Tips Menahan Diri Belanja Ala Puji

 

IMG_0325
Salah Satu Sudut Premium Outlet

Gimana judulnya? Asik ya? Asik kan 🙂

Jujur, saya itu orangnya cenderung perhitungan kalo belanja, mikir banget deh kalo mau belanja, beberapa pertimbangan seperti apakah barang itu bener – bener saya butuhin apa engga, apakah masa pakai barang dan kualitas dari si barang worth it dengan harganya? Dan sebagainya dan sebagainya. Tapi biar gimanapun juga, saya ini hanyalah perempuan biasa yang kadang kecolongan juga beli barang – barang yang ternyata kayanya ga butuh – butuh banget beli hahahaaa….. Pret, makan tuh sepatu di rumah yang banyak gak dipake >,<

Jadi kan pas kemaren kebetulan ada rejeki ke Korea sama ke US dan ke Korea lagi, saya kayanya paham gimana nahan diri saya untuk belanja di luar negeri, yang barang – barangnya beberapa (banyak bahkan) lebih murah dibandingin di Indo, kekeup duit erat – erat 🙂

Tips

  1. Inget selalu jumlah berat maksimal bagasi yang kita punya, ini cara yang ampuh untuk lebih selektif belanja 😀 Daripada rempong ya urusin bagasi tambahan di bandara :p
  2. Pikirkan, apakah kalo barang tersebut diskon di Indonesia (atau dimanapun tempatmu tinggal) kamu bakalan beli? Contoh, saya pas di US beli jam tangan 1 buat saya, 1 buat suami karena harganya lebih murah dibandingkan Indonesia, dan kalopun di Indonesia dijual dengan harga yang sama pasti saya beli. Contoh lainnya, saya liat tas Kate Spade pas disana dengan harga lebih murah pastinya dibandingin di Indonesia tapi saya ga beli. Karena, kalopun harganya disini sama seperti di US itu saya ga bakalan beli karena tetep aja mahal buat saya sih :p (as simple as that)…… Oke, kalo ini contoh yang versi murah ya… Kaos – kaos ato kemeja disana 200ribuan dengan brand yang cukup ok lah, tapi saya tetep ga beli. Karena, saya ngerasa ga butuh, masih bisa beli di Indonesia juga.
  3. Rajin – rajin cek promo! Lewat mana? Ya lewat internet lah hahaa,,,, ya kalopun yang dikunjungin negaranya agak kurang ok informasi di internet, mesti mau rajin – rajin keliling dari satu toko ke toko lain. Contohnya waktu di Korea, meskipun satu brand kosmetik kadang promonya suka beda – beda kalo udah beda toko 🙂 Di Meyongdong itu sebutlah Etude, bisa ada 15 toko kali hahaa, dan jarak antara toko satu dan toko lainnya bisa 3-4blok aja :p Terus juga, waktu saya beli BBW di US, satu toko dan toko lainnya juga suka beda promonya. Jadi rajin cek promo ya.
  4. Apakah barang tersebut available di tempat tinggalmu? Yap, kalo ga available atau susah banget dicari mendingan beli aja cus ga usah pake mikir 🙂 Asal harga dan kualitasnya sudah sesuai dengan selera kamu yah 🙂
  5. Kalo masuk ke fase nemu barang yang kayanya dijual juga di tempat tinggalmu, tapi kamu suka banget dan pengen beli… Mending coba jalan dulu, dan liat – liat yang lain sambil pikirin secara matang apakah betul kepengen beli. Kalo emang kepikiran banget ya beli aja, tapi kalo udah lupa naaahh lumayan kan bisa nahan diri
  6. Ajak temen belanja yang objektif, ini penting pentiiing. Karena biasanya kalo saya dengerin apa pendapat orang mengenai barang yang mau saya beli, jadi ga cuma pendapat sepihak aja. Kalo jalan – jalan sendiri mungkin bisa nanya pendapat penjaga toko, “Menurut kamu dari kedua barang ini lebih bagus yang mana?” (pilih dua barang, 1 barang yang kamu pengen kedua barang yang ga kamu pengen) Kalo penjaga toko pilih yang kamu ga pengen, berarti udah tau kan jawabannya apa 🙂

Well, ini sebetulnya bisa berlaku juga di kegiatan belanja di dalam kota juga sih hehe…..

Kalo kamu punya saran apa lagi untuk menahan diri untuk gak belanja? Share dong 🙂

 

 

43 thoughts on “Tips Menahan Diri Belanja Ala Puji

  1. Lorraine Maret 14, 2016 / 11:03 pm

    Tentukan budget, barang perlu untuk apa dan dipatok bisa dipake jangka waktu berapa, harga & kwalitas, perlu atau ngga.

    Contoh: Aku invest di boots & coat yang mahal, harga lumayan mahal tapi sebanding karena cari model yang klasik dan kualitas bagus (tahan lama). Aku punya beberapa pasang boots udah lebih dari 10 tahun, hanya ganti haknya tiap 2 tahun/sekali. Coat juga gitu Ji. Ada kategori must have & nice to have.

    Aku kalo budget udah abis ya disiplin stop belanja.

    • Puji Maret 14, 2016 / 11:04 pm

      Mantap Mba Yo masukannya. Betul harus tau ya budgetnya berapa.

      • Lorraine Maret 14, 2016 / 11:12 pm

        Heeh Ji. Aku tiap bulan ada anggaran untuk shopping, untuk ngopi/makan diluar. Kalo abis ya udah, ngga pake dari budget lain.

      • Puji Maret 14, 2016 / 11:13 pm

        Yang hebat disiplinnya itu Mba Yo! Salut

  2. Indah Susanti Maret 15, 2016 / 12:09 am

    Top banget input-nya Puji…

    Biasanya aku mikir juga tempat di koper..walhasil jarang belanja pas lagi jalan-jalan..yg susah itu sebenarnya pas lagi ke Indonesia. Belanja biasanya terbatas ke baju, karena batik kan jarang, cuman pasti si mami dan saudara sudah bekelin buanyak macem-macem buat dibawa..suka puyeng nolaknya.. 😦 kok jadinya mereka yg belanja buat daku ya.. hahahaha…

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:29 pm

      Terima kasih Mba Indah. Haha, saking senengnya ketemu kali Mba jadi dibelanjain 😀

  3. Binibule.com [Tjetje] Maret 15, 2016 / 2:20 am

    Pas jaman masih hobi backpacking aku super disiplin gak belanja Ji, karena gak ada ruang. Begitu ganti pakai koper aku kasih limit belanja cuma boleh sebiji karena bawa koper selalu kecil. Tapi nanti kalau pulang ke Indonesia aku mau going wild belanja gila-gilaan.

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:29 pm

      Udah di list ya Mba Tje mau beli apa aja di Indonesia hehe

  4. mrspassionfruit Maret 15, 2016 / 4:51 am

    Kalo sekarang caraku Ji jual beli haha. Kalo nggak ada barang lama yang terjual artinya nggak boleh beli barang baru… kecuali rusak.

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:30 pm

      Jual ya? Ada si beberapa sepatu yang juga aku kepikir mau jual. Tapi masih ga tega haha

  5. fee Maret 15, 2016 / 5:32 am

    sederhana sih, saya mau beli barang ini karena pengin atau karena butuh?setiap barang yg dibeli hrs disiapkan pertanggung jawabannya.kemudian anti-koleksi.

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:31 pm

      Good, kalo aku mikir butuh atau pengennya masih suka ga disiplin, jadi mesti banyak pertimbangan lainnya hehe… Terus ya itu keren kalo anti-koleksi dan untungnyaaa aku ga koleksi apa-apa. Amiin. hihi

  6. astridtumewu Maret 15, 2016 / 7:30 am

    haha wanita emang kadang suka kalap yaa mba haha.. itu bagasi beneran jg jd pengukur ketat mba, cm aku blm disiplin2 amat, kadang suka kegoda sale banget 🙈🙈🙈🙈

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:31 pm

      Hahaha, gatel ya kalo sale 🙂

  7. Gara Maret 15, 2016 / 8:19 am

    Kalau saya, ketika duitnya sudah nggak ada maka dengan sendirinya barang itu tidak akan bisa terbeli :haha. Tipsnya di atas bagus-bagus dan unik Mbak, terutama yang terakhir :haha, kalau yang dipilih sama si penjaga toko barang yang tidak kita pengenin, dengan sendirinya kita nggak akan beli dua-duanya ya. Kalau yang dipilih barang yang kebetulan kita mau, gimana? Dibeli aja akhirnya? :hehe.

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:31 pm

      Mendingan bawa uang pas gitu ya hehe…
      Iya beli aja hahahaa

      • Gara Maret 16, 2016 / 5:57 am

        Iya… kalau bawa uang lebih malah suka kalap.

  8. mrs muhandoko Maret 15, 2016 / 9:24 am

    Kalo mau jalan kemana gitu, ajak temen. Biasanya temenku aku racunin buat shopping. Bhahahaha. Kalo aku sih, emang ga terlalu doyan belanja.

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:32 pm

      Loh ini toh racunnya hahahahaa

  9. Yusuf Saktian Maret 15, 2016 / 10:54 am

    Biasanya cewek ini nih yg suka belanja 😀

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:32 pm

      Iya 😀

  10. Maya Maret 15, 2016 / 12:15 pm

    Seakarang udah ngerem banget belanja mba. Bukan cuma karena ngirit dan budgetnya gak berlebih tapi juga udah gak ada tempat lagi di rumah huhuhu. Stress liat barang numpuk gak kepake. Jadi sekarang kalo beli barang dipikiiir banget seberapa penting dan perlunya plus ada gak tempatnya di rumah 😀

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:32 pm

      Nah, space kemudian di rumah bisa jadi masukan baru nih. Good point Mba May 🙂

      • Maya Maret 16, 2016 / 11:00 am

        Iya, baru berasa kalo kita decluter besar2an deh mba. Rumah rasa lapang terus mikir gileee kita buang duit banget ya buat barang2 yang sebenernya kita pake juga engga 😀

      • Puji Maret 16, 2016 / 7:24 pm

        Bener, seandainyaaa kita ingat disaat pertama beli hehe

  11. nengsyera Maret 15, 2016 / 1:04 pm

    kalo aq…
    ingeeet abis liburan itu masih ada sisa hidup yg harus diteruskan, jgn sampe bobol tabungan. Hehehehe.
    Dan ampuh loh menahan nafsu beli ini-itu.

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:33 pm

      Intinya inget masa selanjutnya yaaa, visioner banget kamoh hehe

      • nengsyera Maret 16, 2016 / 5:43 am

        Hahahaha 😝😝😝😝😝

  12. neng fey Maret 15, 2016 / 4:22 pm

    #sayangduitnya hihihi -> kan lagi hiets tuh quote

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:33 pm

      iya emang sayangduitnya 😀 haha

  13. zilko Maret 15, 2016 / 8:33 pm

    Kalau aku biasanya memang dari awal sudah tahu mau beli apa (soalnya butuh). Jadi gak sering “kecolongan”, hihihi 😀 .

    • Puji Maret 15, 2016 / 10:36 pm

      Bagus ko. Good planner :p

  14. nyonyasepatu Maret 15, 2016 / 11:40 pm

    Gak bawa dompet dan gak pergi liat2 huahhahaa

    • Puji Maret 15, 2016 / 11:41 pm

      Hahahahaa

  15. adelinatampubolon Maret 16, 2016 / 10:30 am

    persoalan bagasi itu ngaruh bangat emang Puji. Kalau lagi belanja trus ingat bawaan pasti otomatis jadi malas belanja, padahal kalau kemana-mana selalu bawa tas ransel yang dari berangkat aja sudah banyak. jadi kalaupun pulangnya nambah beratnya nga terlalu banyaklah yach. banyaknya cuma baju kotor hehehehe..

    • Puji Maret 16, 2016 / 7:23 pm

      Hehehe, oleh2 baju kotor

  16. Christa Maret 17, 2016 / 4:22 pm

    Aku suka bgt tips nomer 2 nya Puji, bener banget tuhh. waktu ke US liat baju di Target pada sale terus murah2 dan lucu2 tapi dipikir lagi kalo pake di US sih cocok… Pake di Jakarta? Pikir 1000x deh hehehehe gak beli akhirnya

    • Puji Maret 20, 2016 / 1:32 pm

      Ahhaah, iya Chi beneran ya mesti nahan diri

  17. Firsty Chrysant Maret 19, 2016 / 3:46 pm

    tipsnya bagus tuuh… hehehe..

    harus bisa liat benda secara fungsional juga ya… jangan yang fashion aja biar ga kalap mata

  18. shintadaniel Maret 27, 2016 / 11:20 am

    Aku juga mikir kalau belanja… tapi kalau nggak jadi belanja malah jadi kepikiran…. lebih baik menyesal beli daripada nggak beli… hahahaha…. *janganditiru

Tinggalkan Balasan

