Jangan Malu Untuk Mulai Olahraga

Saya sebenernya cukup rutin & suka olahraga (walaupun bukan yang freak atau super kuat), hal ini diawali dari waktu saya SMP ikut kegiatan ekstrakulikuler basket, sebenernya ikutan pramuka juga sih. Tapi yang dirutinin ini ya basket sampe SMA juga. Pas SMP, pernah ikut seleksi Popda (Persatuan Olahraga Pelajar Daerah) tapi cuma lolos sampe seleksi awal. hehe.. See, saya ga jago dan kuat banget. cuma suka aja πŸ™‚

Masuk kuliah, sebenernya saya juga pengen ikut basket tapi jadwal latihan yang jauh banget dari rumah bikin saya mengurungkan niat tersebut. Praktis, semenjak kuliah saya hampir ga pernah olahraga. Parah banget, jangan diikutin!

Fast forward ke sekitar 3 tahun lalu waktu saya mulai olahraga rutin lagi, lokasi tempat gym yang hanya sepuluh langkah kaki bikin saya rajin banget olahraga tiap minggu. Namun, lokasi kantor saya mesti pindah. Ada sih yang nawarin gym di hotel sebelah kantor, tapi banyak yang bilang tempatnya kecil dan kurang nyaman. Saya urungkan niat untuk join membership, sampai akhirnya lokasi kantor pindah lagi dan beberapa bulan lalu saya join di gym deket kantor.

Kebanyakan saya ikut kelas, supaya latihan ssaya terarah. Selain itu, sayaΒ  juga lagi rutin ikut training lari (thank you Mba Eva rekomendasi appsnya).

Berikut sedikit pengalaman saya pribadi soal mulai olahraga lagi:

1.Jangan Malu. Biasa kita ngerasa malu untuk mulai olahraga lagi, yang paling standard sih malu (sebenernya lebih ke males sih kalo saya) sama lingkungan sekitar yang mungkin akan bilang kita sok sehat, sok sporty, dsb. Cuekin aja. Kita ga minta mereka bayarin kan? πŸ˜€ Atau malu untuk nanya cara gunain suatu alat gimana, kalo malu banget untuk nanya, bisa diakalin dengan perhatiin ketika orang lain pake alat tersebut.

2. Jangan Takut. Jadi gini maksudnya, kalo kita lagi di track treadmill gitu misal kita bakal jiper “Aduh kalo nanti gw kebanyakan jalan daripada lari terus diliatin dan dicibirin orang gimana?” atau baru ikut kelas zumba misalnya “Aduh, kalo gw ga bisa ikutin gerakannya gimana? atau menjadi yang paling kaku gimana.” Tenang aja guys, ga ada yang berpikiran seperti itu karena apaaa? Karenaaaaaa rata – rata orang yang olahraga sama kamu juga lagi sibuk ngatur napas mereka, ngikutin gerakan, dsb. Ga ada waktu buat mikirin orang lain.

3. Tentukan Tujuan.Β Tentukan tujuan mau olahraga supaya apa? Supaya bisa lari lebih cepet, supaya badan bisa lebih lentur karena yoga? supaya lebih berotot? atau supaya kurus? Ini bisa pengaruh juga selanjutnya ke jenis olahraga yang kamu pilih

4. Pilih yang kamu suka. Ga semua orang yang mampu angkat beban itu kuat lari yang lama, dan sebaliknya. Ga semua orang yang rajin yoga itu suka atau bisa bulutangkis, misalnya. Coba dulu beberapa olahraga yang kamu minati, dari situ nanti bisa ketahuan mana yang paling kamu suka sampai dengan ke yang paling kamu tidak suka

5. Tidak bisa hanya ada di pikiran.Β Selain karena sakit / cedera, sebenernya tubuh kita diciptakan untuk memiliki daya tahan yang sangat kuat. Kadang, yang merasa ga mampu itu kita sendiri πŸ˜€

6. Dengarkan tubuhmu.Β Dengarkan tubuhmu kalo lagi malas olahraga, boleh diikutin ko malasnya. Ya tapi jangan malas terus – terusan sampe setahun atau bertahun – tahun. πŸ˜€

7. Ciptakan variasi.Β Ini supaya ga jenuh, bisa variasi jenis olahraganya, pilihan harinya. Beberapa bulan lalu, saya rutin latihan senin, rabu, jumat. Sekarang saya lagi ganti ke Senin, Rabu, Kamis atau Selasa, Rabu, Kamis. Buat variasi juga bisa dengan lagu yang kita dengar ketika kita berolahraga.

Kayanya segitu dulu, ini ga bermaksud untuk sok – sokan. Saya cuma pengen sharing aja hal tersebut berdasarkan pengalaman pribadi. So far, saya mampu bertahan (ga bosen) di treadmill selama 30 menit ini progress yang cukup signifikan menurut saya karena sebelumnya cukup 15 menit aja udah bosennnn…

Sebagai selingan, saya juga ikut body balance atau pilates, tetep belom terlalu lentur juga hahahaa… Tapi, saya merasa happy bisa betah di kelas selama 1 jam.

Target / tujuan orang untuk olahraga pastinya bersifat personal, tapi kalo kita bisa mulai dari sekarang kenapa engga? Yuk, mulai olahraga lagi. Kapan terakhir kamu olahraga?

39 thoughts on “Jangan Malu Untuk Mulai Olahraga

  1. kutubuku November 7, 2017 / 1:32 pm

    Hear hear, ji. Aku juga dulu malah benci banget olahraga waktu sekolah, walau sempet gabung klub basket semasa SMA, tapi setelah itu udah lepas kayak bebas gitu ga ada pelajaran olahraga.

    Baru2 aja nih kena sports bugnya, sekitar 4 tahun yang lalu juga, mulai lari, lama2 ikut pilates juga sekarang 4x seminggu, larinya dikurangin cm 2x aja (sayang lutut).
    Aku perhatiin di fitness center di Indonesia banyak banget yang nongkrong2 buat ngeliatin orang emang, boro2 pada sibuk sendiri hahaha, terus soal malu nanya mah aku nggak, muka badak haha.

    Aku kan sejatinya nggak pernah ya masuk gym, kecuali kalau pas di rumah di Surabaya, jadi pertama kali masuk gym pun nanya2 sama mas2nya, gimana cara operasiin alat ini dan itu, toh sama masnya dibantuin, diarahin gimana mestinya latihannya, berapa rep dst… jadi bener, jangan malu. Muka badak aja, yang sehat kan kita, Β΄biar yang nyinyir mereka πŸ˜›

    Tetep olahraga terus ya Ji!

    • Puji November 7, 2017 / 3:16 pm

      Untungnya di tempat fitness aku ga ada yg bergerombol hehe..

      Untuk yang lari, aku mau challenge my self jadi masih konsisten ikut latihan dari app πŸ˜‚

      Semangat Mbaaa

  2. zilko November 7, 2017 / 2:29 pm

    Orang mau sehat kok dibilang sok-sokan ya. Kalau ada yang ngomongin gitu mah cuekin aja. Kalau nantinya nggak sehat trus (amit-amit) sakit, yang menderita siapa juga kan ya? Hahahaha πŸ˜› .

    Anyway, aku dulu sewaktu SMP-SMA justru ga begitu suka olahraga. Begitu pindah Belanda baru mulai (pelan-pelan) rutin. Dua faktor yang terakhir penting banget itu supaya bisa long term ya πŸ™‚ .

    • Puji November 7, 2017 / 3:16 pm

      Itulah sebagian besar orang sini (sayangnya). Rutin main tenis ya Ko, aku ga pernah serius belajar tenis, jadi ga bisa haha

  3. Emaknya Benjamin br. Silaen November 7, 2017 / 3:02 pm

    Kalau bisa ke gym bagus, maksudku yg serba bayar bikin kita terpacu harus pakai (olahraga) kan sdh bayar. Klo aku olahraga setelahnya jadi laparnya dobel, makannya ngebut ya percuma aja badan tetap gemuk deh haha πŸ˜† .

    • Puji November 7, 2017 / 3:17 pm

      Ngurus dua bocah mayan olahraga ya Mba Nel πŸ˜‹

  4. denaldd November 7, 2017 / 3:11 pm

    Baru sampai rumah nih Ji dari jalan pagi ke danau. Lumayan, dingin 1 derajat, trus pilek haha. Tapi mataharinya nongol. Berharap bisa makan nasi uduk setelah olahraga, apadaya yg ada buah 😁. Sementara olahraganya jalan kaki aja, lumayan 5km an. Kelas Yoga juga sudah selesai, tapi diusahakan tiap hari latihan sendiri di rumah. Sama sepedahan yg deket2.
    Semangat Puji olahraganya! Yang penting dibawa gembira. Percuma juga kalo olahraga tapi terpaksa, jadinya malah beban. Olahraga itu beneran enak buat badan dan mood.

    • Puji November 7, 2017 / 3:17 pm

      Mba, 5Km satu jam? Aduuh ku rindu udara dingin-dingin gimana gituuu πŸ˜†
      Yes, setuju. Harus bawa happy dan ga terpaksa.

      • denaldd November 7, 2017 / 3:22 pm

        Iya, sejam. Jalannya cimik2 soalnya haha plus duduk2 santai dulu di danau lihat angsa2 sama oma opa olahraga kayak Taichi gitu. Mumpung matahari nongol.

      • Puji November 7, 2017 / 7:47 pm

        Kalo di total lari aku sejam kurang lebih 6,5km maksimal 7km. Oh emji aku berasa kaya siput dibanding Mba Den yg jalan kaki hahaah (plus liat angsa dulu)

      • kutubuku November 7, 2017 / 8:00 pm

        Ga usah dipikirin Ji, yang penting kuat dulu lari nonstop. Lama2 pasti bakal cepet

      • Puji November 7, 2017 / 8:03 pm

        Sipp mba, itu yang jadi imanku. Yang penting aku bisa nonstop lari sepelan apapun 😘

  5. ardiantoyugo November 7, 2017 / 3:37 pm

    mulai sekarang udah lari lagi… mayan lah kisaran 5 sampai 6 km… udah ngos ngosan… πŸ˜†

    • Puji November 7, 2017 / 3:41 pm

      Hebat πŸ‘πŸ»

  6. mysukmana November 7, 2017 / 4:01 pm

    alhamdulillah olah raga saya renang πŸ™‚

    • Puji November 7, 2017 / 7:47 pm

      Sampe sekarang itu belom berhasil aku taklukkan 😞

  7. ndu.t.yke November 7, 2017 / 4:04 pm

    Tahun lalu kayaknya, hehe. Ini udah mesti ngerutinin olahraga lagi, krn udah usia kandungan 7 bulan. Buat stamina spy ga terlalu gampang capek.

    • Puji November 7, 2017 / 7:48 pm

      Semangat jalan kaki πŸ’ͺ🏼

  8. shiq4 November 7, 2017 / 4:22 pm

    Wah saya dah lama nggak olah raga. Sebenarnya udah mau mulai tahun ini, tapi karena faktor kesehatan dan masih rutin minum obat sehingga belum bisa mulai olahraga. Maunya ygringan saja dulu seperti lari pagi secara rutin. πŸ˜€

    • Puji November 7, 2017 / 7:49 pm

      Lari pagi kalo bisa secara rutin itu hebat loh, soalnya bisa konsisten πŸ‘πŸ»

  9. Lorraine November 7, 2017 / 6:11 pm

    Kemarin aku Thai boxing & weight lifting. Aku sekarang suka olah raga karena enak rasanya setelah selesai olah raga. Lagipula aku musti olah raga karena suka makan ha…ha…Aku ke gym 3 – 4/minggu terus naik sepeda dan sering jalan kaki. Aku olah raga biar badan fit & toned bukan mau kurus btw.

    • Puji November 7, 2017 / 7:50 pm

      Oh iya, mestinya itu alasan aku juga SUKA MAKAN πŸ˜‚
      Duh mba aku pengen banget kemana-mana pake sepeda macam di Belanda😍
      Aku baru pernah 1 kali thai boxing. Seru dan suka banget πŸ’ͺ🏼
      Semangat πŸ’ͺ🏼

      • Lorraine November 8, 2017 / 1:11 am

        Ya. Aku mulai weight lifting, bbg sejak 3 tahunan lalu, sebelumnya jogging beberapa tahun ternyata lututku agak lemah. Baru beberapa bulan ini aku gabung juga thai boxing. Selain banyak olah raga, aku usaha juga untuk cari info tentang nutrisi. Bukannya mau jadi health freak tapi mau tahu makan apa yang mendukung badan selalu fit. Karena mau badan fit & toned tapi makan yang ngga bernutrisi ya sama aja bohong πŸ˜€

  10. Crystal November 7, 2017 / 6:14 pm

    Mbak Puji, aku dari dulu paling malas olahraga. Olahraga yang aku suka cuma berenang, dulu pas di Indonesia sih rutin ke sports club seminggu 1-2 kali untuk berenang, sekarang di Belanda udah nggak pernah 😦 Pengennya sih sekarang ikut kelas zumba karena suka joget (dulu waktu SMP pernah ikut ekskul modern dance), tapi belum punya kemauan kuat nih.

    Sekarang ini aku lagi suka-sukanya bersepeda ke kantor dan ke rumah. Setiap hari aku bisa dibilang sepedaan 10 km pulang pergi kantor-rumah, dengan waktu kurang lebih 30 menit sekali jalan. Berarti aku sepedaan kurang lebih 1 jam setiap harinya.

    • Puji November 7, 2017 / 7:51 pm

      Tapi kehidupan di Belanda cukup sehat ya Crys. Semoga bisa mulai olahraga rutin lagi πŸ‘πŸ»πŸ’ͺ🏼

  11. joeyz14 November 7, 2017 / 11:44 pm

    Wah nampol banget postingannya ji. Aku lagu vakum udah 5 bln kali…ya ampunnn. Sempet lari pagi tp males lagi…kangen Muaythai…tp nda bisa lagi sejak kecelakaan. Ciyeee anak basket nih yeeπŸ˜ƒ

  12. dani November 8, 2017 / 6:37 am

    Berarti emang saya yang bebal ya Mbak, gak pernah peduliin cicilan orang. Hahahhaa. Dulu mau lari straight sepulang kantor orang2 dah pada heboh komen. Pun pas di atas treadmill saya gak kepikiran sama sekali sama komen orang. Hahaha.

    Saya paling suka berkeringat meskipun not necessarily hobi olahraga. Paling suka sih jalan kaki. Dan oiya, saya paling suka sama bagian kalo tubuh kita itu diciptakan sangat kuat dan kadang semua cuma di pikiran kita kalo kita gak kuat. Bihihihihik.

    • Puji November 8, 2017 / 5:58 pm

      Seandainya lingkungan kita memadai buat jalan kaki ya mas 😀

  13. Ata November 8, 2017 / 12:23 pm

    Aku juga baru mulai olahraga lagi Kak setelah vakum jalan pagi beberapa bulan terakhir. Setuju sama poin 4, karena dulunya sering nari jadi aku milihnya olahraga kaya Zumba gitu. Kalo seneng kan olahraganya ga terasa berat πŸ˜€

    • Puji November 8, 2017 / 5:59 pm

      Asik ya Zumba, walau aku kadang kelibet kalo gerakannya terlalu banyak haha

  14. kegagalau November 8, 2017 / 4:02 pm

    waaah. Kalau saya tiap hari jalan 10menit dan sit up serta push up masing-masing 20 kali tiap pagi. gak banyak sih cuma biar membantu metabolisme juga. gak untuk berotot atau kurus hahah

    • Puji November 8, 2017 / 5:59 pm

      Good job. πŸ‘πŸ»

  15. NisadanChicco November 8, 2017 / 8:11 pm

    Olgaku tiap hari berjibaku urusan anak dan rumah ahahaha anter jemput Bazyl les , sekolah , kepasar dll yg penting gerak badan.. kadang suka ikutan Cardio Lit nya si yulia baltschun .. ini baru daftar zumba cuma blm datang2 secara keburu capek πŸ˜…πŸ˜…

  16. inlycampbell November 9, 2017 / 5:08 am

    Aku kalau gak jalan kaki, yah sepedaan. Seengak-enggaknya gerak dan kena matahari.. Ini penting banget buat aku.. Herannya sejak di Blenheim, lebih sering gak enak badannya.. hahaha.. Walo kadang pegel2, tapi tetap kuusahakan minimal jalan kaki.. Lagi mau beli alat pengukur langkah, jadi minimal tahu setiap hari jalan berapa langkah..

    • Puji November 10, 2017 / 9:25 am

      Mungkin sering ga enak badan karena lagi penyesuaian ngeluarin semua toxic dari Jakarta hihi

      • inlycampbell November 10, 2017 / 1:09 pm

        Lamaaaa banget yahhh hahaha.. Aku sampe udah bosen lho gak enak badan mulu..

    • Puji November 10, 2017 / 9:24 am

      Kalo sepedaan malah berasa jalan – jalan ya πŸ˜€

  17. ryaaland November 12, 2017 / 10:58 am

    Wah saya juga ini sudah hampir 3 bulan gak lanjut renang gara gara ngikutin males akhirnya keterusan males πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

