Deh – Lah – Sih

Halooo, jumpa lagi bersama saya 🙂

Temen – temen pernah ngerasa ga? Kalo misalnya ada orang yang ngomong ditambahkan kata – kata semacam “Deh, Lah, Sih”

Saya mau bahas sedikit mengenai hal tersebut. Orang yang sering pake kata – kata deh,lah,sih dibelakang atau tengah kalimat mereka menurut saya pribadi bentuk keterpaksaan. Contoh “Ya udah deh, lo atur aja.” atau “Gw sih, oke ajalah.” Saya pikir ini jawaban terpaksa, sebetulnya mereka mau kasih saran tapi males mikir atau males disuruh jalanin sarannya sendiri. Atau mereka ngerasa masih kurang sreg sama ide itu, tapi supaya cepet selesai jadi jawabnya. “Oke lah.” “Gimana lo aja deh, gw ikut.” atauuu “Gw terserah aja sih gimana baiknya.”

Kalo emang jawabnya niat biasanya orang akan jawab. “Oke, gw ikut (tanpa embel – embel deh atau lah atau sih). Atau “Saya mau pesen makanan yang ini” instead of “Saya pesen yang paling enak deh, terserah apa aja.” Berarti mereka punya pendirian dan ga asal ikut aja hehehee…

Temen – temen suka merhatiin ga orang – orang yang sering pake deh, lah, sih? Coba perhatiin. Dalam situasi dan kondisi apa mereka biasanya pake kata tersebut? 😀 Kalo lagi chat pake kata deh, lah, sih juga keliatan lebih nyebelin loh. IMHO hehehe…. Coba bedakan “Oke, saya pergi sekarang lah.” atau “Oke, saya pergi sekarang.” Kalimat mana yang lebih enak dibaca? Bayangkan juga ada yang ngomong “Terus gimana sih jadinya?” atau “Terus gimana jadinya?” Enakan yang mana kira – kira?

Okelah, saya udahan dulu ya :p

Iklan

37 thoughts on “Deh – Lah – Sih

  1. denaldd April 6, 2015 / 2:49 pm

    Ya udah deh, ga usah komen ajalah, takutnya bikin emosi sih *lengkap kan Ji hahaha

    • Puji April 6, 2015 / 2:51 pm

      Hahahahahaha… Nah kan, gimana enaknya Mba Deny aja deh. Aku sih ikut ajalah ahahahaa

  2. Crossing Borders April 6, 2015 / 3:12 pm

    Deh-lah-sih sangat jarang pake, seringnya mah-teh-atuh..*dasar orang Sunda..😝*

    • Puji April 6, 2015 / 3:17 pm

      Hahahahah Kumaha atuhlah :p

  3. nyonyasepatu April 6, 2015 / 3:42 pm

    Aku sering pake hihi tapi gak tau juga kalo maksutnya gitu. Mikir2 lagi

    • Puji April 6, 2015 / 3:46 pm

      Hihihi 😀 Itu hanya opiniku saja Mba Non hehehee

  4. Susie Ncuss April 6, 2015 / 3:51 pm

    aku sering gak sadar bilang “sih”
    hihihi 😀

    • Puji April 6, 2015 / 5:01 pm

      Hihihi 😀

  5. Ami April 6, 2015 / 6:03 pm

    Ada benarnya juga, Mbak. 🙂

    • Puji April 6, 2015 / 10:08 pm

      Hehe 😀

  6. GloryGrant April 6, 2015 / 6:04 pm

    Ini apa, sih? Kok gue rada-rada nggak nyambung gitu, deh? Apalah ini artinya? hehehe… Tuh, lengkap loh mbak. aku sering pake kalimat yg kayak gitu. 😀

  7. Gara April 6, 2015 / 9:02 pm

    Kalau dipikir-pikir, iya juga sih. Saya sering sekali mengalami hal ini. Dan tanpa embel-embel itu pun kadang saya suka merasa bahwa lawan bicara saya terpaksa atau bagaimana. Maklum, nasib punya antena sensitif yang terlalu sensitif, jadinya peka banget :haha.

    • Puji April 6, 2015 / 9:03 pm

      Emang nada suara menentukan juga, tapi aku pribadi kalo denger orang pake kata-kata ini suka dumel dalam hati hahaha

      • Gara April 7, 2015 / 11:48 am

        Iya juga ya :hehe.

  8. Arman April 6, 2015 / 9:29 pm

    Iya emang buat penekanan kan ya… Jd kadang ya emang dipake. 🙂

  9. zilko April 6, 2015 / 10:12 pm

    Haha, dalam bahasa Indonesia kalau tidak salah ini disebut “partikel” ya 🙂

    • Puji April 6, 2015 / 10:20 pm

      Gile masih inget aja lol

  10. mrspassionfruit April 7, 2015 / 2:48 am

    Hihihi opininya lucu Ji. Aku sering banget pake deh kalo lagi bercanda “Iya dehhhh” kalo sih jarang… kalo lah malah seringnya dipake buat becandaan ngobrol sama temen2 di sini. Krn banyak org Malaysia di sini kata lah tuh kesannya jd Asian bnget… n di antara temen2 aku n temen deketku itu token Asian di grup kita, kita selalu becanda nambahin ‘lah’ kaya misalnya ‘Love you laaaahhh’ atau ‘Whatever laaaah’ hehe

    • Puji April 7, 2015 / 5:49 am

      Oo ya ya. Paham laaah :p iya ya yang pake lah cuma orang Asia

  11. Lorraine April 7, 2015 / 8:18 am

    Terserah kamu aja deh Ji ha…ha…ini penekanan seperti Zilko bilang diatas. Dalam bahasa lain juga ada, apalagi bahasa alay ha…ha…Untuk kita gampang pakenya tapi untuk orang asing susah karena feelingnya ngga kena. Anakku seneng pake kata dong tapi kadang penempatannya salah, lucu dengernya 🙂

    • Puji April 7, 2015 / 8:31 am

      Anak Mba Yoyen bisa pake dong juga? Hihi.. Lucu ya kalo aksen non Indonesia ngomong dong,deh,lah 😁

      • Lorraine April 7, 2015 / 8:34 am

        Iya/ Terus suka pake banget. Dia biasanya pulang sekolah bilang “Ibu, aku cape banget dong” ha…ha…Aku udah jelasin ngga perlu pake dong dalam kalimat ini tapi dia tetep keukeuh. Katanya enak aja bilangnya .

      • Puji April 7, 2015 / 8:35 am

        Wuiih keren banget dong 😁

  12. AyuZagoto April 7, 2015 / 9:18 am

    Aku sering pakai “iyaa sihh, bener juga . baiknya gitu sih. yaudah lah, mau diapain lagi. 😀

    • Puji April 7, 2015 / 10:56 am

      Iya deh begitu juga boleh deh hehee lol

  13. NisadanChicco April 7, 2015 / 1:48 pm

    Aku serinf bangettt ini ahahhah emang si kadang klo pake akhiran ini jadi ngerasa kalimatnya “negatif” tapi tetep aja dipake ;/

    • Puji April 7, 2015 / 2:11 pm

      Jangan diulangi lagi lah ngomong gitu haha :p

  14. Beby April 7, 2015 / 4:36 pm

    Aku sering dan seriiiiing mbuanget makeknya. Ngoahahah.. 😀

    Ya gimana, orang emang kebiasaan, Mbak. Ngga nyadar jugak kalok kata tambahan entuh sebagai bentuk keterpaksaan. :/

    • Puji April 7, 2015 / 8:58 pm

      Coba dikurangin sih, supaya nanti lebih enak didenger :p terserah kamu deh mau dikurangin apa engga. 😀 lol haha

  15. Indah Susanti April 8, 2015 / 3:01 pm

    Kalau “dong” udah gak dipakai lagi ya sekarang? Dulu kayaknya “dong” itu nge-trend banget “loh” 😀 😀

    • Puji April 8, 2015 / 4:41 pm

      Masa sih? Hehehe… Dong masih suka dipake tapi ga sesering dulu gitu deh hihihi

  16. Binibule.com [Tjetje] April 9, 2015 / 12:18 am

    Deh, lah, sih dan dong ini sangat susah untuk dijelaskan ke orang asing. Aku suka frustasi ngejelasinya; mungkin juga karena aku gak bisa Bahasa Indonesia dengan benar.

    Postingan ini menggelitik, bikin pengen belajar BI dengan bener deh Puji.

    • Puji April 9, 2015 / 8:25 am

      Biasanya jelasinnya apa ke orang asing Mba Ai? 😀

      • Binibule.com [Tjetje] April 9, 2015 / 8:54 pm

        Biasanya aku bilang: ask your Bahasa Indonesia teacher or google it 😦

      • Puji April 9, 2015 / 8:58 pm

        😁

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s