Cerita Donor Darahku

Oke, sesuai judulnya. Postingan kali ini mau cerita tentang pengalaman pertama saya donor darah.

Sebetulnya udah beberapa kali niat donor darah, pertama di kantor lama. Namun, ga bisa. Karena saya, saat itu lagi minum obat batuk. Pernah juga di lain kesempatan ga bisa ikutan donor, karena lagi berhalangan, pernah juga satu waktu ga bisa karena tekanan darah eh atau (HB nya ya) lagi rendah.

Dan, akhirnya setelah sekian lama. Berhasil juga ikutan donor darah. Jadi, kemarin itu adalah pertama kali saya ikutan donor darah. Apa rasanya?

Suer deg – degan, tegang, apakah sesakit yang dibayangkan. Ternyata, engga. Well, ya namanya pun juga di masukin jarum yang cukup besar ke tubuh udah pasti ada rasa ngilu dikit. Tapi, masih bisa ditahan lah. Terus si bapak petugas tanya. “Pusing ga Mba?” saya bilang “Engga.” Dia bilang hebat, karena ini yang pertama untuk saya jadi hebat kalo ga pusing 😀

Udahlah beres masalah pengambilan darah. Lalu, setelah jarum dicabut dan dikasih plester. Saya langsung bangun ke meja, yang kira – kira jaraknya hanya 10 langkah kaki saya, saya ngerasa. Ada yang netes ke kaki (karena pake sepatu terbuka), pas dilihat ternyata titik darah dan pas saya liat ke tangan, darah sengar masih ngalir dari tangan saya. Saya langsung cepet – cepet ke petugasnya lagi.

Nah, disitulah saya mulai rasa pusing dan lemas lunglai. huhuhu…. Setelah diganti plester baru dan dilap darahnya. Saya tetep tiduran sekitar 5 menit. Karena lemes banget, abis itu saya bangun pelan – pelan dan berdiri lalu jalan ambil makan. Masih pusing juga, masih lemes. Sambil makan, sambil ganti – ganti tiduran saking lemesnya. Abis itu udah mendingan. Balik ke meja. Sampe sekitar jam 5 saya baru ngerasa mendingan, (saya selesai diambil darah jam 1 btw).

Ternyata, liat darah sendiri ngocor lebih bikin lemes dibandingkan pas diambil darah. Haha….

Apakah saya nanti berani untuk donor darah lagi? I will consider it! 😀 Agak trauma itu sama kejadian darah masih ngocor begitu…. Huft

Kalo temen – temen gimana? Ceritain dong pengalaman donor darah pertama kalian!

Have a good weekend!