Tentang Memakai Jilbab

Sesungguhnya ide untuk nulis tentang ini, gara2 barusan banget liat temenku di fb. Yang sebelumnya pake jilbab, lah ko sekarang lepas jilbab?

Well, sorry untuk tulisan ini sebelumnya kalo ada yg ngeras tersinggung. Maaf yaaa.

Jadi gini, aku sangat sangat menghargai pilihan orang memakai jilbab. Tapi, beberapa tahun belakangan fenomena orang pakai jilbab rame2 itu memiliki dua makna sih buat aku. Pertama, karena memang pilihan mantap dari hati, makanya jilbabnya ya yang loggar longgar. Kedua, hanya sekedar ikutan tren.

Gimana maksudnya yang pertama sih? Maksudnya ya dia tau caranya berjilbab itu karena keharusan menutup aurat, pake sesuatu yang sederhana dan tidak menarik perhatian. Bukankah itu ya tujuan berjilbab? Kalo salah, silakan koreksi.

Kedua, ini yang menarik. Jujur ya, kalo ada temenku tiba2 yang tadinya hits, chic and sophisticated pake jilbab. Aku suka negative thinking, dia pake jilbab cuma tren doang apa gimana ya? Apakah dia tetep akan pake jilbab di usia muda, kalo ga ada tren hijabers kaya sekarang? Kalo pake jilbab masih se “kuno” dulu, apakah dia sekarang sudah berjilbab?

Pernah ya temen ku ada yg mutusin buat berjilbab, tapi dihari pertama dia berjilbab. Eh kupingnya masih ditongolin gitu. Katanya masih coba? Mmmm. Ya gitu deh 😀

Terus ada juga sih yg sebenernya masih belom konsisten, nanti pake nanti engga. Kaya di awal tulisanku itu. Hehhe. Atau ada juga nih yang sehariannya pake jilbab, tapi foto2 yang di posting ke sosmed yang rambutnya kemana-mana ya cuek aja. Iki piye toh?

Pernah ga mau negor atau sekedar ngobrol yang golongan kedua? Ga pernah sih, karena tau mereka bakal balikin. Ah lo sendiri ga pake jilbab ji. Atau dijawab, daripada lo masih pake baju kebuka-buka.
Pendapat pribadi ku sih, si golongan kedua ini menetapkan standard ganda. Mau berhijab tapi tetap menarik perhatian. Bukannya ga boleh sih, ya cuma disitu terlihat seberapa komit dia dengan dirinya sendiri. Apa bedanya toh kalo pake penutup rambut tapi masih bercelana ketat atau baju ketat atau leher ketat? Atau masih pake baju yang warna warni bak pelangi? 🙂

No offense, silakan kalo mau memberikan masukan dan saran atau kritik.

Iklan

19 thoughts on “Tentang Memakai Jilbab

  1. siti Juni 13, 2014 / 7:56 pm

    ini pernah saya mau posting juga sih mbak cuma takut ada yang tersinggung, maklum rada sensitif, jadi ini bicara misua nih awalnya mikir kalau NKRI ini tuh negara Islam layaknya negara di arab, kaget pada saat kesini, lihat wanita hanya bermukenah ketika ke masjid lepas itu dilepas lagi, dia awalnya SHOCK dengan budaya itu, namun karena apa yg dia pelajari terkait Islam dan wanita wajib berhijab no matter what.. jika wanitanya muslim jadinya dia pilu katanya melihat negeri ini penuh wanita yang berpakaian modern… sampai ada yang lucu juga modelnya, di kantor t4 kita urus ktp ada ptugas berhijab tapi ada jambul di atas jidatnya entah model or ikutin tren putri pertama bpk soeharto.. si MB cuma geleng2 kepala katanya di Indonesia tren berhijab benar 2 variatif dan kreatif..

    • Puji Juni 13, 2014 / 8:11 pm

      Ayo mba tulis, pasti lebih baik dari perspektif mba yang pemakai hijab golongan 1. Hehe. Oh iya si jambul ya, artis2 atau bu ibu pejabat juga banyak yang bergaya gini ko hehe

      • siti Juni 13, 2014 / 8:17 pm

        nah itu dia klo ditanya misua sy bingung jwb nya itu hijab versi apa katanya.. smbil geleng2 kepala, pas kmrin lagi kita ke airline, ada ibu2 lagi dia berhijab cuma di taro diatas keapal saja baru dilingkar kebelakang..jadi tetp telinga rambut smeua kelihatan….aku ditanya lagi ini versi mana……sy gak bs jawab…..trus k mall dia lihat ibu2 yang hijabnya diulung2 smpe pelintirnya banyak sekali diatas kepala dan ditanya lagi ini versi mana….. aku bilang itu “versi gaul” bingung aku jwbnya karena memanbg tren hijab disini ternyata memang sangat fantastis kreatifnya…

      • Puji Juni 13, 2014 / 8:20 pm

        Puk puk mba siti yang kebingungan jawab. Kreatif kebablasan ya 😀

  2. joeyz14 Juni 13, 2014 / 8:38 pm

    Ulasan yang bagus ji… aku yang non muslim juga pengen tau sebenernya giamana sih aturan berhijab itu.soalnya setauku dulu hijab itu cuma yg polos dan lebar gitu. Tapi sekarang liat macem2 hijab macam marshanda itu kok aku pusing ya liat stylenya….bukannya apa2 si bribet banget ya kayaknya… eh tapi ga tau sih makanya pengen tau apa sebenernya prinsip2 dasar berhijab. Karena aku sih suka2 aja ya liat orang berhijab…terlihat santun dan bersahaja… *duhh bahasanye ya makkk!* :))

    • Puji Juni 13, 2014 / 8:46 pm

      Prinsip orang berjilbab yang jelas ya mba, menutup aurat dan seminiimal mungkin menarik perhatian lawan jenis. As simple as that. Ya kalo sekarang sih, malah narik perhatian orang iya ga? Pake celana loreng lah, jilbab ala tanduk kambing lah hihihi

  3. nyonyasepatu Juni 14, 2014 / 6:59 am

    Aku juga penasaran soal ini. Si matt suka nanya soalnya dan aku bingung dong. On off gitu makenya

    • Puji Juni 14, 2014 / 7:48 am

      Hehe agak membingungkan ya mba orang kaya gitu. Biasanya Mba noni jawabnya apa klo ditanya Matt?

      • nyonyasepatu Juni 14, 2014 / 1:14 pm

        Aku bilang tanya aja sendiri kan suka2nya orang mau pake jilbab hahha. Abis itu dia bilang aku males ribut2 aja sebenarnya

      • Puji Juni 14, 2014 / 3:39 pm

        Hahahaha jawaban kepepet, tega juga suruh nanya sendiri haha

      • nyonyasepatu Juni 14, 2014 / 7:15 pm

        Abis dia apa2 ditanyain hehe

      • Puji Juni 14, 2014 / 7:16 pm

        Sebenernya pengen tau sih mba, kalo misalnya yg nanya bule. Orang2 itu jawabannya apa ya kira2 *wondering

  4. ndutyke Juni 14, 2014 / 11:12 am

    Aku termasuk yg masih suka pake baju colorful sih….

    #mesem

    • Puji Juni 14, 2014 / 11:44 am

      😀 mmm maksudku sih bukan cuma baju yg ada warnanya aja sih yang lebih heboh macam dian pelangi gitu mba. No offense ya mba

      • ndutyke Juni 14, 2014 / 11:48 am

        Hehehe no offence was taken, dont worry 😉

      • Puji Juni 14, 2014 / 11:49 am

        Hehe 🙂

  5. Erit07 Juni 15, 2014 / 9:54 am

    Semua kembali kepada yang memakai…

    • Puji Juni 15, 2014 / 10:01 am

      Iya mba betul

    • Puji Juni 15, 2014 / 10:04 am

      Sorry i thought you are girl 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s