Liburan Akhir Tahun – PagarAlam, Sumatera Selatan Part 1

Halo semua,

Sebelumnya saya mau ucapin Selamat Tahun Baru 2016, semoga semua yang teman – teman cita – citakan bisa tercapai. Kalo harapan saya apa di 2016? Harapan saya diberikan kesehatan selalu, selalu memiliki kemauan belajar yang tinggi, diberikan rizki yang semakin baik dan semoga ada tanda – tanda kehamilan di tahun ini. Amin

Sesuai dengan judulnya diatas, liburan akhir tahun kemarin, kami (baca: saya dan suami) habiskan di kampong halaman suami di Pagar Alam, Sumsel. Bisa dibilang rencana jalan – jalan ini baru dicetuskan di bulan Desember 2015! Awalnya, saya liat sisa cuti saya yang masih banyak ada 7 hari dan akan hangus di akhir tahun. Sayang kaaan.. Terus saya komporin suami saya dan ajakin dia ke Malang! (Keliling Jawa pengennya, nyambung Solo, Semarang, Jogja) Di Malang terus ingin ke Bromo lebih tepatnya, selain Bromo saya kasih pilihan juga. Apa mau ke PagarAlam juga? Mumpung libur panjang, dan semenjak nikah saya belum pernah kesana! Tadinya, pilihan sangat kuat jatuh kepada Bromo. Saya kan ke Malang beberapa kali tapi ga pernah ke Bromo. Cedih 😦

Ternyata oh ternyata, kemaren itu Bromo sempet ditutup kan karena erupsi 😦 Saya sempet kecewa si, tapi mau gimana lagi….. Ya udah, singkat cerita pilihan dijatuhkan ke opsi kedua yaitu PagarAlam.

Berangkatlah kami berdua, naik mobil tercinta tanggal 24 Desember 2015. Sekitar jam 9 pagi kami berangkat dari rumah menuju Pelabuhan Merak, karena ya namanya pun liburan sampe Merak kendaraan udah pada antri. Ga usah di Merak ya, di gerbang tol Merak aja udah merayap. Huehehee….. Jam 12 kita udah sampe Merak, lalu tebak dong naik kapalnya jam berapa? 15.30an aja gitu L Normalnya, kalo kita naik kapal ga dalam keadaan banyak yang mudik, setengah jam juga kita udah naik kapal. Antriannya udah kaya mudik H-4 lebaran.

Ngapain aja tuh saya dari jam 12 sampe 15.30an? Nyari hotel buat nginep di Lampung! Iya, rencana kami memang nginep dulu di Lampung satu malam, lalu laju ke PagarAlam tanggal 25 Desember. Sekitar 19.00 kami turun kapal, langsung menuju rumah Nenek (nya suami) sebentar doing, paling 30 menit. Abis itu mampir ke rumah salah satu sodara (nya suami) sebentar dan langsung check in di hotel jam 22.30. Hari ini yang bikin cape ya itu, antri di kapalnya. Sampai hotel, mandi, nyalain TV lalu tidur.

25 Desember 2015

Pukul 8.30 kami udah siap menuju PagarAlam, kira – kira waktu tempuh normal 10 jam dengan jarak kurang lebih 450km! Suamiku dong nyetir sendiri, aku bantu dalam do’a. Bisa saya nyetir, tapi manalah mungkin berani di jalan ALS gitu :p  Sebelum ke PagarAlam, langsung ke tempat pempek 123 dulu, eh tapi si engko bilang belom bisa goreng (karena mereka emang masih siap – siap si), kalo mau bungkus, yow is saya bungkus adaan 20 biji sebagai perbekalan. Beres beli pempek, kami lanjut cari sarapan nasi uduk. Perut kenyang berangkatlah kami ke PagarAlam, eh sebelumnya beli lemper sama roti dulu si di Holland Bakery, buat cemilan takut kelaperan….

Masih di daerah Lampung, masih banyak rumah penduduk, masih seperti kota pada umumnya. Setelah lewatin Lampung Utara, barulah perjalanan ALS yang sesungguhnya dimulai! Pohon – pohon sepanjang mata memamandang, bukit barisan, tanah kosong, langit biru jalanan mulai lengang. Antara desa satu dan desa lainnya harus lewatin semacam pohon rindang yang lumayan panjang (Bahasa simple nya, hutan kecil)… Kami nyetir nonstop sampai sekitar jam 4 sore, dan berhenti sebentar makan di Sederhana.

IMG_5010
Pemandangan awal sebelum jalanan yang kanan, kirinya hutan :p

Selesai makan, langsung lanjut jalan karena takut sampai PagarAlam kemaleman. Nanti ga enak kan sama sodara :p Nah darisini, uji nyali lebih mengerikan lagi, kiri jurang, kanan tanah dan pohon yang bisa longsor kapan saja plus cuaca hujan. Sungguh mengerikan kawan! Saya siap siaga liat jalanan, takutnya suami saya kurang waspada gitu. Tapi jujur, ketika lewatin hutan belantara yang entah dimana plus gelap dan ketemu mobil Cuma sesekali, saya takut banget. Takut sama pencuri, dari awal berangkat dan sepanjang perjalanan saya terus berdoa dalam hati. Pas di hutan saya sibuk mengawasi jalanan supaya bisa siaga teriak “Jalan Terus” , kalo tiba – tiba kaca mobil kita ditimpuk, atau ada orang tiba – tiba nyebrang (yang mana aneh kan karena di hutan), atau tiba – tiba ada bintang. Karena itu modus para pencuri. Ngomong – ngomong soal binatang, pas masih ada matahari, kita liat gerombolan monyet dipinggir hutan, liat anjing, liat sapi, liat kerbau. Heboh deh heheehe

Setelah menyetir nanjak dan berkelok – kelok (ada lebih dari dua tikungan yang beloknya patah dan nanjak, karena kota PagarAlam posisinya diatas), akhirnya sampai juga di PagarAlam sekitar 21.30. Fiuuhhh, setelah melalui hutan disertai hujan akhirnya sampai juga di kota tujuan. Langsung menuju rumah sodara, mandi, makan dan tidur 🙂

Dilanjut besok ya ceritanya 🙂

Iklan

20 thoughts on “Liburan Akhir Tahun – PagarAlam, Sumatera Selatan Part 1

  1. bemzkyyeye Januari 2, 2016 / 12:27 am

    Ditunggu cerita selanjutnyaaaa 😀

    Btw selamat tahun baru yah Ji 🙂

    • Puji Januari 2, 2016 / 12:37 am

      Ditunggu ya MbaYee.. Selamat tahun baru juga 😘

  2. Arman Januari 2, 2016 / 1:30 am

    gambar awannya cakep banget ya. happy new year ya!

  3. denaldd Januari 2, 2016 / 1:30 am

    Malam2 baca pempek, nasi uduk jadi kukuruyuk Ji haha. Itu awannya cakeep banget ya. Nunggu cerita lanjutannya. Selamat tahun baru ya Ji. Mengaminkan semua doamu 🙂

    • Puji Januari 2, 2016 / 10:41 am

      Mba Deny ayo kita bikin pempek, hihi… Amiiin. Makasih aminnya mba

    • Puji Januari 2, 2016 / 10:41 am

      Amiin. Makasih Mba Anggi

  4. ade_jhr Januari 2, 2016 / 7:28 am

    Hamdalah ya selamat sampai tujuan.. Di tungu cerita selanjutnya

    • Puji Januari 2, 2016 / 10:41 am

      Siap 🙂

  5. Gara Januari 2, 2016 / 9:55 am

    Hee… syukurlah semua jalan bisa dilalui dan tiba dengan selamat. Saya baca cerita ini seru banget euy Mbak, berasa diceritain langsung :haha. Jalan ALS itu maksudnya jalan apa, Mbak? Memang jalan-jalan di Sumatera bagian selatan beberapa masih ada yang agak rawan ya, banyak begal dan segala macem, jadi mesti hati-hati banget, kan. Duh amit-amit deh, mudah-mudahan nggak kejadian di kita ya Mbak :amin.

    • Puji Januari 2, 2016 / 10:02 am

      ALS itu Antar Lintas Sumatera 🙂 iya katanya suka ada kriminal, kan serem ya 😦

      • Gara Januari 2, 2016 / 5:08 pm

        Owalah :hehe. Yang nama lainnya Jalinsum itu ya Mbak :hehe.

      • Puji Januari 2, 2016 / 5:11 pm

        Iya haha, ALS itu nama bus juga si 😂

      • Gara Januari 2, 2016 / 5:34 pm

        Oooh :hehe.

  6. joeyz14 Januari 2, 2016 / 9:58 am

    Seru banget ini nampaknya mudik ke kampung mr.mochi…ditunggu cerita selanjutnya

    • Puji Januari 2, 2016 / 10:42 am

      Seru banget kak Jo 🙂

  7. Maya Januari 4, 2016 / 12:33 pm

    Waaah sampe deg2an, emang konon ALS itu gak aman syukurlah kalo bisa lewat dengan selamat ya. Selata tahun baru mba Puji, semoga makin sukses ya di tahun 2016, apa yang di planning bisa terlaksana dengan lancar 🙂

    • Puji Januari 4, 2016 / 12:41 pm

      Iya ALS itu ngeri – ngeri sedap hehe… Happy New Year Mba Maya, doa yang terbaik juga buat Mba Maya 🙂

  8. mysukmana Januari 10, 2016 / 5:17 am

    ALS klo malam ngeri..klo siang bohemer hihii

  9. Adelina Januari 20, 2016 / 3:59 pm

    Selamat tahun baru puji. Senangnya pulang kampung yach, walaupun kampungnya sang suami. Baca pempek langsung ngiler dech. Beneran emang ALS itu jalannya ampun dech, apalagi malam. sebisanya sich kalau malam nginap karena disepanjang jalan ALS itu banyak rampoknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s