Menyapa

Dari beberapa waktu lalu, pengen nulis tentang sapa menyapa ini πŸ˜€

Jadi begini, saya kenal satu orang (setidaknya yang saya inget) kalo mulai chat via WA atau SMS pasti ga pake nyapa dulu. Contohnya begini “Sekarang lagi ada berita apa di kantor?” Heran ya, itu orang tau etika atau engga sebenernya -.- Awalnya saya pikir, mungkin dia keburu – buru makanya langsung nanya ke topik yang dia omongin. Tapi lebih dari dua kali itu artinya, emang kebiasaan dia yang buruk ya. Mending ya kalo ini pacar, keluarga, sahabat (meskipun tetep nyebelin juga) tapi ya udahlah yah gitu. Tapi ini antara hubungan kerja (dan bukan orang satu kantor), kayanya aneh banget.

Sempet mikir, ini saya yang aneh sendiri atau gimana. Akhirnya nanya ke temen, yang kebetulan juga suka berhubungan sama orang itu gimana tuh orang kalo WA atau SMS, ternyata sama. Kalo orang itu SMS atau WA temen saya langsung ke pokok permasalahan, misalnya “Punya kenalan anak komunikasi yang punya bisnis online ga?” Gitu, minta digetok ya. Zzzzzzzzzzzzz….

Susah apa ya, manggil orang pake Mas atau Mba atau manggil nama langsung would be better. Atau, kalo emang males banget manggil mba/mas/pak/bu atau nama ucapin aja salam, selamat pagi siang sore dan malam, assalamualaikum, salam sejahtera, atau apa gitu ya gaaa?

Agak gimana gitu sih ya kalo ga dibales, soalnya dia kerja di media a.k.a wartawan yang mau ga mau tetep saya harus maintain hubungan baik. Tapi alhamdulillah, sekarang orang ini udah hampir ga pernah hubungin saya haha.. Eh tapi beberapa hari yang lalu ada yang SMS dengan isinya kurang lebih seperti ini “(Nyebut nama perusahaan saya) kurang orang tuh, verifikasi pembayaran lama” Kesel ga? Ga nyebut nama, ga nyebut dia siapa, ujug – ujug SMS begitu. Sialnya, saya lagi buru – buru dan salah bales yang saya akuin salah “Terus, gimana?” maksudnya nadanya ga jutek gitu ya. Tapi udahlah ya intinya saya salah banget nget bales gitu. Terus dibales lagi “Bingung sy ditanya malah balik nanya harus gimana, knp harus kami jg sih yang mikirin how make good online store. thats employee pay enough.” (Ini literally SMS dari dia haha), terus saya bales lagi (literally) Maaf ya, saya salah sms barusan. Ini siapa? Bisa saya bantu no.invoice biar saya teruskan ke customer care?” Ehh malah ga dibales. Awalnya agak khawatir, takutnya itu orang media karena biasanya yang tau saya orang media dan saya kan punya pengalaman (seperti cerita diatas) ada orang nyelonong nanya dari media. Tapi pas dicari – cari ga ada di database media yang saya punya, kemungkinan sih dia tau dari press release gitu. Oh ya, setelah 2Β menit sms begitu dan ga ada balesan saya langsung telp itu orang tapi dia ga angkat – angkat padahal niat saya baik (dan juga panik karena takutnya dia kerja di media gitu hahahaha).

Maap ya kisahnya sungguh random πŸ˜€ Marilah menyapa sesama, manggil nama atau sekedar ucapan pagi siang sore malem πŸ™‚

23 thoughts on “Menyapa

  1. mrspassionfruit November 18, 2014 / 5:42 pm

    Ji, aku juga suka kesel sama kakakku. Kalo WA nyapanya “Oi” gitu doang… emang daku peliharaan panggilnya Oi, trs ga nanya kabar pst langsung “Lagi ngapain loe???” Dilanjutkan sama maksud tujuan n unek2nya. Zzzz hahaha

    • Puji November 18, 2014 / 5:57 pm

      hahaha, kalo keluarga biarpun nyebelin tapi ya udahlah yaaa. Tapi itu oi walaupun “lucu” tapi masih berusaha menciptakan sapaan. Lah ini lebih absurd lagi kan, hubungannya kerjaan hahahaaha

      • mrspassionfruit November 18, 2014 / 6:00 pm

        Hahahaha ampe Mami juga sebel lama2 kebiasaannya manggil orangtua juga Oi lol. Males ya kalo org yg ga pake nyapa, kenal deket juga ngga. Aku ada tuh org nanya Mar cowo lu lawyer ya? Gw bilang ngga trs dia tanya kerjanya apa? Gw bilang kenapa emang? Trs ga dibales lagiiii zzzzz ga pake nyapa juga tuh n kapasitas jg cmn kenalan aja

      • Puji November 18, 2014 / 6:04 pm

        Kalo manggil orang tua sih minta digetok hahaha. Aneh amat itu orang yang nanyain kerjaan cowo orang.Ckckckck

  2. Swastika Nohara November 18, 2014 / 6:01 pm

    Yup… aneh dan kaget rasanya kalau dapat WA langsung bablas gak pakai menyapa dulu. Eh,kecuali sm suami, saking seringnya WA sampai sering nanya langsung πŸ˜πŸ˜‚

    • Puji November 18, 2014 / 6:04 pm

      Kalo suami beda cerita mba Tika πŸ˜€ ya udahlah ya, lah kalo orang lain hahaa

  3. zilko November 18, 2014 / 6:15 pm

    Hehehe, tata krama ya πŸ™‚ .

    • Puji November 18, 2014 / 6:45 pm

      Iyap ko

  4. Breldine November 18, 2014 / 8:59 pm

    Mungkin.. bukan karena engga sopan, atau memang engga sopan hahaha, tapi karena mereka (termasuk saya kadang) kurang suka bertele tele basa basi dan ber hai-hai an. dan bisa jadi teman ka Puji memang sibuk, jadi langsung kirim pesan secepatnya, selagi ingat. πŸ™‚

    • Puji November 18, 2014 / 9:05 pm

      Mm gitu ya, bisa jadi sih itu budayanya ya. Cuma agak aneh aja sih hehe, ya at least just say hi atau manggil nama belakang aja misalnya ji,blablablabla (langsung ke pokok masalah) menurut saya pribadi itu bukan basa-basi πŸ˜€

      • Breldine November 18, 2014 / 9:35 pm

        Iya begitulah, tiap orang berbeda beda hehehe πŸ™‚

  5. Arman November 18, 2014 / 10:22 pm

    Mungkin dia ngirim nya massal kali ya jd gak pake sapaan. Tetep gak sopan sih emang…

    • Puji November 19, 2014 / 8:49 am

      Kayanya sih dia ngirimnya ga massal ko, tapi ya tetep aneh sih kalo massal juga. Hehe πŸ˜€

  6. Crossing Borders November 18, 2014 / 10:38 pm

    Mending neng.., nih orang kelihatannya lumayan sering berinteraksi sama kamu ya.. Aku pernah punya kolega, setelah sekitar 6 bulan gak ketemu, pas ketemu lagi, aku otomatis mau nanya gini (ini omongan belum keluar dari mulutku) “hai apa kabar”.., keduluan dia yang nanya aku..”jadi kamu udah nikah belum..?”, tanpa ada bla bla bla apa kek.. Langsung dong aku jawab, “kabar saya baik, makasih..” Dia langsung malu tuh digituin..hehehe..

    • Puji November 19, 2014 / 8:49 am

      kalo aku jadi bibi, aku bales “kamu siapa ya?” hahaha sekalian aja gituin πŸ˜€

  7. Lorraine November 18, 2014 / 11:03 pm

    Sama Ji. Aku ngga sreg dengan orang – orang seperti ini. Ini tata krama dasar. Apa susahnya sih menyapa Hallo X gitu?

    • Puji November 19, 2014 / 8:50 am

      Iya, kalo ga manggil namapun just say hi, hello. Kayanya susah banget ya untuk orang – orang seperti itu.

  8. cerita4musim November 19, 2014 / 5:43 am

    walaupun gak ada pelajaran di sekolah mengenai cara nyapa orang di chat, tp ya masa bego bgt sampe gak bisa nulis sekedar “hello…” atau “mbak…”
    apalagi kl berhubungan nya krn pekerjaan.

    • Puji November 19, 2014 / 8:53 am

      Begitulah mba Fe, ajaibnya orang2 πŸ™‚

  9. Chichi November 19, 2014 / 6:53 am

    Haha..
    Coba buka isi sms di hp nya.
    Jangan jangan dia juga mengalami hal yang sama. Semua sms untuk dia nggak pernah nyantumin mas/mbak/halo sebelumnya.
    Ternyata dia tumbuh di lingkungan org2 yg serupa.. siapa tau. hihi

  10. siti November 19, 2014 / 7:45 am

    satu kelemahan saya gak cepat hafal nama apalagi kita kerja di department yang terkait sama public dan client ada ribuan kartu nama deh di dalam laciku kadang saya di sapa orang tapi lupa namanya siapa bukan sok tenar tapi otak kayaknya limit memory nya ada hahahha

    • Puji November 19, 2014 / 8:54 am

      hahaa, gapapa mba itu mah biasa. yang penting ada hai atau hallo-nya. Aku juga sering lupa nama orang sebenernya, tapi sekedar hai aja gitu ga ada salahnya πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

