin cucinya πŸ˜‚

Kurang lebih begitu tip dari saya, saran diatas bisa diterapkan untuk masakan 1-5 porsi, bukan buat catering ya πŸ™ˆ

Selamat jadi home chef ya.πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘¨πŸ»β€πŸ³

4 respons untuk β€˜Tip(s) Mencuci Piring Mudah Setelah Memasak’

  1. zilko April 6, 2020 / 12:09 am

    Setuju banget dengan poin yang kedua. Jangan sampe dibiarkan peralatan makan kotor menumpuk! Kalau sudah menggunung bikin malas untuk mencuci soalnya, hahaha πŸ˜†

    • Puji April 6, 2020 / 8:46 am

      Iya kalo udah numpuk sungguh sangat malas πŸ™ˆ

  2. ndu.t.yke April 6, 2020 / 2:23 pm

    Poin 2 dan 4 ini gw bgt. Makasih Puji sdh menuliskanny dgn baik πŸ‘πŸΌπŸ˜˜

    • Puji April 6, 2020 / 2:27 pm

      πŸ€—πŸ€—πŸ€—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s