Tips Menahan Diri Belanja Ala Puji

 

IMG_0325
Salah Satu Sudut Premium Outlet

Gimana judulnya? Asik ya? Asik kan πŸ™‚

Jujur, saya itu orangnya cenderung perhitungan kalo belanja, mikir banget deh kalo mau belanja, beberapa pertimbangan seperti apakah barang itu bener – bener saya butuhin apa engga, apakah masa pakai barang dan kualitas dari si barang worth it dengan harganya? Dan sebagainya dan sebagainya. Tapi biar gimanapun juga, saya ini hanyalah perempuan biasa yang kadang kecolongan juga beli barang – barang yang ternyata kayanya ga butuh – butuh banget beli hahahaaa….. Pret, makan tuh sepatu di rumah yang banyak gak dipake >,<

Jadi kan pas kemaren kebetulan ada rejeki ke Korea sama ke US dan ke Korea lagi, saya kayanya paham gimana nahan diri saya untuk belanja di luar negeri, yang barang – barangnya beberapa (banyak bahkan) lebih murah dibandingin di Indo, kekeup duit erat – erat πŸ™‚

Tips

  1. Inget selalu jumlah berat maksimal bagasi yang kita punya, ini cara yang ampuh untuk lebih selektif belanja πŸ˜€ Daripada rempong ya urusin bagasi tambahan di bandara :p
  2. Pikirkan, apakah kalo barang tersebut diskon di Indonesia (atau dimanapun tempatmu tinggal) kamu bakalan beli? Contoh, saya pas di US beli jam tangan 1 buat saya, 1 buat suami karena harganya lebih murah dibandingkan Indonesia, dan kalopun di Indonesia dijual dengan harga yang sama pasti saya beli. Contoh lainnya, saya liat tas Kate Spade pas disana dengan harga lebih murah pastinya dibandingin di Indonesia tapi saya ga beli. Karena, kalopun harganya disini sama seperti di US itu saya ga bakalan beli karena tetep aja mahal buat saya sih :p (as simple as that)…… Oke, kalo ini contoh yang versi murah ya… Kaos – kaos ato kemeja disana 200ribuan dengan brand yang cukup ok lah, tapi saya tetep ga beli. Karena, saya ngerasa ga butuh, masih bisa beli di Indonesia juga.
  3. Rajin – rajin cek promo! Lewat mana? Ya lewat internet lah hahaa,,,, ya kalopun yang dikunjungin negaranya agak kurang ok informasi di internet, mesti mau rajin – rajin keliling dari satu toko ke toko lain. Contohnya waktu di Korea, meskipun satu brand kosmetik kadang promonya suka beda – beda kalo udah beda toko πŸ™‚ Di Meyongdong itu sebutlah Etude, bisa ada 15 toko kali hahaa, dan jarak antara toko satu dan toko lainnya bisa 3-4blok aja :p Terus juga, waktu saya beli BBW di US, satu toko dan toko lainnya juga suka beda promonya. Jadi rajin cek promo ya.
  4. Apakah barang tersebut available di tempat tinggalmu? Yap, kalo ga available atau susah banget dicari mendingan beli aja cus ga usah pake mikir πŸ™‚ Asal harga dan kualitasnya sudah sesuai dengan selera kamu yah πŸ™‚
  5. Kalo masuk ke fase nemu barang yang kayanya dijual juga di tempat tinggalmu, tapi kamu suka banget dan pengen beli… Mending coba jalan dulu, dan liat – liat yang lain sambil pikirin secara matang apakah betul kepengen beli. Kalo emang kepikiran banget ya beli aja, tapi kalo udah lupa naaahh lumayan kan bisa nahan diri
  6. Ajak temen belanja yang objektif, ini penting pentiiing. Karena biasanya kalo saya dengerin apa pendapat orang mengenai barang yang mau saya beli, jadi ga cuma pendapat sepihak aja. Kalo jalan – jalan sendiri mungkin bisa nanya pendapat penjaga toko, “Menurut kamu dari kedua barang ini lebih bagus yang mana?” (pilih dua barang, 1 barang yang kamu pengen kedua barang yang ga kamu pengen) Kalo penjaga toko pilih yang kamu ga pengen, berarti udah tau kan jawabannya apa πŸ™‚

Well, ini sebetulnya bisa berlaku juga di kegiatan belanja di dalam kota juga sih hehe…..

Kalo kamu punya saran apa lagi untuk menahan diri untuk gak belanja? Share dong πŸ™‚

 

 

Iklan