Jobs = Hobby

Gambar dari Internet
Gambar dari Internet

Ini judulnya aja ko yang english, penjelasannya mah tetep bahasa Indonesia. Hehe.. Beberapa waktu lalu, saya dan temen – temen lain buat iklan TV & sesi photoshoot dengan artis top pada masa ini ceritanya. Hehe… Si artis ini kebetulan didaulat jadi brand ambassador kantor saya sekarang. Nah, berhubung kita maunya yang maksimal banget kan ya ceritanya dandanin si artis, maka untuk stylist/wardrobe, make-up artist, dan juga fotografer kita semua yang contact dan nego langsung, baru setelah deal diteruskan ke agency TVC kita.

Awalnya saya ga tau kalo orang – orang yang dandanin atau mix and match baju-baju si artis disebut stylist, saya pikir sebutannya wardrobe (maap ya kurang gaul, hihi) Saya pikir kita ga butuh stylist, karena cukup cari tim/orang/toko yang punya outfit keren – keren (baju,atasan,bawahan,sepatu,aksesoris,dll) macem – macem terus kita sewa deh, ternyata setelah googling keyword wardrobe dengan berbagai padanan kata sampe jari keriting susah banget cari yang seperti saya mau. Terus saya (bukan saya sih tim saya, haha) tanya ke agency TVC, si agency bilang kalo untuk urusan baju-baju, aksesoris, dll sebutannya stylist. Stylist ini yang bagian mix and match baju dan aksesorisnya, sepatu, tas, bawa setrikaan, terus kalo bajunya kusut dia yang perhatiin. Stylist harus detail dan rapi banget. Oke, akhirnya kita tanya ke management artisnya aja langsung (ini oneng banget sih, bukan nanya dari awal aja) siapa stylist yang biasa mereka pake. Terus dikasihlah satu nama, ya udah kita hubungin dan fee stylist adalaaaahhhhhh 10 juta untuk satu hari, dan itu hanya fee, belum termasuk dengan baju – baju atau sepatu, atau aksesoris atau apapun yang dibeli/dibikin baru khusus untuk acara kita. Oh ya, jadi stylist juga besar banget kemungkinannya untuk ikut shooting keliling luar kota atau luar negeri. Tergantung shootingnya itu dimana, terakhir ni saya kepo sama instagramnya si stylist ini, dan dia lagi jadi stylist untuk film yang shootingnya di spanyol. Huaaaa, enak bangeeet.. Menurut saya, profesi stylist ini cocok untuk orang yang suka banget fashion (yaiyalah yaaaa), hobi mix and match outfit dari atas kepala sampe bawah kaki, plus doyan belanja. Kenapa yang doyan belanja cocok untuk hobi ini? Karena, enak banget pilih – pilih barang terus beli terus di re-imburse ke client. Memang sih bajunya untuk client, tapi saya sukakkk banget kalo disuruh belanja, seneng banget berasa belanja buat diri sendiri, tapi minusnya saya standard dalam berpakaian dan meng-mix and match baju dan teman-temannya. Jadi sayang pekerjaan ini tidak cocok untuk saya. Wink Wink 😀

Selain stylist, ada juga MUA atau Make Up Artist. Ga pake cari – cari, karena si artist sudah kasih beberapa alternatif MUA (yang lagi hits bangeett) yang biasa dandanin dia untuk TVC maupun photoshoot. Si MUA ini kerjaannya udah pasti make-up artist plus hair do dan juga stand by di tempat pemotretan atau lokasi shooting, untuk memastikan make-up dan rambut si artist masih bagus dan terletak sebagaimana mestinya. Ditelp semua, dan kebetulan cocok jadwalnya sama salah satu dari MUA yang direkomendasikan.  Fee MUA itu berapa teman – temaaaann , 8-10 juta untuk satu hari. Mirip – mirip harganya sama stylist ya J MUA kayanya sama seperti stylist juga, bisa diajak kerja keluar kota atau luar negeri. Saya kan kepo ya, dan saya cek instagramnya si MUA ini, dan diaa lagi liburan keliling eropa aja gitu hihihi.. Kalo ini ga cocok juga jadi kerjaan saya, bisa-bisa muka orang kaya ondel-ondel kalo saya yang make-up in. Hehe… Ada yang berminat ga jadi MUA?

Photographer, kayanya  temen-temen udah tau lah ya kisaran fee mereka puluhan juta :p asik banget ya untuk orang yang hobi foto plus dibayar 😀  Ga usah jelasin banyak – banyak karena udah pasti banyak yang paham hehe..

Gambar pribadi, bersama artis, teman-teman, MUA, stylist :)
Gambar pribadi, bersama artis, teman-teman, MUA, stylist 🙂

PR (Public Relations), ini kerjaan saya hihi. Enak kerjanya, setengah waktu bisa ngobrol sama orang/media/siapapun, setengahnya lagi bisa mikir strategi atau ide apapun. Bisa jadi kuli bantu – bantu angkat barang, mondar – mandir pas event atau bisa duduk manis jadi tamu undangan :p bisa nulis jawaban kalo lagi males diinterview, atau bisa ngomong aja ngomong kalo tangan lagi males ngetik haha. Tapi tugasnya berat cuyy jaga kredibilitas perusahaan dari serangan pihak luar, ciee sok susah kerjanya haha.. But it was fun juga kerjanya, iya fun banget dan cocok sama karakter saya yang hobinya setengah – setengah. Kadang kalo lagi mau mikir yang serius bisaa, kalo mau refreshing pake “alasan” media monitoring untuk masuk ke dunia maya hehe. Tetep kerja looh tetep kerjaa :p Oh iya fee-nya gimana fee-nya. Ya Alhamdulillah fee-nya, syukuri apa yang ada, kalo dilebihin terus juga disyukuri haha…

So, are you in the right hobby job?

43 thoughts on “Jobs = Hobby

  1. nyonyasepatu Januari 6, 2015 / 8:14 pm

    Sama dong kerjaan kita hihi. Bedanya aku kalau ada photo shoot gt yah ngurus semuanya sendiri huhuhu

    • Puji Januari 6, 2015 / 8:16 pm

      Karena bisa foto ya mba? 😀 kalo di kantor aku daridulu ada tim photographernya, dulu di kampus belajar si fotografi, tapi skr makin oneng kayanya hahahaa

      • nyonyasepatu Januari 6, 2015 / 8:19 pm

        Gak sih tapi emang gak ada yg ngurusin hehe, karena seneng photo akhirnya aku bantuin deh

      • Puji Januari 6, 2015 / 8:30 pm

        Baiknya hehe, eh tapi maksudku disni bukan sekedar bisa loh mba, foto mba noni bagus dan keren 🙂

      • nyonyasepatu Januari 7, 2015 / 7:21 am

        Uhuy makasih ya Puji😊
        Tapi aku mesti lebih jago lagi supaya photoku bisa jadi duit haha

      • Puji Januari 7, 2015 / 8:52 am

        Semangaat 🙂

  2. joeyz14 Januari 6, 2015 / 8:14 pm

    Chelsea islan itu ya ji?
    Cantik yakk… gile fee stylist gede juga ya. Kalo MUA kan emang wajar ya gede…tapi ga nyangka stylist gede juga ya. Enak kerjaanmu ji apalagi plus bisa jalan2 tour luar kota. Aku sih menyukai pekerjaanku minusnya aku ga bisa jalan2 kayak kamunya aja hehehe…

    • Puji Januari 6, 2015 / 8:18 pm

      Thank you kak, loh maksudnya pujian untuk chelsea ya. Aku kira untuk aku, huuehehehe… Iya stylist aku juga ga nyangka pake bangett kalo mereka fee-nya setinggi itu kak. Jadi bu guru enak ya ketemu anak kecil terus setiap hari 😀 tapi enaknya lagi bisa liburan super panjang hihi

      • joeyz14 Januari 6, 2015 / 8:56 pm

        Ahhh makasih udah dingetin ttg liburku yang panjang banget itu yak…hehehe. tapi tetep wktu SMA aku pengen banget kuliah PR or HI sayangnya ga ada jurusan itu di univ yg diamaui mamaku

      • Puji Januari 6, 2015 / 9:05 pm

        Ooo gitu, bu guru juga PR yang baik untuk sekolah dan murid-muridnya kan 🙂

  3. Arman Januari 6, 2015 / 10:44 pm

    Kalo jadi MUA kerja nya msh sudah lah, kalo jd stylist tuh kayaknya enak banget ya. Gile bayarannya gede bgt :p

    • Puji Januari 6, 2015 / 10:51 pm

      Iya mantep kan mantep kaaan, aku juga ga sangka ko stylist segitu mahalnya 😀

  4. yayangneville Januari 7, 2015 / 1:13 am

    Waduh mata melotot hati berdebar mengetahui fee stylist, klo sebulan dapat 4 hari kerja aja…..wooowww 😉

    • Puji Januari 7, 2015 / 6:32 am

      Enak banget kan ya 😁

      • Puji Januari 9, 2015 / 11:18 am

        ayo masih bisa 😀

  5. -n- Januari 7, 2015 / 5:25 am

    Gile. Kerja jadi stylist 2 hari aja, udah kalah deh gaji kerja suami eykeh sebulan 😆 pantesan bs jalan2 ke LN ya stylist dan MUA ini 🙂

    • Puji Januari 7, 2015 / 6:33 am

      Mantap ya 😀

  6. Eka Novita Januari 7, 2015 / 9:32 am

    Enaaak bgt kalo kerjanya emng sesuai hobi berasa ga kerja, tapi kayaknya ga setiap orang bsa dpt kerja sesuai dg yg diminati ya mbak. Apapun disyukuri aja deh. Kalo aku hobinya banyak kalo mau dijadikan kerjaan yg ada bingung sendiri mau milih yg mana. Emak-emak rempong sih :P.

    • Puji Januari 7, 2015 / 9:33 am

      Haha. Iya syukuri apa yang ada ya 🙂

  7. dyazafryan Januari 7, 2015 / 2:56 pm

    i think , i’m… heheheh hobby yang jadi profesi 😀

    • Puji Januari 7, 2015 / 3:07 pm

      Mantap. Lucky you 🙂

      • dyazafryan Januari 8, 2015 / 1:02 pm

        makasih… 😀

  8. Marialc Januari 7, 2015 / 2:57 pm

    Enaak bgt itu yg jadi stylist, uda kerjanya belanja2 baju, dibayarnya mahal pulaak. Kereen. Huihihii tp kl yg kemampuan milih bajunya pas2an kyk aku gini susah banget itu sih -_-

    • Puji Januari 7, 2015 / 3:08 pm

      Iya, enak banget bayarannya. Hehe 😀 sama, aku juga orangnya ga terlalu bisa matchingin sesuatu hehe

  9. Sandrine Tungka Januari 7, 2015 / 5:23 pm

    Awhh aku suka sekali liat Chelsea Islan… mudah2an toko saya di tokopedia menjadi berkah… amin *loh apa hubungannya* 😀

    Mantap juga ya para stylist itu,,, ternyata dibayar mahal!!! Seandainya saya jago mix and match baju … hwehehehe

    • Puji Januari 7, 2015 / 5:24 pm

      Seandainyaaaa hihi… Amin semoga tokonya makin laku ya

  10. Ailtje Binibule Januari 7, 2015 / 11:03 pm

    Makanya gw belajar pakai make up supaya ga perlu bayar make up artis mahal2 (hah kale emang gw artis). Tapi setelah belajar make up baru ngeh kenapa mahal, ga gampang udah gitu peralatan make up yang bagus juga ga murah.

    Anyway, itu Chelsea yang gosip nya deket sama Afghan? Gw papasan di kos beberapa tahu lalu dan disenyumin. Gw ga ngeh dia siapa sampe pekerja kos pada heboh ngasih tahu. Tapi bagus juga dia senyum, ga pasang tampang pongah. Kalau pongah gue juga ga kenal 🙂

    Anyway, gw ada di pekerjaan dambaan. Menyenangkan, kalau berangkat kerja ga pakai stres dan manyun.

    • Puji Januari 8, 2015 / 9:06 am

      Iya, peralatan make up mahal ya haha… Aku ga tau mba Ai, Chelsea pernah digosipin sama siapa hahaha..

      • Ailtje Binibule Januari 8, 2015 / 9:15 am

        Digosipkan media sama Afghan. Dulu pernah nongol di kos sama Afghan sih, tapi bukan berarti mereka bersama, bisa jadi temen juga. Media kan suka membumbui hal biasa jadi spesial. Atau malah hal spesial dijadikan biasa.

      • Puji Januari 8, 2015 / 9:15 am

        Jangan percaya media 100persen ya mba hehehe

  11. Lorraine Januari 8, 2015 / 12:23 am

    Stylist ngetop memang bayarannya ok tapi untuk sampe kesitu kan dia mulai dari bawah. Setahuku kalo stylist ngetop banget bisa pinjem barang dari merk terkenal untuk sekalian endorsement Ji.

    Hmm, aku sekarang sih suka banget kerjaanku tapi pingin juga ngerasain jadi foodstylist (foodstylist yang ngetop bayarannya juga jutaan perhari), food photographer atau chef walaupun cuma seminggu 🙂

    • Puji Januari 8, 2015 / 9:09 am

      Iya mba, stylist itu awalnya kerja dimajalah terus dia kerja sendiri. Aku baru tau foodstylist juga eksis dan harganya mahal juga. Semangat Mba Yo, aku yakin Mba Yo bisaaa 🙂 🙂

  12. siti Januari 8, 2015 / 10:10 pm

    tuh artisnya yang main peran Merry Riana kan yaaak?? namanya pernah lihat deh ekh dengar maksudnya..btw ibu saya dari kecil suruh saya belajar hair stylish sama make up.. ternyata potensi income memang gede apa daya takdir berbelok.. ya sutralah.. cari rezeki dari lahan lain aja…

    • Puji Januari 9, 2015 / 7:47 am

      Iya itu si pemeran Merry Riana mba,, memang bukan takdir ya mba hehe

      • siti Januari 9, 2015 / 2:48 pm

        ohh benar berarti .. tinggi ternyata ya… aku sih belum nonton filem nya..

      • Puji Januari 9, 2015 / 2:51 pm

        Iya sama tingginya sama aku :p bedanya dia cantik jelita hahahaha

  13. Indah Susanti Januari 15, 2015 / 9:56 pm

    Wah..kebetulan hobi utamaku kan fotografi dan udah beberapa kali lah motret buat bayaran – sumpah, kok jadi stress..ngeladenin mau-nya client plus takut mengecewakan client. Akhirnya ya jadi bukan hobby lagi karena ada beban..kayaknya mikir dua kali kalu menjadikan fotografi sebagai pekerjaan utama.

    Mungkin kalau freelance untuk majalah gitu tanpa ada assignment khusus gak apa-apa deh..jadi ada kebebasan untuk nulis dan foto yg dikirim..kalu ditolak editor ya sudah, sakit hati bentar terus pajang aja di instagram atau blog …hahaha…

    Yang penting sih suka sama kerjaan-nya..kebetulan aku suka sama kerjaanku sekarang ini dan bisa menikmati hobby tanpa beban 🙂

    • Puji Januari 15, 2015 / 9:58 pm

      Nice thought mba. Foto Mba Indah tapi keren semua, dah pasti majalah mau publish hehe

Tinggalkan Balasan

