Tentang Lebaran

Meskipun puasanya belom genap seminggu. Saya udah kepikir mau lebaran aja hehe…. Udah pasti lebaran tahun ini, bakalan di rumah aja. No mudik, kemanapun. Setiap tahun biasanya saya mudik ke Lampung, ke tempat keluarga ibu mertua. Naik mobil berdua aja sama suami, karena biasanya ibu mertua lebaran di sana. Rencananya mudik lebaran tahun ini, suami dan ibu mertua mau ke Malang ke tempat keluarga alm.bapak mertua. Tapi, ya udah pasti batal lah ya.

Lebaran tahun ini cuma berdoa semoga tetep bisa makan makanan lebaran buatan mama hihi, dan juga makan nastar. Sebelum puasa di mulai, saya berdua suami udah habisin satu toples nastar dan juga sagu keju. Mesti tahan diri buat jajan nastar lagi, jangan berlebihan lah. Jajan nastarnya nanti aja, pas puasa minggu ketiga >.<

Saya berdoa semoga teman – teman yang ga bisa pulang ke kampung halaman, bisa ikhlas lebaran jauh dari orang tua dan keluarga. Saya yakin ini pasti berat untuk mereka, karena saya pun merasakan tiap tahun mudik ke Lampung, ngerasa ada yang kurang di tahun ini karena tidak bisa mudik. Meskipun ketika perjalanan menuju Lampung suka sebel kalo nunggu kapalnya lama di Pelabuhan Bakauheni. Tapi semua terbayarkan ketika bisa makan pempek 123 dan juga bakso Sony. haha, ujung2nya makanan.

Sekian dulu cerita tentang lebaran. Apa kisah lebaran yang paling teman – teman ingat?

Puasa yang berbeda

Puasa berbeda karena saya lagi hamil, selain itu seperti yang udah pernah saya bilang sebelumnya di blog ini, puasa tahun ini adalah yang terakhir di rumah ini 😦

Puasa yang berbeda karena ga bisa heboh beli makanan pembuka di kantor, pergi bukber sama temen dan keluarga, janjian bukber yang tak kunjung direalisasikan. 🤣

Ga ada taraweh bersama, meskipun sebenernya saya lebih enak taraweh di rumah. Tapi pasti rasanya lain.

Yang penting sehat semua ya sampai lebaran datang dan corona pergi. Amiiin

Selamat puasa buat yang menjalankan 🌷

Nonton Apa Aja

Selama masa WFH, ada beberapa program yang saya jadi hobi nonton, padahal biasanya ga pernah nonton. Contoh, saya jadi suka nonton Crikey it’s the irwins. Tayangan soal keluarga Irwins yang mengurus Australia Zoo. Yang bikin saya jadi kepengen ke sana. OMG ya, hewan yang ada di Australia Zoo sungguhlah lucu semua. Terus setiap episode, ceritanya menarik banget.

Kemaren ada satu cerita sedih, jadi mereka mesti suntik mati salah seorang Zebra, karena dia udah tua dan giginya rusak 😦 Kalo dia dibiarin hidup bakal lebih kasian lagi. Seluruh petugasnya nangis, jadi saya juga ikutan berlinang air mata 😦

Terus, episode ketika mereka operasi gigi beruang, kawinin koala, kawinin harimau sumatera, yang mana mesti cek si harimau hamil apa engga melalui kotorannya. Dan itu katanya bau banget parah kotoran harimau, karena mereka makan tulang belulang. Kenapa juga mesti saya bahas. hehe.

Pelepasan buaya dari satu kandang ke kandang lain, operasi burung yang kakinya patah, nyelam ketemu hiu paus untuk pasang chip di badannya. Dan hiunya dinamain Steve, Bindi (anaknya Steve Irwin yang paling tua) bilang supaya ingetin itu sama Bapaknya. 😦

What a lovely program

Selain itu saya juga suka nonton video pijat bayi, hahaha. Bukan karena saya mau latihan, tapi saya seneng si bayi ketawa – ketawa pas dipijit.

Terakhir, saya juga hobi nonton video chiropractic. Khusus untuk ini, saya cari video ketika ada progress yang terlihat, misal dari yang tadinya jalannya bungkuk sampe jalannya tegap, etc.

Sekian dulu ngalor ngidul hari ini. Stay healthy!

Tip(s) Mencuci Piring Mudah Setelah Memasak

Hai semua, berdasarkan pengamatan dan cerita yang beredar di media sosial. Jadi, banyak ya yang hobi masak. Gimana? Masak menyenangkan bukan?

Tapi, ada beberapa keluhan yang saya baca seiring dengan hobi yang meningkat ini, yang paling sering adalah malas/cape cuci piring habis masak. Atau malas bebenah dapurnya. Di bawah ini ada tips ala saya, supaya cuci piring beserta perabot masak tidak terlalu melelahkan.

1. Find a helper. Ini pasti sangat membantu ya 🤭 Bisa itu pasangan, anak, adik, kakak. Siapa aja! Dijamin masak semakin mudah.

2. Dicicil. Bukan cuma rumah atau mobil, tapi cuci peralatan masak dan makan juga bisa dicicil. Caranya adalah, cuci sedikit demi sedikit. Jangan nunggu semua numpuk. Sebagai contoh, ketika saya masak telur dadar. Setelah bawang, cabe, dan telur dikocok, sambil menunggu minyak panas, saya cuci talenan dan pisau. Begitu minyak panas dan kita tuang telurnya ke penggorengan, kita bisa cuci mangkuk bekas kocok telur. Selesai cuci mangkuk, telur bisa dibalik.

3. Be efisien dalam menggunakan peralatan masak. Misal hari ini kamu mau masak 3 jenis masakan, coba pikirin ada berapa peralatan yang bisa dipakai secara bersamaan? Kalo mau blender/uleg bumbu, bisa ga dibikin sekalian, atau ulegnya gantian. Mana duluan yang bisa diuleg dan ga mempengaruhi bau bumbu masakan lainnya, misal. Bisa juga pakai wajan yang sama. Saya hari ini masak telur dadar, tumis brokoli tofu, dan balado kentang, dan penggunaan penggorengan persis seperti urutan di atas.

4. Kalo bikin kue (panggang), peralatan baking bisa dicuci sambil menunggu oven panggang kuenya. Bikin waktu menunggu tidak terasa lama, dan cucian ga numpuk. 😉

Yang bikin males cuci peralatan makan dan masak itu biasanya karena cuciannya udah menggunung. Jadi, ngeliatnya aja udah males terus bayangin cucinya 😂

Kurang lebih begitu tip dari saya, saran diatas bisa diterapkan untuk masakan 1-5 porsi, bukan buat catering ya 🙈

Selamat jadi home chef ya.👩‍🍳👨🏻‍🍳