Pecinta Makanan Pedas

Saya dan si papa bebeb pecinta berat makanan pedas. Saya yang asli sunda dan suami yang peranakan Jawa dan Sumatera, dari kecil kami udah akrab sama makanan super pedes (versi orang Indonesia). Hampir tiap weekend waktu saya kecil dulu, mama bikin tumis kangkung, tempe goreng tepung, sama yang pasti ada ya sambel uleg dari yang kadang – kadang ekstra pedes atau pedes aja. Kalo kebetulan tante saya yang masak, lebih ekstrim lagi masaknya. Itu cabe uleg dimasukin di tumisan kangkung, masaknya sambe batuk dan bersin – bersin saking tajemnya aroma tumisan. Tapi rasanya bolehlah dicoba. Jaman saya sekolah dulu, untungnya banyak ketemu pecinta pedes juga πŸ˜€ hahaha… Tapi ada juga loh temen saya dari kecil, kayanya kecintaannya sama makanan pedes udah gila banget untuk ukuran anak kecil. Sampe tuh ya kita suka makan baso bareng dan baso dia itu bau cabe, udah bukan bau daging lagi :p

Lucu dan senangnya ketemu pak suami yang pecinta cabe juga, jadinya makin klop lah kita. Bhihihihik… Suka kulineran bareng makanan yang menurut rekomendasi Β orang – orang itu pedes! Sebutlah misalnya Ayam Mercon, Bebek Slamet, Bebek Kaleyo, rumah makan Beautika, Rumah Makan Bu Andika di Bali dan lain – lain. But, fyi untuk bebek kaleyo dan bebek slamet buat kita ukurannya udah pedes aja bukan pedes banget. Belaguuuu. Apalagi makanan padang mah ga ada pedes2nya buat kita πŸ˜€ Suami juga hobi banget tuh ya minta dibuatin sayur Β tempe (sayur cabe sebenernya sih) dengan cabe rawit merah yang dibejek kira – kira 30 biji. :p

Tapi kayanya perutku semakin kadang – kadang ga kuat makan pedes, soalnya kalo abis makan yang pedes banget plus berminyak, biasanya perutnya rasanya sakit menohok. (Ssst tapi biasanya pas perut saya sakit di mobil saya diem – diem aja, hihi. Nanti kalo bilang papa takut papa khuwatiirr dan nanti ga boleh makan sambel banyak – banyak lagi :D) Dan hampir satu tahun lalu, pas saya dioperasi usus buntu, banyaaaaaaaaaakk banget yang menyarankan untuk berhenti cinta sama cabe dan kawan2nya. Tapi kayanya saya juga cuma eling kira – kira sebulan, setelah itu sikaaat lagi makan cabe. Bhahaha… Suami komplain ga waktu saya abis operasi makan cabe? Ya gimana mau komplain? Kalo saya disuruh berenti makan cabe, nanti dia juga saya suruh berenti makan cabe. Ga mau rugi laaahhh :p

Makanan pedes itu nikmat banget, menambah napsu makan πŸ˜€ Hampir tiap weekend kalo kita lagi dirumah, pasti bikin sambel. Ya bikin sambel bawang ala bu Rudy lah (Ngomong – ngomong sambel bu Rudy, kalo saya makan berdua suami satu botol kecil itu kayanya sehari juga abis. Hehe), bikin sambel ala bebek slamet lah, bikin sambel tempe, atau sambel dengan tomat dan terasi… Dan seringnya lauknya telur dadar plus satu sayur yang ditumis bawang putih. Ya Tuhaaan itu rasanya surgaaaa banget.

Secinta apa temen – temen sama makanan pedes? Dan mau dong dikasih tau rekomendasi tempat makan yang pedes – pedes gitu J tapi kalo bisa diseputaran Jabodetabek. Eh diluar kota juga boleh deh, siapa tau pas lagi ada waktu, rejeki dan kesempatan bisa mampir. Boleh juga dikasih tau resto yang jual makanan luar negeri yang pedes – pedes πŸ˜€

34 thoughts on “Pecinta Makanan Pedas

  1. nyonyasepatu September 1, 2014 / 1:49 pm

    aku juga sukaaa banget tapi begitu kemaren ikut FC kan makan cabenya dikurangin trus pas makan sambel langsung murus2. SEkarang kalau udah ngerasa level pedesnya ketinggian, aku suka puasa makan pedes2 dulu, biar makanan pedes di Medan bisa enak lagi hehe

    • Puji September 1, 2014 / 1:51 pm

      Ngaruh ya mba Non abis FC, trus langsung murus2? πŸ˜€ kayanya sayang gitu kalo melewatkan kegemaran makan pedes hahahaa

      • nyonyasepatu September 1, 2014 / 1:52 pm

        soalnya kan agak jarang makan pedes2 waktu itu, nah perutnya kebiasaan dong. Begitu dikasih makanan pedes langsung protes. gak lama sih, intinya perut aku kayaknya tergantung kebiasaan deh hehe

      • Puji September 1, 2014 / 1:54 pm

        Oo iya, kayanya lidah juga kebiasaan ya mba. Coba pas berenti makan pedes trus makan pedes lagi pasti awalnya lidah ga tahan πŸ˜€

  2. Clarissa Mey September 1, 2014 / 2:41 pm

    aku waktu masih kecil termasuk jago makan pedes mba utk usiaku, eh sejak punya maag (usia remaja) langsung ilank semua kemampuan makan pedes.. doyan sih masi doyan, tapi ga kuat perut dan lidahnya.. dulu ketakutan sampe usus buntu soalnya bisa tiap minggu masuk RS akibat kesalahan pencernaan / maag..
    skrg makan pedes dlm ukuran cupu aja πŸ˜›
    utk rekomendasi, indomie abang adek tau kan? di daerah kantormu yg dulu di tomang (udah ga pedes juga yah abang adek?), mie korea yg mereknya samyang tau ga? yg bungkusnya item dan katanya gila itu pedesnya hehehe

    • Puji September 1, 2014 / 2:43 pm

      Waaa udah pernah coba abang adek, berasa makan cabe pake mie. Haha. Mie samyang baru tau nih, btw halal ga ya kira2. Mau cari di foodhall ah hehe

      • Clarissa Mey September 1, 2014 / 2:46 pm

        itu dia yg pengen aku jelaskan.. temenku masih berbeda pendapat soal si samyang.. yg jelas di bungkusnya gada label halal dan gada label mengandung pork, jd ada yg gamau makan.. ada juga (temenku muslim) yg udah makan dan berani menjamin itu halal.. hehe
        aku belom cobain karna infonya sih makan pake bumbunya seperempat aja lidah uda kebakar hiyy serem πŸ˜›

      • Puji September 1, 2014 / 2:47 pm

        Oooh amanlah (harusnya) kalo ga ada pork nya πŸ˜€

  3. zilko September 1, 2014 / 2:44 pm

    Kalau aku kebalikannya, malah nggak bisa makan pedas sama sekali, hahaha πŸ˜† . Pedas “sedikit” aja sudah nggak kuat dan banyak berkeringat, hahaha πŸ˜† .

    • Puji September 1, 2014 / 2:45 pm

      Ini termasuk pedes merica juga ga kuat? 😁

      • zilko September 1, 2014 / 2:46 pm

        Merica masih mending, tetapi tergantung banyaknya merica juga. Kalau sedikit oke lah, kalau banyak sedikit juga sudah nggak tahan biasanya, hahaha πŸ˜† .

      • Puji September 1, 2014 / 2:48 pm

        Haha… Udah gitu makanan di londo jarang yang pedes ya?

      • zilko September 1, 2014 / 2:51 pm

        Hahaha, iya πŸ™‚ . Kalaupun ada ya itu makanan-makanan yang memang dari negara yang doyan pedas, kayak Indonesia atau Meksiko misalnya, hahaha πŸ˜†

      • Puji September 1, 2014 / 2:53 pm

        πŸ˜€

  4. Indah Susanti September 2, 2014 / 2:40 am

    Ketinggalan jaman daku..ayam mercon itu apa toh?

    • Puji September 2, 2014 / 6:01 am

      Ayam goreng yg dikasih bumbu cabe rawit merah, bawang, salam sere, belimbing wuluh dll yg rasanya super pedes πŸ˜€

  5. Lorraine September 3, 2014 / 12:42 am

    Puji, Orang Suriname punya cabe namanya Madame Jeanette, pedes banget nget! Aku aja yang suka makan pedes makan cabe ini perut & mulut ngga kuat. Coba Google deh, Madame Jeanette.

    • Puji September 3, 2014 / 6:34 am

      Oke nanti aku google, tapi susah kayanya nyari di sini.

  6. Arman September 3, 2014 / 8:02 am

    dulu gua paling gak bisa makan pedes. sedikit apapun. sekarang udah lumayan, kadang malah lebih suka yang pedes. tapi ya tetep gak bisa kalo terlalu pedes ya πŸ˜€

    • Puji September 3, 2014 / 8:04 am

      Disana yang paling pedes masakan dari mana mas? Dari meksiko ya?

      • Arman September 3, 2014 / 11:13 am

        gak sampe pedes2 amat juga sih kalo makanan mexico…

      • Puji September 3, 2014 / 12:27 pm

        Gitu ya, tetep pedes masakan Indonesia ya?

  7. suriyatifang September 3, 2014 / 12:55 pm

    Aku dulu juga suka makan pedes, tapi skrg uda jarang karena takut nanti maag nya kambuh.
    Lama ga makan pedes, kemampuan pedesnya juga menurun ternyata hahaha

    • Puji September 3, 2014 / 12:57 pm

      Emang bener tuh, kemampuan pedes bisa menurun kalo udah lama ga makan pedes.

  8. rianamaku September 4, 2014 / 2:07 pm

    Aku baca post ini walau agak telat sambil kepedesaan makan bakso malang yang pedas gila…
    Aku juga gara – gara masuk RS udah aja kurangin pedes tapi kadang bandel dikit ngak papa, tapi kalau mas suami ngak suka pedes maklum wong yogya.

    • Puji September 4, 2014 / 2:09 pm

      Asal jangan bandel banyak2 ya πŸ˜€

      • rianamaku September 4, 2014 / 2:10 pm

        hahah udah ngak masuk 2 x ke RS gara – gara cabai udah cukup.

      • Puji September 4, 2014 / 2:14 pm

        Ya ampun, sampe dua kali :s harus tobat cabe kalo gitu mah :p

      • rianamaku September 4, 2014 / 2:20 pm

        iyo…
        Dah ngak lagi – lagi apalagi tinggal di yogya aman jauh dari cabai..

      • Puji September 4, 2014 / 2:31 pm

        Yogya gitu makanannya manis2 ;D

      • rianamaku September 4, 2014 / 2:31 pm

        Betul…
        Tapi kadang sakau juga kalau manis terus.

      • Puji September 4, 2014 / 2:34 pm

        Haha

  9. bhellabhello September 8, 2014 / 9:57 pm

    salam kenal mb Puji πŸ˜‰
    setuju bangeet sm kalimat ini -> “Makanan pedes itu nikmat banget, menambah napsu makan”
    tiap cerita itu ke temen2 aku disini, mereka pada melongo. truus suatu ketika aku pernah masak nasi goreng pakai sambel bu rudy dan aku tawarin ke temenku dr Brazil, then she shouted, “this is soooo spicy!!!! r u trying to kill me, Nabila?” hahaha

    • Puji September 8, 2014 / 10:01 pm

      Haha. Sambel bu rudy buat orang sini aja ada yg ga tahan. Apalagi buat yg jarang makan pedes πŸ˜€ salam kenal juga btw

Tinggalkan Balasan

