Pengalaman Pertama – Tanam Mangrove

Sabtu kemaren, kantor saya adain acara Tanam Mangrove di Garis Pantai Marunda. Pertama kali tanam mangrove buat saya :D. Gimana rasanya? Seru banget.

Sekitar jam 9 pagi kami start tanam mangrove, berhubung masih lumayan pagi jadi air lautnya belum terlalu tinggi, cuma setinggi betis saya. (Maap ya saya ga tau itu berapa senti haha). Dan jalan di lumpur yang lembek plus penuh air itu susah, berat dan kalo ga seimbang dah pasti jatoh 😀

Sebelum penanaman dimulai, kita dikasih instruksi dulu gimana caranya tanam mangrove dan juga dipastikan bahwa didalam airnya tidak ada binatang berbahaya. Tapi temen saya masih menemukan kepiting kecil, ko bisa? Ya bisa, karena dia ngerasa kakinya kaya ada yang gigit, pas dia pegang ternyata anak kepiting. Wekekkeekk.

Tanem mangrove ternyata gampang, lumpur atau tanah yang ada dalam air kita gali sedikit (pake sarung tangan jadi aman dari kotor) ditusuk langsung tanamannya ke tanah, lalu tanaman diiket ke bambu yang sudah disediakan. Tujuannya apa diiket? Tujuannya supaya si tanaman tetap pada tempatnya ketika air laut pasang.

Apa si fungsi mangrove? Salah satu fungsinya untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami http://id.wikipedia.org/wiki/Hutan_bakau

Seru ga tanam mangrove? Seru banget, yang paling PeeR cuma karena panas hahaha…

See you on my next post

Update foto dua anak minion yang suka stalking blog akoh

  

Iklan

17 thoughts on “Pengalaman Pertama – Tanam Mangrove

  1. zilko Juni 8, 2015 / 10:42 pm

    Hehehe, seru sekaligus berbuat sesuatu demi lingkungan ya 😀

    • Puji Juni 9, 2015 / 10:50 am

      Iya 😀

  2. adhyasahib Juni 9, 2015 / 2:21 am

    pengalaman yang seru mbak Puji, pengen nyoba juga, belum pernah soalnya :-), btw itu digali lobangnya sedikit apa gak ketutup sama air lagi ya? kan airnya tinggi kan ya ampe betis *gagalpaham*

    • Puji Juni 9, 2015 / 10:52 am

      Jadi gini, memang itu lobangnya tetap akan ketutup air, tapi tanahnya terbuka kan Mba. Jadi intinya supaya tanahnya terbuka, dan si tanaman bisa nancep masuk ke dalam tanah. Soalnya kalo kurang nancep, tanamannya cenderung mudah tersapu air. Bisa dipahami ga penjelasan aku? Hehe

      • adhyasahib Juni 9, 2015 / 1:22 pm

        aw ternyata begitu, baiklah sekarang aku mengerti,hehe 😀

  3. Febriyan Lukito Juni 9, 2015 / 9:38 am

    Wah. Puji. Keren. Terjun langsung. Kmrn gak ikutan turun. Biar anak2 aja yang turun.

    • Puji Juni 9, 2015 / 10:52 am

      Seru banget ternyata Mas Ryan, cobain next time 😀

  4. gegekrisopras Juni 9, 2015 / 10:18 am

    Congrats, congrats!
    Di Bali sering ngadain ginian mbak tp aku ga pernah ikutan hahaha.. Jadwalnya ga cocok.
    Semoga next time bisa ikutan lagi!

    • Puji Juni 9, 2015 / 10:53 am

      Di Bali di daerah mana sering tanam Mangrove Ge? 😀 Ikutan Ge, lumayan pengalaman bed ahehe

      • gegekrisopras Juni 10, 2015 / 9:44 pm

        Biasa sih di sekitaran ByPass Ngurah Rai – Tanjung Benoa mbak karena disana daerahnya memang muddy. Tapi ya itu, waktunya belum ada 🙂

  5. febridwicahya Juni 9, 2015 / 10:45 pm

    Waktu SMA aku pernah nanam mangrove mbak, becek-becean gitu 😀 menjelang siang, hampir kelelep, lautnya pasang -_- wkwkw

    Whahahaha itu foto minionnya :p wkwk

    • Puji Juni 10, 2015 / 8:53 am

      Loh, emang air lautnya pas pasang langsung cepet gitu? Bukannya naiknya pelan – pelan ya Feb?

      • febridwicahya Juni 14, 2015 / 8:23 am

        Iya emang pelan-pelan gitu mbak pasangnya, tapi kedalamannya beda kan mbak. Semakin menengah semakin dalam. Nah waktu itu aku nanam yang agak di luar, kesenengan gitu nanam mangrovenya, eh jalannya bukan semakin ke luar, malah ke dalem. Ya ceblos gimana gitu ._. . Masa SMAku dulu itu masa oonnya aku mbak ._.

      • Puji Juni 14, 2015 / 9:01 am

        Ohh hahahaha

    • Puji Juni 10, 2015 / 1:38 pm

      Jessica sama Clarissa 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s