2 Jam Mendaki demi Wae Rebo

Hi kawan, apa kabarnya? Semoga dalam keadaan baik.

Minggu lalu, saya dan suami pergi mengunjungi Flores, NTT. Salah satu highlight dari perjalanan itu adalah, mendaki gunung selama dua jam, untuk melihat desa Wae Rebo.

DESA Wae Rebo di Flores, NTT yang terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini layaknya sebuah surga yang berada di atas awan.

Wae Rebo, I Love you

Wae Rebo is an old Manggaraian village, situated in pleasant, isolated mountain scenery. The village offers visitors a unique opportunity to see authentic Manggarai housing and to experience the everyday life of the local community. In the village of Wae Rebo, visitors can see mbaru niang – traditional, circular cone-shaped houses with very unique architecture. Nowadays, it is still a place to hold meetings, rituals and Sunday-morning prayers together. source: http://florestourism.com/districts/wae-rebo-village/

Sungguh penuh perjuangan untuk bisa mencapainya, terutama bagi mereka yang jarang olahraga. Saya tiba di sana setelah mendaki kurang lebih 9km selama dua jam, (agak congkak memang, sedangkan suami tertinggal 30 menit di belakang saya, hueheheheh).

Iya mendaki, karena memang selalu menanjak jalannya 😦 Udah gituuuu, ditambah dengan hujan, awalnya rintik – rintik imut, lalu lama kelamaan menjadi cukup deras. Sedihnya adalahhhhh, jas hujan saya titip di tas suami, mungkin ini balasan dari Tuhan kepada saya yang meninggalkan suami di belakang, wkwkwkwwk….

Saya dan rombongan yang di depan, selalu penasaran. Ini kapan sampenya siiih, perasaan kita kalo berenti cuma sekadar minum seteguk – dua teguk lalu lanjut jalan lagi. ahhahaahah… Pernah satu kali, kami ketemu orang yang turun gunung, si kakak itu bilang 15 menit lagi pasti sampe, tapi kenyataannya kami baru sampe 45 menit kemudian :/

Halo, kami siap mendaki.
Mohon maaf pria berkaos macan, istrimu meninggalkanmu 😀

Ingat, hutan hujan di Indonesia itu lembab jadi penuh dengan pacet atau lintah. Seumur hidup baru kemaren di Flores saya ketempelan pacet beberapa kali, hehehe.. Ga ada rasanya ternyata ketempel pacet, pas mereka diambil dari kaki saya juga ga ada rasa sakitnya, cuma geli aja gendut – gendut gitu.

Apakah semua terbayar setelah berjalan selama dua jam? Ya, terbayar. Alhamdulillah. Saya bersyukur pernah pergi ke Wae Rebo. Hal yang tidak akan saya sesali walaupun basah kuyup, kalo cape siihhh yaaahhh kecil lah (sombong to the max ahahahaah).

Baru mulai aja udah nanjak

Ngaso dulu sambil minum seteguk dua teguk

Ini beberapa barang yang harus kalian bawa kalo mau mendaki ke Wae Rebo

  1. Sepatu mendaki, mengingat kita akan melewati hutan yang cukup lembab dan licin, saya pake sendal jepit waktu itu. Untung ga kenapa – kenapa :/
  2. Jas hujan. Siap selalu jas hujan di tas kamu sendiri, jangan dititip di tas orang lain. Belajarlah dari pengalaman saya :p
  3. Tas anti air. Kalo punya, kalo ga punya coba beli deh di Tokopedia. Note: Ini bukan postingan berbayar. Wehehehe
  4. Air minum. Percayalah, kalian akan sangat membutuhkan ini! Tapi bawa secukupnya aja ya, kalo emang hausan banget, 1 liter cukup, tapi kalo emang ga terlalu haus, bawa aja 500ml.
  5. Topi. Supaya ga kepanasan
  6. Tembakau. Fungsinya untuk dioles ke seluruh bagian tubuh yang terbuka supaya ga ketempelan pacet/lintah.
  7. Tongkat. Sangatlah amat membantu dan berguna tongkat ini ketika kita mendaki.

Sedikit saran, untuk temen – temen yang baru pertama mendaki. Ketika istirahat, jangan langsung duduk, kalo mau nyender boleh, tapi jangan terlalu nyaman. :p maksudnyaaa nyender ke batu gunung. Lalu, jangan kelamaan berenti, supaya heart rate kalian ga turun drastis. Jadi, pas mulai mendaki lagi ga terlalu deg – degan seperti di awal. Ingat selalu untuk menghirup nafas yang panjang.

Sementara, ceritanya segitu dulu. Kalo saya sempet, saya ceritain lagi kehidupan di sana seperti apa ya.

Kiss and Love

Iklan

11 respons untuk ‘2 Jam Mendaki demi Wae Rebo’

  1. ndu.t.yke Februari 4, 2019 / 12:00 pm

    Buset ji, napa pake sendal jepit banget sik, wkwkwk…. untung gak putus.

    • Puji Februari 4, 2019 / 2:02 pm

      akuuuuu bawa sepatu, tapiiii takut sepatuku kotorrr mbayuuu.. Lalu, akhirnya sepatu ku kotor juga pada akhirnya. hikssss. alhamdulillah lancar menggunakan sendal jepit.

      • ndu.t.yke Februari 4, 2019 / 2:42 pm

        Ahahahaha kan sekarang ada jasa cuci sepatu toh? 30ribuan perpasang. Ya kamu sih, beli sepatu keds kok merk Gucci. Kan jadi sayang mau dipake kokotoran…. #nuduh

      • Puji Februari 4, 2019 / 2:44 pm

        aduuuh kalo aku beli gucci, mon maap, aku bakalan pake plus pasang plastik di luarnya hahahaha

      • ndu.t.yke Februari 4, 2019 / 2:57 pm

        Wkwkwkkw tiati kepleset dong klo pake plastik.

  2. denaldd Februari 4, 2019 / 1:19 pm

    Ji, Amazing bukan hanya foto Wae Rebo nya tapi juga ngelihat sandal jepitmu yg unyu buat mendaki. Super mbak Puji ini 😁

    • Puji Februari 4, 2019 / 2:03 pm

      pinky slipper hihihi….

  3. zilko Februari 4, 2019 / 2:30 pm

    Huaaa, iya itu pakai sandal ya hikingnya!! Mantab bener!! Hahahaha 😀 .

    Memang lumayan perjuangan juga ya, mendaki gunung, hujan, plus banyak pacet dan lintah pula!

    • Puji Februari 4, 2019 / 2:44 pm

      padahal, awal naik suasana gerah. karena kan beneran kaya olah raga ya, eh terus hujan. jadi basah kuyup.

  4. photostake1122 April 13, 2019 / 2:59 am

    Berkunjung kesana harus pakek guide ya mbak? Hihihi

    • Puji April 15, 2019 / 1:00 pm

      Hai, iya harus pake guide

Tinggalkan Balasan ke ndu.t.yke Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s