Bikin Mie Ayam Sendiri

Sesuai janji liburan kemaren untuk bikin Mie Ayam, akhirnya jadi juga hehehe… Well, secara rasa lumayan lah daripada lumanyun :p LOL.. Sebenernya bikin mie ayam sendiri itu gampang, tapi menjadi terlihat sulit karena beberapa step yang harus dibuat πŸ˜€ Misal bikin ayamnya, rebus ayam untuk kuah kaldu atau bikin pangsitnya. Kata Pak Suami “Mie ayam Bu Puji enak juga.” Jangan langsung percaya gitu aja ya, suami saya soalnya semua makanan dia suka. Lol :p

Ini Resepnya Mie Ayam Ala Bu Puji (Sudah dimodifikasi dari beberapa resep)

Bahan Ayam Tumis:
Daging ayam, 250gram (dipotong dadu atau di giling juga boleh, disesuaikan sama seleranya aja)
1 sdt minyak wijen
4Β butir bawang putih, 1sdt merica bubuk, 1 sdt ketumbar (dihaluskan), 1 ruas lengkuas di potong besar
2 sdm kecap asin (kemaren saya ga pake ini karena ga ada stocknya hehe)
1 sdm kecap manis (kalo sukanya ayam yang manis silakan ditambahkan takarannya :))
2 sdm saus tiram
2 sdm minyak sayur
1 sdt garam
Air 150ml

Cara Memasak:

Panaskan minyak, masukkan bumbu yang telah dihaluskan sampai matang dan harum. Masukkan ayam aduk sebentar supaya bumbu dan ayam rata, tambahkan air, masukkan minyak wijen, kecap manis, saus tiram. Aduk hingga semua tercampur rata, diamkan sampai ayam matang dan air menyusut.

Minyak ayam

Bahan – Bahan:

3 siung bawang putih (Cincang Halus)

100gram kulit ayam dihaluskan

200ml minyak goreng

Cara Memasak:

Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih tumis sampai harum, masukan kulit ayam. Aduk sebentar, lalu biarkan sampai matang dan lemak – lemak serta minyaknya semakin banyak πŸ˜€

Pangsit Rebus / Goreng

Bahan – Bahan:

1 siung bawang putih (cincang halus)

1 batang seledri dan daun bawang (cincang halus)

100gram daging sapi cincang

1 butir telur

1 sdt garam (bisa diganti kecap asin)

1 sdt merica

20 lembar kulit pangsit

Air 500 ml untuk merebut

Cara Memasak:

Didihkan air

Aduk bawang putih, seledri, daging sapi cincang, telur, garam dan merica lalu aduk rata. Masukkan adonan pangsit di kulit pangsit.

Setelah air mendidih, rebus sampai si pangsitnya mengapung sendiri keatas

Pangsit tersebut silakan kalo mau digoreng, kalo saya memang sengaja pilih direbus pangsitnya supaya ga ngerasa berdosa terlalu banyak makan minyak. Hehe.

Kuah Ayam

Bahan:

10 buah ceker ayam, kalo tidak suka bisa diganti sayap atau bagian ayam yang lain

1liter air

Cara Memasak:

Berhubung saya ga punya slow cooker, jadi saya pake rice cooker dan biarkan semalaman. Kira – kira 7 jam, hasilnya, cekernya jadi empuk dan kuahnya sangat enak. Silakan tambahkan garam atau merica sesuai selera J

Mie

Mie telor 1 bungkus. Kebetulan kemaren di Giant dan Pujasari lagi ga jual mie basah kaya abang – abang Mie Ayam biasa pake, jadi saya pake mie telor biasa.

Sayur

Silakan rebus sayur apa saja yang disuka, kemarin saya pake pokcoy dan juga cuciwis.

Cara penyajian:

Siapkan mangkok

Masukkan 1sdm minyak ayam,1sdt garam, dan 1/2sdt merica, lalu masukkan mie yang sudah direbus. Aduk rata. Tambahkan ayam masak dan juga sayur diatasnya.

Kuah ayam dan ceker serta pangsit bisa diletakkan dimangkok terpisah

Selamat MencobaΒ πŸ™‚

Penampakan Masakanku
Penampakan Masakanku

photo (27)

Iklan

58 thoughts on “Bikin Mie Ayam Sendiri

  1. adhyasahib April 6, 2015 / 7:36 pm

    wah wah bisa buka testoran nih, seperti kata suaminya namanya Mi Ayam Bu Puji ;-), tapi kok ya banyak bangat yang harus di masak pisah2 gitu aku malas,hehe, maunya langsung makan aja *sodorin mangkok minta mie ayamnya* πŸ˜›

    • Puji April 6, 2015 / 7:41 pm

      Kasih mie ayam via email hihi….

  2. Gara April 6, 2015 / 7:43 pm

    Tanya Mbak, cuciwis itu sayur apa?
    Resep yang sehat ya Mbak soalnya tidak pakai vetsin. Ya kalau di abang-abang dagang kan yang ditaruh di mangkoknya cuma micin bersendok-sendok dan minyak yang juga kurang jelas, kan… :hehe. Memang lebih baik bikin sendiri, ya.
    Itu, buat pangsitnya ternyata mudah banget ya Mbak :hehe.

    • Puji April 6, 2015 / 7:49 pm

      Cuciwis itu sayur yang mirip sawi tapi versi kecil.. Biasanya dipake lalapan orang Sunda πŸ˜€ iya bli aku emang ga pernah pake vetsin kalo masak hehe..
      Iya bikin pangsit gampang kan, ayo bikin hehe

      • denaldd April 6, 2015 / 8:42 pm

        Ternyata cuciwis masih jadi trending topic ya Ji hahaha

      • Puji April 6, 2015 / 8:50 pm

        Hahhaa cuciwis oh cuciwis

      • Gara April 7, 2015 / 11:46 am

        Masakan yang sehat Mbak, keren.
        Iya, mungkin nanti mau bikin kalau ada waktu luang. Terima kasih infonya ya Mbak :)).

  3. joeyz14 April 6, 2015 / 8:18 pm

    Pesen 1 mie ayamnya bu Puji.

    Duh tp ribet ya ji nampaknyam.. buanyak persiapan..hehehe

    • Puji April 6, 2015 / 8:21 pm

      Ribet tapi worth it ka hehe.. Ayo nanti dikirim ke Cengkareng hihi

  4. denaldd April 6, 2015 / 8:48 pm

    Berapa lama ini Ji nyiapin semuanya beserta printilan2? Cekernya bener2 menggoda πŸ˜„

    • Puji April 6, 2015 / 8:51 pm

      Bentar Mba Den, sejam juga jadi. Bikin Mba Den, kalo mau lebih sehat mie nya bikin sendiri dan tambah wortel πŸ˜€

      • denaldd April 6, 2015 / 8:53 pm

        Ok Ji, aku catat dulu sebagai ide. Eksekusi sih nunggu mood, seperti biasa haha

      • Puji April 6, 2015 / 8:58 pm

        Sama aku juga mesti mood bagus baru makanannya lumayan rasanya πŸ˜€

  5. zilko April 6, 2015 / 10:06 pm

    Huaaa, asyiknya bikin mie ayam sendiri. Aku juga pernah tapi udah lama nggak dipraktekin lagi, hihihi πŸ˜›

    • Puji April 6, 2015 / 10:07 pm

      Bikin mie ayamnya waktu di Belanda apa di Jogja?

      • zilko April 6, 2015 / 10:12 pm

        Di Belanda doong, hehehe πŸ˜€

      • Puji April 6, 2015 / 10:20 pm

        Wwaaa hebat… πŸ‘

  6. kayka April 7, 2015 / 12:07 am

    aaaaa m pangsit rebusnya…

    ampyun deh ji, nasi uduk yang kemarin aja belum terwujud eh sekarang mie ayam…
    jadi binun nih…

    salam
    /kayka

    • Puji April 7, 2015 / 5:47 am

      ☺️ bikin dua-duanya aja Mba Kayka

  7. mrspassionfruit April 7, 2015 / 2:45 am

    Mmmmm jadi pengen makan mie ayam πŸ™‚
    Emang bener sih mie ayam itu gampang tapi terlihat sulit karena ribet banyak yang harus dikerjakan yah, belom lagi cuciannya hahaha

    • Puji April 7, 2015 / 5:47 am

      Kalo inget cucian sih sakit ati dah. Lol

  8. cerita4musim April 7, 2015 / 3:45 am

    Andalan ku juga nih kl lg kepengen yang easy peasy, belakangan lebih sering bikin Cwie Mie dan Vietnamesse Pho sih πŸ™‚

    • Puji April 7, 2015 / 5:50 am

      Cwie Mie dan Vietnam Pho juga enak, apalagi dimakan kalo cuaca dingin 😊

  9. NisadanChicco April 7, 2015 / 5:11 am

    Mie ayam makanan fav semua orang ya Ji!! Looks yummy .. Aku klo minyak ayam abis cuma campur kecam asin hitam, minyak wijen doang ahaha abisnya sini gada yang jual kulit ayam harus sama daging2nya

    • Puji April 7, 2015 / 5:51 am

      Oh disitu ga ada yang jual kulit ayam doang ☺️

      • NisadanChicco April 7, 2015 / 5:53 am

        Iyaa mesti ama ayam2nya Ji. Mungkin ada kali ya klo di china town sana tapi kan jauh dari tempatku.pesen 2 mangkok dong bu puji !!!!

      • Puji April 7, 2015 / 5:55 am

        Awas makin kepikiran Mba Nisa sama mie ayam 😜 ..

  10. indri April 7, 2015 / 6:18 am

    Saya juga suka bikin mie ayam sendiri tp blm secantik iniii… *mie ayam lovers*

    • Puji April 7, 2015 / 6:41 am

      Toss sesama mie ayam lover

      • indri April 7, 2015 / 6:42 am

        Tosss hehe

  11. Arman April 7, 2015 / 7:12 am

    mie sama pangsit nya look yummy. tapi ceker nya serem. hahaha.

  12. keluargahussein April 7, 2015 / 8:12 am

    Looks yummy mbak. Walopun agak ribet bikinnya pasti puas banget tuh makannya πŸ™‚

    • Puji April 7, 2015 / 8:18 am

      Puas banget hihi

  13. dianryan April 7, 2015 / 8:15 am

    ngiler pagi2 ngeliatnya….

    • Puji April 7, 2015 / 8:18 am

      πŸ˜€

  14. Nadia Khaerunnisa April 7, 2015 / 8:45 am

    Kebayang wanginya~~ Pengen nyoba,,, lebih jos kalo pake mie ayam kenyel-kenyel itu kayaknya ya πŸ™‚

  15. mysukmana April 7, 2015 / 9:29 am

    Wah..suka bgt kalo yg ada pangsit dan bksonya mbk

    • Puji April 7, 2015 / 10:57 am

      Mie ayam makanan semua orang πŸ™‚

  16. Christa April 7, 2015 / 9:51 am

    Ngilerrrr nih bu puji… Kirim2 dong hehehehe

    • Puji April 7, 2015 / 10:58 am

      Aku kirim gambarnya dulu ya hihi

  17. Atabelle April 7, 2015 / 12:31 pm

    Mau coba aah. Kebetulan ada kaldu ceker punya ponakan. *tante hemat πŸ˜€

    • Puji April 7, 2015 / 1:10 pm

      Bikin bikin πŸ˜€

  18. rizzaumami April 7, 2015 / 2:04 pm

    Waaaaaaah, ngileeerrrrrr, lapeeerrrr πŸ˜€ Mie ayam, lezat banget.

    • Puji April 7, 2015 / 2:12 pm

      Cepet ke tukang mie ayam πŸ˜€

  19. Beby April 7, 2015 / 4:39 pm

    Testernya mana, Mbak? Kok ngga dibagiin sekalian? Bruakakakakkk.. πŸ˜€

    Duh itu mie ayamnya menggoda selera euy.. Kayaknya wanginya sampe ke Medan deh. Ciyus. :’ *melipir bikin indomie*

    Izin save resepnya yah, Mbak Pujiiiii πŸ˜€

    • Puji April 7, 2015 / 8:56 pm

      Tandas tak besisa Beb :p
      Silakan dipraktekkan resepnya (jangan cuma disave aja)
      Btw beb kemaren aku mau komen di blogmu ko ga bisa ya :s

      • Beby April 15, 2015 / 10:48 am

        Prakteknya nunggu emak gajian dulu. Bruakakakakkk πŸ˜€

        Errr.. Blogspot emang gitu Mbak, rada sensi sama WP :/

      • Puji April 15, 2015 / 11:05 am

        :s huuuh, dari kapan tau sampe kemaren coba komen ga bisaa. Pindah aja apa beb ke WP πŸ˜€ ada chayangmu juga kan di WP πŸ˜€

  20. febridwicahya April 8, 2015 / 2:42 pm

    Eh itu step bikin mie ayam ternyata panjang juga ya ._. ya ampun, nggak nyangka. ribet juga ternyata. Aku selama ini cuma bisa makannya sih :p wkwkwkw

    • Puji April 8, 2015 / 4:38 pm

      Iya banyak pelengkapnya jadi ribet. Emang paling enak kalo langsung makan Feb :p

      • febridwicahya April 11, 2015 / 9:23 am

        Hihihi iya mbak, kalau langsung makan mah, kita taunya udah jadi aja gitu πŸ˜€

  21. myra anastasia April 8, 2015 / 11:59 pm

    saya juga sekarang kalau mau mie ayam suka bikin sendiri. Lebih ribet, sih. Tapi, kayaknya lebih menyehatkan aja

  22. riemikan April 9, 2015 / 6:29 am

    Capek kyknya Ji buatnya hahaha aku beli yg udah jadi aja wkwkwkwk. Yummy bgy liat masakanmu.

    • Puji April 9, 2015 / 6:45 am

      Hahaha…. Yang malesin itu cuci peralatan masaknya setelah itu. Lol

      • riemikan April 9, 2015 / 10:25 am

        hahaha aku males semuanya

      • Puji April 9, 2015 / 10:27 am

        Hahahaha… Lol

  23. rumahkubahagiaku April 13, 2015 / 7:49 am

    Kayaknya enak banget mie ayamnya.. Mudah2an kesampaian pengen nyoba * tipikalmalassih
    Btw salam kenal ya mbak πŸ™‚

    • Puji April 13, 2015 / 8:46 am

      Salam kenal juga πŸ™‚ Ayo bikin mie ayam sendiri, enak pasti πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s