Tes MBTI

Teman – teman, mungkin ada yang belum tau apa sih Tes MBTI itu?

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dibuat demi mengkategorikan individu melalui jawaban pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan berdasarkan interpretasi Jung perihal empat fungsi inti psikologi: extraversion vs introversionintuitive vs sensingfeeling vs thinking, dan judging vs perceiving. Setelah selesai, kamu akan diberikan barcode empat digit (INFJ atau ESTP), dan setiap huruf melambangkan kecenderungan pribadi kamu di setiap spektrum yang disebut di atas, yang nantinya terbagi menjadi 16 tipe kepribadian yang berbeda-beda. (dikutip dari Vice)

Pertama kali saya tes ini, hasil saya ENFP. Tapi, beberapa hari yang lalu ketika tes hasil saya berubah menjadi Ixxx (lupa) hahahaha..

Loh ko bisa beda? Terus cukup drastis dari E jadi I. Saya ga khawatir si sebenernya, cuma kepo aja. Apalah artinya 4 huruf tersebut dibandingkan kehidupan saya yang sebenernya ya kan 😀

Setelah saya coba google mengenai hal ini dan saya menemukan tulisan menarik dari VICE.

Silakan dibaca sendiri :p

https://www.vice.com/id_id/article/j5g8bk/tes-kepribadian-myers-briggs-sebetulnya-cuma-omong-kosong

Kalo mau diskusi di komen silakan.

See you

Iklan

22 respons untuk ‘Tes MBTI

  1. deadyrizky November 2, 2018 / 11:04 am

    baru sebulan yang lalu ikutan ini di salah satu tes untuk memetakan kompetensi pegawai
    sayangnya hasilnya gak bisa diketahui
    huft

    • Puji November 5, 2018 / 10:49 am

      Bisa ikutan sendiri ko, banyak yang online.

  2. ndu.t.yke November 2, 2018 / 12:00 pm

    Wkwkwkwk disamain ama kuisnya BuzzFeed 👀🤣🤣

    • Puji November 2, 2018 / 2:57 pm

      HAHahahaa

  3. denaldd November 2, 2018 / 12:51 pm

    Aku pernah sampai menyediakan waktu khusus untuk tes ini karena pertanyaannya banyak dan harus dibaca teliti. Setelah ketahuan hasilnya, ya cukup akurat juga, maksudnya mendekati. Waktu itu lagi rame kan tes ini, jadi penasaran trus nyoba. Nah, setelahnya ga kuingat2 hasilnya apa lalu lupa haha. Mau ngulang lagi males, pertanyaannya segambreng gitu. Jadi, ya sudahlah. Tes2 gini buatku memang sambil lewat saja. Yg lebih tahu ttg kepribadianku yg diriku sendiri. Seiring berjalannya waktu, seseorang bisa berubah. Yang paling aku ingat adalah hasil tes : aku ini Koleris kuat dan melankolis. Nah aku ingat nih hasil tes yg ini. Tapi tetep, itu ga pernah kujadikan pijakan. Cukup tahu saja. Bukan karena ga percaya, tapi aku lebih percaya bahwa seseorang bisa berubah karena umur, kondisi lingkungan, pengalaman hidup dll. Jadi hasil tes pun bisa saja berubah. Makanya buatku yg terpenting adalah aku sendiri yg paling tahu ttg diriku.

    • Puji November 5, 2018 / 10:48 am

      Mba, aku setuju banget sama ini. Tes2 gini buat selingan aja hehe… Aku pernah juga ikutan tes Koleris, etc. Hasilnya Sanguinis. Makin ke sini aku juga makin merasa bahwa kondisi di sekitar aku mempengaruhi pandangan dan sikap aku akan beberapa hal.

  4. zilko November 2, 2018 / 2:28 pm

    Setahuku itu per kategorinya sebenarnya spektrum kan, bukan “biner” I ya I, E ya E. Jadi katakanlah spektrumnya dari skor 0-100 (0 untuk I dan 100 untuk E, misalnya), dan batasnya adalah 50. Kalau sebelumnya di 52 ya disebut E, kalau kemudian di tes selanjutnya turun dikit jadi 48 bakal kemudian “ganti” ke I, padahal turunnya cuma dikit, paling gara2 beda jawab di 1-2 pertanyaan 😛 . Makanya kalo ga salah ada kategorisasi lebih lanjut lagi semacam extrovert introvert, atau introvert extrovert, hahaha 😛 .

    Beberapa tahun yang lalu tes ini kan sempat booming ya. Dan yang mana kalo nggak salah trus datanya digunakan untuk macam-macam gitu…

    • Puji November 5, 2018 / 10:49 am

      I see, ya bener. Bisa jadi aku berubah di dua atau bahkan satu jawaban aja. hehe…

  5. Justisia Nita November 2, 2018 / 3:51 pm

    Aku kayak Mbak Deni yg lebih percaya klo kepribadian itu kita yang bangun bukan saklek dr awal.. Hasilnya bisa berubah2 krn kita akan berubah seiring dgn pengalaman dan pengetahuan.. Jadi ikutan tes ini jangan dijadikan saklek kita akan gitu mulu, cm ketauan aja saat ini kita dlm keadaan yg mana.. Hasilku INTP, hehehe, lumayan cocok dan lumayan nyaman dlm range ini.. Kalau aku tes bbrp tahun lalu saat hidupku meletup2, hasilnya pasti beda..

    • Puji November 5, 2018 / 10:50 am

      Dipengaruhi kondisi kita saat itu juga ya Mba

  6. Crystal November 2, 2018 / 5:53 pm

    Aku INTJ udah sejak beberapa tahun lalu… bener kata Zilko, ini tuh semacam spektrum gitu lho hasilnya. Jadi gak ada yang 100% benar. Sayangnya banyak orang yang terlalu obsesi dengan tes ini sampe dia sifatnya jadi sok2 ngikutin empat huruf yang jadi hasil tesnya itu. Atau nyama2in orang dengan hasil tesnya, berujung pada generalisasi.

    • Puji November 5, 2018 / 10:50 am

      Padahal, meskipun hasil 4 huruf itu tetep aja ga bisa digeneralisir ya kaaann. 😀

      • Crystal November 8, 2018 / 8:01 pm

        Iya karena kan spektrum. Sayangnya banyak orang jadi stereotype-kan tiap huruf. Kayak aku INTJ, dibilangnya “villain” karena di tokoh2 fiksi, yang antagonis selalu INTJ :p

  7. Susleni November 2, 2018 / 9:08 pm

    Lagi seru-seru bacaa malah dikasih link…
    Hahaha…
    Baeklah mbak, cok aku baca dulu yaaa…
    Seru kek nya ini….

    • Puji November 5, 2018 / 10:50 am

      hahaha

  8. Lorraine November 3, 2018 / 12:01 am

    Tes ini beberapa tahun terakhir ngetrend banget yah Ji. Bahkan sebagian orang pasang kepribadian mereka yang terdiri dari 4 huruf ini di bio media sosialnya. Dan di situ aku kadang eng gimana ya, suka penasaran tapi males baca penjelasan kombinasi 4 huruf itu pasangannya karakter seperti apa karena aku ngga hapal 16 kepribadian menurut tes ini ha…ha..

    • Puji November 5, 2018 / 10:51 am

      Aku isi ini awalnya sekitar 4 tahunan lalu Mba, hehe…. Supaya keren mungkin pasang kombinasi 4 huruf itu 😀

  9. febridwicahya November 3, 2018 / 10:48 pm

    Saya kayaknya pernah nyoba tes-tes gitu deh. Habis dapet 4 hurufnya dan baca detail sifatnya, sempat ngerasa ‘lah, kok bener?’ habis itu, yasudah. Biasa saja wgwgw :p

    • Puji November 5, 2018 / 10:51 am

      ya, just for fun.

  10. Ira November 4, 2018 / 9:08 pm

    aku setuju sama komennya Zilko, karena setahu dan sepemahamanku pun MBTI ini bentuk hasilnya adalah spektrum Mbak Puji, jadi kalo misalnya di tes yg terdahulu spektrum kita rata-rata di 47-55% masih bisa fleksibel banget buat berubah.
    Sepemahamanku, sesungguhnya core kepribadian orang ga akan berubah tetapi ada beberapa sifat yang bisa berubah sepanjang hidup karena adanya pengalaman, pengetahuan, dan perkembangan dari kepribadian orang tersebut. Makanya tes kepribadian pun jadi ga bisa dilihat dari satu sisi aja, tapi perlu diperhatikan dari berbagai sisi 😀 .

    • Puji November 5, 2018 / 10:52 am

      saya percaya sama ibu psikolog 😀

      • Ira November 5, 2018 / 5:08 pm

        😆😆😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s