Nasi Uduk

Well, this one is my favorite breakfast besides bubur ayam. Entah kenapa nasi uduk selalu dirindukan setiap pagi ya? Setiap pagi menuju ke kantor, saya selalu ngelewatin deretan pedagang nasi uduk. Maksudnya bener-bener cuma jarak berapa meter doang, pedagang nasud ini sebelah2an plus didepannya juga ada tukang nasi uduk juga. Heboh bener. Dan yang lebih hebohnya, itu tiap station nasud pasti ada aja yg beli atau antri. Tapi dari semua station nasud itu, ada tetep sih yang paling rame satu tempat. Emang bisa diakui paling enak rasanya, plus bakwannya lebih tebel tapi garing dan maknyus.

Saya sering bawa kotak makan kosong, terus berhenti sebentar untuk beli nasud dan makan dimobil. (Ga heran ya saya dan suami badannya makin melar) bhahaha.. Eh kita makannya sekotak berdua ko :p jadi saya suapin pak suami, gitu loh. Jangan lupa pake bakwan juga. Makin mantaaap 🙂

Terus ada satu lagi deket rumah kita, nasi uduk malem. Jualannya nasi uduk ada pilihan lauknya, kaya tongkol balado atau tahu mercon (ini pedes tapi enak), ayam goreng, ati ampela balado, telor balado, ayam tahu tempe jengkol yang semuanya disemur. Ada serundeng dan juga bihun serta tempe orek. Ini kita bebas nentuin apa yg mau dipake di nasud kita. Nasud malem ini juga punya tempe goreng tepung yg crunchy.

Dunia saya deket sama nasud, dari kecil saya sering banget sarapan nasi uduk. Oh ya, kalo yang dilewatin setiap pagi menuju kantor, itu nasi uduk betawi. Nasi uduk betawi yang berkuah semur itu loh. Nah kalo dari kecil, saya biasa makan nasi uduk sunda, tionghoa atau nasi uduk jawa pecel. Nasi uduk sunda ya karena yg jualan orang sunda. (Cetek bener nih alesannya) 😀 nasi uduk sunda ya si eceu jualan nasi uduk dengan compliment nasud pada umumnya, seperti pake telur iris, tempe orek, sambel kacang. Bedanya ga pake kuah semur. Nasi uduk tionghoa, selain yg dagang orang tionghoa, menurut lidah saya rasa nasi lebih gurih, santen lebih berasa. Lalu yg bedain lagi, nasud ini pake kering kentang balado plus sambelnya itu sambel merah gitu. Oh iya kadang-kadang juga ada sambel terikacang. Mmm enak. Kalo nasud pecel, ya nasi uduk campur sayuran pecel dan tempe mendoan atau bakwan. Waaa enak banget nih si mba sambel pecelnya, wangi daun2 herbs berasa banget. Jadi laper. Eh btw, ini penilaian kategori berdasarkan kesotoyan saya ya 😀

Dan yg terakhir, nasi uduk buatan mamaku. Dulu ya, jaman aku kuliah si mama jualan nasi uduk. Sempet jualan di garasi rumah, sempet didepan masuk komplek rumah. Let’s call nasud mama ya nasi uduk sunda (karena kita orang sunda kan) hehe. Bedanya lagi si mama juga jual tahu isi, dan wedang jahe. Oh ya, dan dulu pun aku suka bawa buat temen2 yg udah pesen di kampus. Kalo orderan sampe 20 bungkus, lumayan juga beratnya itu nasi uduk. Belom lagi pake antri busway dan bediri di busway. Amsyong dah sampe pegel banget tangan dan kaki.

Pas mama jualan nasud, saya impulsive banget tiap pagi makanin nasi uduk. Alhasil langsung naik 4 kilo loh dalam kurang lebih 1 bulan. Mengingat timbangan yg tidak bersahabat, saya ngurangin porsi makan nasud yg tadinya setiap hari jadi seminggu sekali. Hasilnya berat badan turun lagi 4 kilo. So funny 😉

Jadi kepikiran besok pagi apa sarapan nasud aja ya? Anyone?

26 thoughts on “Nasi Uduk

  1. joeyz14 September 18, 2014 / 11:42 pm

    pujiiii…hahahahah….kamu berhasil bikin aku jadi pengen nyarap nasi uduk besok pagi . aku suka nasiuduk sunda…betawi dan cina..ahhh sama aja itu enaknya…
    btw dah malen yakk

    • Puji September 19, 2014 / 8:10 am

      Udah sarapan nasi uduk hari ini mba? 😀

      • joeyz14 September 19, 2014 / 3:11 pm

        ga jadi jiiii…aku bangun kesiangan ga sempet mampir tempat tukang uduk…

      • Puji September 19, 2014 / 3:46 pm

        Haha.. Besok beliii

  2. Lorraine September 19, 2014 / 12:42 am

    Aah, Nasi Uduk Betawi pake semur tahu, hati, rempela goreng, sambal kacang, tahu goreng & lalap. Aku suka! Deket rumahku di Jakarta ibu haji yang jual ini juga jual kue Gemblong Ji. Enak!

    • Puji September 19, 2014 / 8:11 am

      Ya ampuun, dessert nya kue gemblong enak banget 🙂

      • Lorraine September 20, 2014 / 1:11 pm

        Iya, dan kalo aku beli pagi jam 6 gitu, masih anget kue Gemblongnya. Ibu haji itu memang juara banget deh. Kalo bulan puasa dia jualan asinan juhi. 4 hari sebelum Lebaran dia buat dodol, aku suka main kerumahnya karena aku temen cucunya dia dan boleh icip dodol yang masih cair. Waa, cerita nasi uduk jadi inget masa kecil.

      • Puji September 20, 2014 / 2:49 pm

        Asinan juhi juga enak. Buat aku makanan indonesia kayanya enak semua 😂😂

  3. suriyatifang September 19, 2014 / 12:32 pm

    Aku juga suka nasi uduk mba, tapi sekarang uda jarang beli lagi karena insiden ada kotoran tikus waktu itu hahaha

    • Puji September 19, 2014 / 12:36 pm

      oh iya, hahah. Jadi masih trauma gitu ya?

  4. siti September 19, 2014 / 12:54 pm

    hahaha skrg saya sangat hidup sehat stetiap lihat makanan saya mikir ini manis gak ini kalori berapa ini pake MSG gak sehat gak? skrg aku gak sembarang makanan, sarapan apel sama oatmeal campur energen cereal, camilan cuma buah saja sama biskuit regal, rajin olahraga 2x seminggu, kalo nemu kue atau apa aku biasa gak makan, soalnya sadar bakalan nombok lemak dmana mana,.. aku gak mau langganan sakit2an, skrg apa apa mahal… hidup hanya sekali …. sorry lebay.com tapi memang betul saya semakin sadar paling aman itu bawa makan dari rumah cuma belum sanggup … suatu hari nanti……….

    • Puji September 19, 2014 / 12:59 pm

      Memang nasi uduk kalorinya besar, tapi aku salut sama mba siti yang konsisten hidup sehat. Semoga aku bisa ikutin juga 👍

      • siti September 19, 2014 / 1:08 pm

        iya perjuangan lebih berat lagi buat membuat hidup suami lebih sehat…..pola pikir Amerika terhadap makanan beda… kalo aku mencoba disiplin salah satu sahabatku itu instruktur senam dan sangat hidup sehat badanya langsing dan sehat.. pola makannya ya ampun sangat sangat sehat makanya aku belajar dari dia.. soalnya kemarin pengalaman sakt masalah pencernaan …..tentunya dari makanan.semoga saya istriqamah deh sampai tua……………….

      • Puji September 19, 2014 / 1:09 pm

        Amiin 🙂

    • Puji September 19, 2014 / 3:46 pm

      Kalo ga basi aku kirim mba hihi

  5. Messa September 19, 2014 / 7:48 pm

    aku pun penggemar nasi uduk mbak Puji. coba kalo di sini ada penjual nasi uduk berseliweran kayak di sana, pasti hampir tiap pagi sarapan itu 😀 kalo gak salah nasi uduk masaknya pakai santan kan ya? makanya gurih dan bikin gendut 😀 btw, coba sarapannya selang-seling dgn oatmeal mbak, supaya bodi nggak melar 😀

    • Puji September 19, 2014 / 7:51 pm

      Haha iya santan kunci utama nasi uduk. Makanya kalorinya ampun banyaknya haha. Pasti diselingin yang sehat2 juga 😀

  6. rianamaku September 19, 2014 / 10:22 pm

    Aku kangen makan nasi uduk plus kerupuk sama semur jengkooolll….

    Lapeeer…

    • Puji September 19, 2014 / 10:33 pm

      Besok jajan nasud aja 😀

      • rianamaku September 19, 2014 / 10:39 pm

        Di yogya jarang ada yang jual..

      • Puji September 20, 2014 / 7:00 am

        Ooo gitu ya, baru ngeh.

  7. mrspassionfruit September 20, 2014 / 1:04 pm

    Aduhhhh dipikir2 udah 15 taunan gak makan nasi uduk hahaha… sejak warung nasud depan kantor nyokap tutup tuh. Biasanya nungguin dia pulang makan nasi uduk deh, enak banget tuh nasud… n sejak tutup kita belom nemu lagi yang seenak itu sampe skrg, jadi belom makan *apalagi sejak pindah keluar*

    • Puji September 20, 2014 / 2:48 pm

      Bikin ajaaaa 😀

  8. Indah Susanti September 23, 2014 / 4:23 am

    Hikss…jadi pengen nasi uduk ini setelah baca postingmu…selamat makan nasi uduk yaaw..

    • Puji September 23, 2014 / 5:45 am

      Hehe. Mari makan 🙂

Tinggalkan Balasan

