Menahan Diri

Tulisan ini adalah cerita pribadi tentang menahan diri.

Beberapa minggu yang lalu saya meyakinkan diri untuk tidak selalu memenuhi apa yang saya mau. Beberapa bulan belakangan, saya merasa sedikit lost control. Saya makan/jajan apapun yang saya mau, beli apapun yang saya mau walau ga butuh. Menahan diri juga untuk suka marah dan cepet emosi dengan lirikan tajam atau menaham ekspresi muka ketika lagi kesel (paling susah nih) 🀣

Makan atau jajan sebenernya gapapa, tapi di kasus saya ini yang saya lakuin seringnya ga baik buat tubuh. Sebulan belakangan ini saya rajin jajan bakso samrat (yang mana enak bangettttt), beli bebek goreng slamet, sempet setiap hari beli risoles isi smoked beef 2 (sekarang udah tobat) dan makan gorengan lainnya. Ga sehat banget (tapi enak). Gara-gara itulah saya mendisiplinkan diri untuk ga selalu “beli” apa yang saya mau.

Bulan lalu parah banget deh, semua dimakan, ga mikirin minyaknya, ga mikirin gulanya. Mulai sekarang, akan mikir apa yang dimasukin ke tubuh. Harus balance, harus seimbang. Jangan keenakan makanin bebek goreng slamet sama kol goreng terus.

Saya lagi kurangin makan nasi loooh, udah berhasil senin-jumat. Lalu, sabtu mulai makan nasi lagi karena saya nginep di rumah mama dan dengan kesadaran penuh request dibuatin Rendang. Dengan kesadaran penuh juga saya makan nasi dan bumbu rendang yang banyak. 😁

Kalo soal nahan emosi mau ngamuk alias marah, saya suka ingetin diri sendiri bahwa jangan terlalu galak. Bisa jadi, orang yang saya akan marahin atau galakin lagi sedih, depresi atau stress. Kemarahan saya akan buat dirinya tambah stress atau sedih, nanti.

Hari ini saya keliling mall, ada bazaar makanan yang jual siomay, pempek, dsb. Dua makanan yang saya sebutkan merupakan makanan favorit saya. Tapi, saya inget minggu lalu saya udah makan pempek. Saya bisa bikin siomay yang menurut saya enak (banget) (Boleh dong muji diri sendiri). Nanti bikin sendiri aja. Mau jajan chatime tapi inget gulanya dan harus sadar bahwa ga minum chatime juga aku bisa πŸ˜‰

Lalu, ada juga tadi anak kecil yang main lari-larian sambil teriak berisik banget di tempat tas&sepatu. Nahan diri banget tuh saya untuk ga ngedumel hahahahaha…

Udah ya, segini dulu. Semoga hari weekendmu menyenangkan.

XoP (XO Puji) πŸ€—

Iklan