People May Not Know Your Name, but Know Your Story

Terkadang saya baca tulisan atau status seseorang di sosial media. “Maybe you know my name, but not my story.” 

Tapi, nampaknya di era internet ini banyakan kebalikannya. Setidaknya begitu menurut saya. Orang tau cerita orang lain melalui internet, terkadang tahu cerita sangat detail. Namun, seringkali lupa namanya.

Hal ini bisa ditandai dengan “Eh, lo tau ga? Gw baca di facebook feed kalo ada orang begini begini loh, dia tuh begini begini begitu.”

Atau kejadian hari ini saya baca ada seorang wanita dilecehkan oleh abang Grab. Tentu, saya sedih dan berempati untuk mba tersebut. Bahkan, saya ingat ceritanya dengan detail dan runut. Namun, lagi. Saya tidak ingat namanya.

Kadang, kita pikir buat status asal-asalan atau status serius atau status penuh makna atau status penuh kode tidak ada yang baca. Sadarlah, wahai kawan! Pasti ada yang baca status tersebut. 

Kita ada era dimana orang banyak mengingat kita dari sosial media. Oh si A yang hobinya curhatin pasangannya yang selingkuh? Atau oh si B yang kerjaannya makan-makan terus? Si C yang selalu lembur di kantor, si D yang selalu selfie (padahal sebelumnya ga pernah selfie) karena makin kurus dan berharap ditanya.

Temen-temen, entah temen saya doang atau gimana. Banyak status mereka yang bener – bener cerita secara gamblang ranah pribadinya. Kadang ku ingin tutup mata, karena ga sanggup bacanya. Tapi kadang ku senang juga mengamati dinamika kehidupan. Catet. Ini bukan saya yang kepo loh ya, mereka yang dengan senang hati “cerita” ko. πŸ€—

Ceritalah yang enak-enak aja di sosial media. Yang informatif, yang bikin orang happy liatnya, ya bolehlah sekali-kali galau atau bingung. Ya tapi masa hidup galau terus? Saya juga kadang heran sama yang udah punya pasangan, ko kadang statusnya suka semacam kode gitu. Lahhh jadi ngomongin orang.

Udah ya, bobo dulu

Iklan

22 thoughts on “People May Not Know Your Name, but Know Your Story

  1. zilko Mei 19, 2017 / 12:29 am

    Memang begitu ya era internet dan, termasuk di dalamnya, social media sekarang ini πŸ˜€ .

    • Puji Mei 19, 2017 / 12:38 pm

      mesti hati – hati untuk share πŸ˜€

  2. Fiberti Mei 19, 2017 / 11:20 am

    Mungkin kebutuhan untuk didengarkan dan diterima di jaman sekarang jauuuh lebih besar. Terutama saat semua org saling sibuk berbicara juga.

  3. Fiberti Mei 19, 2017 / 11:21 am

    Mungkin kebutuhan untuk didengarkan dan diterima di jaman sekarang jauuuh lebih besar. Terutama saat semua org saling sibuk berbicara juga.

    • Puji Mei 19, 2017 / 12:37 pm

      Bisa jadi Mba, ga ada yang mendengarkan.

  4. gegelin2 Mei 19, 2017 / 4:27 pm

    Meskipun aku bilang aku jarang menggosip tapi sebenarnya diam2 menikmati πŸ˜† Brentinya di aku aja sih, gak sampe sharing jg ke orang lain mbak hihihi. Anyway iya tuh aku sering jg baca2 “cerita” gitu tp krn gak kenal, gak ngapalin jg namanya πŸ˜† Dan ambil garis besarnya aja.

    Kalo udah penting banget baru deh di-screenshot πŸ˜€

    • Puji Mei 19, 2017 / 5:10 pm

      iya kaan hihihi

  5. Arman Mei 20, 2017 / 11:57 am

    ya sebenernya emang terserah yang bikin status sih ya. kalo yang baca gak suka ya jangan dibaca. hahaha. πŸ˜€

  6. Crossing Borders Mei 20, 2017 / 1:49 pm

    Jadi inget punya seorang kenalan cewek.. Di dunia offline SANGAT relijius, di dunia online dengan santainya membeberkan masalah rumah tangga ketika suaminya selingkuh dengan teman si cewek ini. Si selingkuhan tampilannya relijius banget juga.. Si kenalanku ini benar-benar ingin dianggap sebagai korban, jelas sekali berusaha menggalang dukungan publik untuk dirinya, dan mengutuk keras si selingkuhan suaminya.. Hampir setiap hari dia tulis status begini dengan kata-kata yang gitu deh.., sambil kutip sana sini ayat suci.., akunnya gak dikunci, jadi semua orang bisa lihat, mungkin termasuk anaknya.. Belum lagi sering banget posting pamer barang.. Kadang suka heran sendiri dengan kelakuan macam gini.. Apa yg diucapkan gak selaras dgn yg dilakukan..

    • Puji Mei 20, 2017 / 2:52 pm

      😱 horor

  7. Susleni Mei 20, 2017 / 3:21 pm

    Waaahhh…
    Jadi pengen cek postingan akuuuu…
    Mana tauuu akuu dengan gak sadaar kayak gitu.
    😱😱😱😱

  8. ameliasusilo Mei 21, 2017 / 11:46 am

    asal gak galau terus-terusan masih gak papa. Tapi kadang aku suka ngerasa karena bahasa tulisan, penangkapan orang satu dan yang lain suka beda juga ya..

  9. denaldd Mei 21, 2017 / 6:16 pm

    Di era -gampang-curhat-dimanapun- ini, memang kontrol diri sangat perlu. Ada batasan yg diterapkan ke diri sendiri mana yg cerita yg perlu dibagi ataupun di simpan sendiri. Lingkungan juga berperan, mau hanya baca saja trus didiamkan atau dikasih tahu bahwa yg bersangkutan supaya lebih hati2 dalam menuliskan status.

  10. bloggergalau Mei 22, 2017 / 9:48 am

    Setujuuu mbaa Puji.. kalo di fb (feeds-ku) kebanyakan masalah rumah tangga, hahaha bikin sakit mataa

  11. rizzaumami Mei 23, 2017 / 2:16 pm

    Aseek bijak ya mbak puji hehe. Aku sepaham sama kamu deh mbak. Bukannya ikut simpati kadang karena keseringan liat tulisan itu2 mulu malah jadinya ilfeel, mending posting habis lamaran lahiran wisuda gitu kan bikin yg baca adem hehe.

    • Puji Mei 23, 2017 / 9:26 pm

      Iya kalo posting masalah terus menerus gimanaaa gitu.

  12. imeldasutarno Juni 7, 2017 / 10:57 am

    iya, sama. Kadang ilfeel juga baca postingan orang2 yang kasih kode ke pasangannya via postingan sosmed. Lha mbok yo masalah rumah tangga diselesaikan di rumah, daripada kasih kode2 di sosmed begitu ya?

    • Puji Juni 7, 2017 / 12:30 pm

      iya, orang beda – beda ya caranya cari perhatian πŸ˜€

  13. ndu.t.yke Juni 19, 2017 / 4:14 pm

    jaman pake BBM dulu, pernah liat couple berantem di status BBM. And I was like WTF? (Pardon my french!). Pernah lelah baca temen lain update status isinya nyindir2 ntah siapa. Manalah jaman dulu status BBM ga bs diMUTE. Klo skrg di sosmed dan bahkan status WhatsApp kan, bs milih : mau apa nggak liat status updates dr orang tertentu.

    • Puji Juni 22, 2017 / 1:11 pm

      Mba, ini sebelumnya ko ya masuk ke spam. Btw, ada juga loh dulu orang yang stasus BBM update per sekian second. hehe

      • ndu.t.yke Juni 22, 2017 / 2:26 pm

        Knp ga mainan twitter aja ya klo mau update status sering2? Lbh asikan di twitter menurutku. #ngatur2 LOL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s