Kisah Jumat – One Shocking Moment

Btw ada kabar duka di hari jumat. Salah satu dosen kuliah saya meninggal dunia. Awalnya lagi liat2 Fb di hp, terus baca berita duka itu langsung kaget karena ga pernah denger beliau sakit. (Di fb, kampus saya aktif banget kasih tau kalo ada dosen atau pegawai yang sakit “parah” gitu) anyway, ternyata Pak dosen meninggal setelah jatuh dari kamar mandi. Meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit 😦 sedih juga dengernya, apalagi pas baca obituarinya, pak dosen persis dua bulan lagi akan genap 50 tahun.

Well, pak dosen ini bukannya yg akrab banget sama saya gitu. Mungkin beliau juga lupa, karena saking banyaknya murid yg pernah diajar. Tapi saya ga pernah lupa sama pak felix. Beliau tampangnya “signature” orang flores yang diidentikkan dengan muka sangar, tapi ya ampuun orangnya baik banget. Plus suaranya itu halus banget, ga suara kasar atau keras sama sekali meskipun logat flores masih kental banget pas beliau ngajar. Agak lupa sih pernah diajar satu atau dua mata kuliah sama beliau. But he is one of a very kindhearted lecturer. 😦

Terus baca fb temen, yang kasih link jakartapost yang pernah angkat kisah hidup pak felix. Beliau lahir dan besar di pelosok flores (saya lupa nama kotanya), ketika beliau SD harus jalan ratusan kilometer untuk sekolah plus tanpa alas kaki. Di artikel itu beliau bilang “Saya jalan kali ke sekolah jam 5.30 dan tanpa sarapan. Saya heran juga ko jaman itu bisa kuat-kuat aja ya.” Penghasilan keluarganya datang dari hasil berkebun, intinya bukan keluarga yang berkecukupan. Pas beliau SMA, ayahnya kirim beliau sekolah di tengah kota flores yang harus di tempuh 6 jam pake perahu cepat. Dan beliau tinggal di asrama dan pulang 6 bulan sekali. Menurut ayahnya, hanya pendidikan yang bisa merubah hidup orang. Singkat cerita beliau lolos kuliah di UI. Selama beliau tinggal di Jakarta, orangtua beliau hanya mengirimkan uang dua kali yaitu sebesar rp.150ribu dan rp.200ribu. Setelah dikirim yg kedua kali, beliau bilang ke orang tua ga usah kirim uang lagi karena beliau dapet beasiswa dari kampus. Mengenai beasiswa itu sebenernya hanya akal2an beliau saja, karena ga mau repotin orang tuanya. Semenjak itu, beliau aktif kerja serabutan jadi penulis newsletter kampus demi menyambung hidup.

Ternyata nasib baik saat itu hampir tidak berpihak sama beliau. Beliau terancam di DO karena sudah sangat sangat telat bayar uang kampus. Sebenernya sering telat juga, tapi yang kali ini beliau pasrah karena ga tau harus cari uang kemana lagi. Tiba2 ada seorang dosen UI nanya mengenai hal ini, dan beliau cerita jujur bahwa akan di DO. Setelah itu bu dosen bersedia kasi bantuan dengan bayarin uang tersebut. Akhirnya pak felix bisa lulus dari kampus. Di artikel itu pak felix cerita bahwa beliau sangat berhutang budi sama bu dosen itu, yang karena kebaikan hatinya bisa bikin pak felix tetep kuliah.

Well, so many moral of the story from the post. Jujur, saya terenyuh dan salut sama perjuangan orang yang sangat jauh dari ibukota dan bisa sukses seperti itu. Plus tempaan hidup kaya gitu, bikin beliau tetep menjadi seseoranh yang lembut bersahaja. I meant kalo liat mukanya doang pasti orang akan sangka beliau galak, tapi begitu ngomong dan ngobrol beliau sangat lembut. 😦 but semua kehidupan sepenuhnya Tuhan yang urus, this one was a shocking moment and also reminder for me. Tanpa sakit keras sebelumnya pun manusia bisa meninggalkan dunia dan bertemu Sang Pencipta.

Well, semua keluarga besar LSPR Jakarta berduka but i have to say RIP Pak Felix Jebarus, may your place now are brighter than before. Thank you for your time for me when i was your student.

Iklan

2 thoughts on “Kisah Jumat – One Shocking Moment

  1. Clarissa Mey September 23, 2014 / 3:56 pm

    Sedih yah mba kl meninggalnya dadakan akibat kecelakaan gitu, pasti keluarganya terpukul n sulit menerima 😦
    Moga pak Felix beristirahat dgn tenang skrg 🙂

    • Puji September 23, 2014 / 3:58 pm

      Iya, kisah begitu bikin sedih dan udah pasti jadi self note untuk kita ya mey.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s