Balada Ikan Sarden

Ga terasa udah puasa di hari ke 12 ya πŸ™‚

Tiba-tiba saya inget waktu awal baru nikah. Sering masak buat sahur yaitu ikan sarden. Sebenernya, sebelum itu saya udah lamaaaaaaa banget ga makan ikan sarden, karena mama ga pernah masak lagi. Seinget saya sekitar SMP lah terakhir mama masak ikan sarden.

Pas nikah, suami bilang kalo buat sahur masak sarden aja. Ya sekitar 50% saya masak sarden buat sahur beberapa tahun silam sesuai request suami.

Jadi, tiap weekend kita rajin beli ikan kalengan itu, buat di masak sahur. Dengan berbagai rasa, rasa tomat, rasa pedas, rasa kecap manis dan dari berbagai merk pula!

Masaknya tetep saya tambahin bawang putih, bawang merah, tomat, cabe rawit merah. Plus tumis sayuran. Atau kadang pake telor dadar.

Sekitar 3 tahun belakangan udah agak jarang masak sarden. Entah mengapa. πŸ˜‚ Mungkin kami bosan.

Apakah ada teman-teman yang dulu suka makan sarden? Atau mungkin sampe sekarang sering makan sarden? 

Iklan

30 thoughts on “Balada Ikan Sarden

  1. gegelin2 Juni 6, 2017 / 8:53 pm

    Aku jarang makan sarden mbak makanya pas sekalinya ada girang banget hehehe. Sarden kalengan juga. Tapi gorengnya tambahin bawang bombay.

    • Puji Juni 6, 2017 / 8:54 pm

      Tambahin cabe rawit merah dan bawang putih geprek deh ge. Enak πŸ˜‹

      • gegelin2 Juni 6, 2017 / 9:22 pm

        Bawang putih kayaknya enak.. Cabe rawit? Gak berani pedes, mbak πŸ˜†

      • Puji Juni 6, 2017 / 9:34 pm

        Oke ga usah pake cabe rawit πŸ˜…

  2. mrs muhandoko Juni 6, 2017 / 9:11 pm

    Waktu awal nikah, diwanti wanti sama mertua : sumamik alergi sarden, udang, sama belut.
    Padahal aku doyan banget sama yg namanya udang dan belut crispy. Huhuhuhu.
    Soal sarden, sama mbaaak. Awal2 nikah dulu nekat aja testing masak sarden. Ternyata ada merek tertentu yg ga bikin alergi buat sumamik. Masaknya ditambahin lagi pake rawit, sama bawang juga. Duh enak. Duh kok jadi pingin makan sarden sih. Hahaha

    • Puji Juni 6, 2017 / 9:32 pm

      Makan ayo makaaan. Jangan ragu-ragu πŸ˜€

  3. zilko Juni 7, 2017 / 1:08 am

    Hahaha, dulu sewaktu ngekos di Bandung aku juga makan sarden; soalnya praktis! Nggak sering sih tapinya, haha. Dan akhir-akhir ini nggak pernah lagi karena aku menghindari makanan yang sudah diproses begitu, apalagi kalengan >.< .

    • Puji Juni 7, 2017 / 4:41 am

      Makanan anak kos 😁

  4. mysukmana Juni 7, 2017 / 1:45 am

    Sarden most of my fav foods..tp malah sejak nikah jarang..sama istri jangan banyak2 makanan berkaleng..kurang sehat..hihii

    • Puji Juni 7, 2017 / 4:42 am

      Iya jangan terlalu sering mkn makanan kaleng 😁

      • sapienzadivita Juni 7, 2017 / 9:18 am

        Kalengnya kan dibuang kan ya mbak?

      • Puji Juni 7, 2017 / 12:30 pm

        iya dibuang

  5. fiberti Juni 7, 2017 / 2:13 am

    Iya mba. Kalau kepepet sarden adalah penyelamat…Tinggal dikasih bawang bombay dan paprika serta tomat sedikit so yummy. Tapi nggak berani sering2 kalau yang kalengan….

    • Puji Juni 7, 2017 / 4:42 am

      Harus dibatasi ya

  6. nola Juni 7, 2017 / 8:11 am

    Jarang bgt mba, tapi sekalinya masak sarden si suami makan nambah2 hahaha

    • Puji Juni 7, 2017 / 12:30 pm

      pake cabe ga? πŸ˜€

  7. imeldasutarno Juni 7, 2017 / 10:24 am

    aku ya kok jadi ngiler baca postingan ini mbak……cuss lah saya membeli sarden untuk sahur nanti.

    • Puji Juni 7, 2017 / 12:30 pm

      ayo bikin pake cabe rawit dan bawang plus tomat πŸ˜€

  8. kutubuku Juni 7, 2017 / 12:00 pm

    Aku demen banget ikan sarden waktu kecil, hahaha terus melongo waktu kucing temenku dikasih makan sarden.

    Disini sekarang masih ada sarden jual walaupun ga se spicy di Indonesia, aku masih dimasak lagi pake bawang putih sama cabe tambahn, terus dimakan pake nasi panas. Sedappp

    • Puji Juni 7, 2017 / 12:32 pm

      Di sana ada kerupuk ga Mba? Kalo tambah kerupuk makin nikmat πŸ˜€

      • kutubuku Juni 7, 2017 / 12:33 pm

        Kerupuk udang ada beli, aku tapi bawa sendiri dari Surabaya banyak.

      • Puji Juni 7, 2017 / 12:33 pm

        Waduuuuhhh kerupuk dari Surabaya. Amanlah ya persediaan makanan dari Indonesia untuk beberapa bulan ke depan πŸ˜€

  9. adhyasahib Juni 7, 2017 / 4:20 pm

    Ikan sarden adalah makanan penyelamat kalo lagi malas masak, gak usah bikin sayur juga krn udah ada kuahnya,hehe suamiku juga suka makan ikan sarden πŸ™‚

    • Puji Juni 7, 2017 / 8:53 pm

      πŸ˜‚ hidup sarden

  10. dian_ryan Juni 7, 2017 / 4:35 pm

    Aku jarang masak sarden mba, soalnya males sama bau amisnya 😦

    • Puji Juni 7, 2017 / 8:53 pm

      Ga doyan bau amis ikan ya Mba?

  11. inlycampbell Juni 9, 2017 / 2:47 pm

    AKu juga demen Sarden, Ji.. Biasanya mamaku beli merk tertentu aja.. cuma kan yang makan rame tuh kalau dirumah, jadi 1 kaleng aja pasti ga cukup, nah diakalin, kasih cabe rawit pastinya, plus soun yang sudah direndam, tomat blender gak terlalu banyak, dan dipakein kentang yang dipotong tipis2.. cukup aneh tapi enak haha

  12. dani Juni 13, 2017 / 12:34 pm

    Saya tak pernah makan ikan sarden karena memang tidak bisa makan ikan. Huehehe. πŸ˜€

  13. yayangneville Juni 14, 2017 / 10:52 pm

    Wah sama, dulu banget ibu suka masak ikan sarden Dan kornet klo sahur, duh jadi kangen sarden

    • Puji Juni 15, 2017 / 8:56 am

      ayo masak sarden πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s